Cara Menyimpan Uang untuk Gadget Anda

Setiap orang pasti memiliki tujuan yang dapat ingin mereka capai. Baik dari tujuan liburan, tujuan membeli rumah, tujuan pensiun, hingga tujuan untuk mengganti gadget baru.
Liburan, di mana pun liburan Anda berada, tentunya Anda bertujuan untuk beristirahat sejenak dari kehidupan modern yang sibuk. Tujuan lain seperti membeli rumah baru juga sudah harus direncanakan dari beberapa tahun sebelumnya. Gadget baru pun menjadi suatu kebutuhan yang harus dipenuhi setidaknya 3 tahun sekali di kehidupan yang penuh digital ini.
Tentu semuanya membutuhkan uang yang tidak sedikit, beberapa langkah keuangan yang bijaksana berikut ini akan memastikan Anda untuk mencapai tujuan tersebut
# Buat Tujuan Tabungan Anda
Setelah Anda menentukan tujuan yang ingin Anda capai terlebih dahulu. Mulai persiapkanlah dana secara rutin untuk tujuan tersebut. Misalkan Anda ingin membeli gadget terbaru dengan harga sekitar 13 juta. Tentulah jumlah tersebut bukanlah angka yang kecil bagi sebagian besar orang. Perlu perencanaan agar pembelian gadget baru tidak akan mempengaruhi kondisi keuangan sehari-hari Anda. Setelah Anda mendapatkan perkiraan biaya sementara, coba untuk membagi dengan jumlah bulan yang harus Anda tempuh. Ini akan memberi Anda tabungan bulanan yang harus disisihkan untuk membeli gadget tersebut. Misalnya, jika Anda memiliki 24 bulan untuk menghemat 13 juta rupiah, Anda harus menyisihkan 550 ribu per bulan. Jika ini sulit, pertimbangkan menunda penggantian gadget Anda atau pun menurunkan spesifikasi dari gadget impian Anda.
# Perhatikan Kesenjangan Budget
Jika ada kesenjangan dalam budget Anda, cobalah merampingkannya. Anda dapat memulai dari mengubah pengeluaran rumah tangga yang tidak perlu. Misalnya, Anda bisa mengorbankan makan di restoran ternama, mengubah nights-out menjadi nights-in dan membeli kebutuhan Anda secara grosir adalah beberapa cara lain untuk menghemat pengeluaran Anda. Terakhir, pertimbangkan juga pekerjaan paruh waktu dan tugas tambahan untuk menambah penghasilan Anda. Jual barang-barang rumah tangga yang tidak digunakan lagi juga merupakan opsi lain.
# Mulai Mempersiapkan Dana
Setelah Anda tahu berapa yang harus ditabung setiap bulan, segera mulai dana untuk gadget Anda. Pilihlah reksa dana pasar uang dan otomatiskan investasi Anda melalui program auto debit. Dana ini akan menumbuhkan tabungan Anda pada tingkat yang lebih tinggi. Idealnya, pilih tanggal auto debit yang hanya beberapa hari setelah gajian Anda, sehingga Anda tidak tergoda untuk menghabiskannya.
Sisihkan juga uang tambahan, seperti bonus kerja atau hadiah tunai. Namun, tetapkan batas dan pastikan setidaknya setengah dari kenaikan gaji atau bonus kerja digunakan untuk memenuhi tujuan keuangan yang ada, baik itu pensiun atau pendidikan anak-anak.
# Tetap Termotivasi
Tulis tujuan yang ingin Anda capai, misalkan membeli gadget baru beserta target pembelian gadget tersebut dan tempelkan di kulkas atau papan buletin di tempat kerja. Dengan melakukannya, Anda lebih cenderung mengikuti rencana Anda karena tulisan-tulisan ini mengingatkan Anda tentang tujuan Anda dan kebutuhan untuk menabung.
Singkatnya, merencanakan sesuatu itu tidak begitu rumit. Sedikit perencanaan, tinjauan ke masa depan dan beberapa motivasi dapat memastikan Anda memenuhi tujuan Anda seperti membeli gadget baru tanpa ada kendala terhadap kondisi keuangan Anda.
Share to :
Artikel Terkait
PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com