Cryptocurrency

Cara Menambang Bitcoin untuk Pemula Pakai Aplikasi Mining

Aplikasi Mining
Aplikasi Mining

Ajaib.co.id – Aplikasi mining Bitcoin semakin banyak dicari saat ini. Wajar saja, Bitcoin dan cryptocurrency lainnya semakin populer sebagai alternatif trading dan investasi. Sehingga banyak orang tertarik untuk memiliki Bitcoin.

Apalagi pemerintah Indonesia telah resmi memberikan izin untuk perdagangan mata uang digital atau cryptocurrency, termasuk Bitcoin. Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi tentang penetapan daftar asset kripto yang dapat diperdagangkan di pasar fisik asset kripto. Peraturan ini mulai berlaku sejak Tanggal 17 Desember 2020.

Salah satu cara untuk mendapatkan Bitcoin adalah dengan menambangnya atau mining. Namun, banyak yang bilang cara menambang Bitcoin tidak mudah. Dibutuhkan keahlian khusus dan perangkat yang mahal. Apakah benar?

Menambang Bitcoin memang membutuhkan keahlian. Jangan khawatir, kamu bisa mempelajarinya, kok. Perangkat yang dibutuhkan juga tidak harus mahal, yang penting cukup memadai. Kamu bisa menggunakan aplikasi mining bitcoin android yang biayanya terjangkau.  Jika ditekuni, menambang Bitcoin dapat mendatangkan keuntungan yang besar.

Apakah kamu tertarik untuk menambang Bitcoin? Ketahui dulu pengertian Bitcoin mining dan cara menambang Bitcoin menggunakan aplikasi mining.

Pengertian Bitcoin dan Cara Mendapatkan Bitcoin

Masih ada yang belum tahuapa itu Bitcoin? Pengertian Bitcoin adalah mata uang digital yang pertama kali diluncurkan pada Tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Keberadaan Bitcoin ini tidak dikontrol oleh bank, melainkan ditopang teknologi peer to peer yang terdesentralisasi.

Sistem Bitcoin ini diklaim sangat aman, bahkan lebih aman dibandingkan sistem perbankan. Sistem ini akan sulit diretas karena terhubung dengan banyak server. Data identitas pemilik Bitcoin juga tidak dapat dilacak karena setiap transaksi menggunakan kode-kode tertentu. Kerahasiaan inilah yang membuat Bitcoin populer digunakan untuk transaksi ilegal pada awalnya.

Saat ini, banyak orang telah memiliki Bitcoin, baik untuk trading maupun investasi. Meskipun masih menjadi perdebatan apakah Bitcoin layak dijadikan investasi atau tidak. Hal ini dikarenakan nilai Bitcoin yang tidak memiliki nilai intrinsik.

Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin? Setidaknya ada tiga cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan Bitcoin, yakni:

1. Membeli Bitcoin menggunakan uang.

2. Menjual barang atau menukarkan barang dengan pembayaran dalam bentuk Bitcoin.

3. Menambang Bitcoin atau Bitcoin mining.

Menambang Bitcoin atau Bitcoin mining diibaratkan seperti pertambangan pada umumnya, misalnya menambang emas atau timah. Berhubung komoditas yang ditambang berbentuk virtual, maka aktivitas mining menggunakan perangkat komputer dan software khusus.

Biasanya Bitcoin mining membutuhkan perangkat dengan spesifikasi tinggi dan daya listrik yang kuat. Selain itu dibutuhkan juga koneksi internet yang super cepat. Cara menambang Bitcoin antara lain dengan menambang di pool mining, cloud mining, solo mining, dan menggunakan aplikasi mining Bitcoin android.

Aplikasi Mining Bitcoin di Android

Walaupun tidak bisa menghasilkan Bitcoin dalam jumlah yang banyak seperti sistem komputasi dengan spesifikasi besar, menambang Bitcoin di aplikasi mining layak direkomendasikan.

Kamu bisa menghasilkan Bitcoin dengan lebih mudah tanpa perlu membeli perangkat yang mahal.Berikut ini beberapa aplikasi mining Bitcoin android yang populer di kalangan Bitcoin miners.

1. Crypto Miner

Aplikasi Crypto Miner menyuguhkan interface yang sederhana sehingga mudah digunakan untuk pemula. Kamu perlu masuk ke pool mining crypto untuk dapat menggunakan aplikasi ini. Aplikasi Crypto Miner dapat kamu gunakan secara gratis, namun ada algoritma kripto tertentu yang mengharuskan kamu membayar untuk dapat menggunakannya.

2. MinerGate

Untuk kamu yang pernah menambang Bitcoin menggunakan PC komputer mungkin telah mengetahui tentang MinerGate. MinerGate merupakan situs mining yang cukup populer. Nah, saat ini MinerGate juga ada aplikasinya di android. Cara penggunaan aplikasi mining ini cukup mudah. Ada dua alternatif yang bisa kamu pilih, yaitu mining seluler atau membeli cloud mining.

Aplikasi MinerGate juga menawarkan fitur yang memungkinkan aktivitas penambangan berhenti sementara saat smartphone sedang diisi daya maupun kondisi low battery. Kamu juga dapat menambah maupun mengurangi hitungan chain atau jumlah inti prosesor untuk Bitcoin mining.

3. AA Miner

Aplikasi mining Bitcoin android selanjutnya adalah AA Miner. Aplikasi ini menyajikan 50 jenis mata uang kripto dengan algoritma mining CryptoNight. Kamu juga dapat mengatur seberapa banyak jumlah chain yang akan digunakan. Menariknya, aplikasi AA Miner tidak dipenuhi oleh iklan yang mengganggu.

4. Droid Miner

Selain AA Miner, aplikasi Droid Miner juga tidak menampilkan iklan yang mengganggu. Selain itu, ada banyak fitur menarik yang ditawarkan untuk kenyamanan menambang Bitcoin. Aplikasi ini mudah digunakan dan tersedia mata uang kripto lainnya selain Bitcoin.

5. NeonNeon Miner

Neon Neon Miner dapat digunakan untuk menambang Bitcoin dan mata uang kripto lainnya seperti Litecoin, Feathercoin, Vertcoin, dan banyak jenis lainnya. Cara kerja aplikasi Neon Neon Miner ini mirip dengan Crypto Miner. Kamu akan memasuki kolam pertambangan atau pool mining. keunggulan aplikasi ini adalah memiliki catatan mining yang rinci serta script konfigurasiotomatis yang sangat baik.

Cara menambang Bitcoin dengan menggunakan aplikasi mining tidak terlalu sulit untuk dicoba. Kamu dapat bergabung dengan komunitas Bitcoin mining dan mengikuti pelatihannya agar memiliki pengetahuan yang lebih lengkap tentang menambang Bitcoin.

Ada banyak cara untuk mendapatkan keuntungan, salah satunya dengan Bitcoin mining menggunakan aplikasi mining. Namun jangan lupa, setiap adanya potensi keuntungan tentu disertai risiko yang mungkin terjadi. Sebaiknya kamu pelajari secara mendalam tentang cryptocurrency sebelum benar-benar berkecimpung di dalamnya. Jangan cuma ikut-ikutan, ya!

Artikel Terkait