Cara Memiliki Surat Pengalaman Kerja Beserta Contohnya

Surat Pengalaman Kerja

Bagi kamu yang sudah bekerja dan ingin melamar pekerjaan di kantor baru, pastinya sudah tidak asing lagi dengan surat pengalaman kerja. Surat ini merupakan surat atau persyaratan yang dibutuhkan dalam proses lamaran kerja.

Namun, masih banyak pekerja yang tidak tahu bagaimana cara memilikinya. Kalau kamu ingin melamar pekerjaan di kantor baru, berikut ini adalah cara memiliki surat pengalaman kerja beserta contohnya.

Pengertian Surat Pengalaman Kerja

Merupakan surat pernyataan yang berhubungan dengan berakhirnya hubungan kerja antara karyawan dan perusahaan. Bagi kamu yang belum tahu, surat pengalaman ini berisi keterangan berupa:

  • Pekerjaan yang dilakukan atau jobdesc dari karyawan.
  • Lamanya hubungan kerja antara karyawan dan perusahaan.
  • Bagaimana karyawan melakukan pekerjaannya, seperti perilaku, sikap, dan integritasnya.
  • Alasan atau penyebab berakhirnya hubungan kerja antara perusahaan dan karyawan.

Surat pengalaman kerja berbeda dengan surat pemutusan hubungan kerja (PHK). Surat PHK wajib diberikan oleh setiap perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja kepada karyawannya. Inilah beberapa kriteria atau jenis surat PHK:

  1. Hubungan kerja diputus demi hukum.
  2. Hubungan kerja diputus oleh pihak pekerja atau karyawan.
  3. Hubungan kerja diputus oleh pemberi pekerjaan atau perusahaan.
  4. Hubungan kerja diputus oleh pengadilan.

Cara Mendapatkannya

Untuk mendapatkan surat ini, kamu bisa memintanya kepada pihak terkait. Umumnya, bisa diminta kepada HRD, kemudian dibuat oleh sekretaris perusahaan.

Kamu harus mendapatkan surat pengalaman kerja secara resmi. Sehingga, surat tersebut bisa digunakan untuk mengurus berbagai keperluan penting.

Alasan Memiliki Surat Pengalaman Kerja

Surat pengalaman kerja atau surat referensi kerja adalah salah satu surat keterangan yang bermanfaat. Apalagi, jika kamu sudah bekerja dan ingin melamar pekerjaan di perusahaan baru.

Inilah alasan mengapa kamu harus memilikinya.

Menunjukkan Kinerja Karyawan

Manfaat yang akan kamu dapatkan dari surat ini adalah bukti kinerjamu selama bekerja di perusahaan sebelumnya. Jika kamu adalah pekerja yang profesional, perusahaan akan memberikan surat tersebut. Kamu juga dianggap sebagai aset terbaik perusahaan.

Bentuk Apresiasi dari Perusahaan

Ketika kamu melamar pekerjaan di perusahaan yang baru, CV akan dijadikan sebagai salah satu acuan pihak HRD untuk menilai pengalaman kerja dan portofolio yang kamu miliki. Jika isi surat referensi kerja sesuai dengan CV, maka pihak HRD bisa mempertimbangkan kamu untuk diterima di perusahaa tersebut.

Jaminan di Hari Tua

Sebagai salah satu surat resmi, maka surat referensi kerja bisa digunakan untuk mencairkan tunjangan di lembaga ketenagakerjaan.

Contoh Surat Pengalaman Kerja

Sebagai karyawan, kamu tidak perlu memahami contoh surat referensi kerja. Sebab, bukan kamu yang membuat surat tersebut, melainkan pihak perusahaan.

Berikut ini adalah contoh surat referensi kerja yang benar.

Ada beberapa poin penting yang wajib tercantum di dalam surat referensi kerja. Poin-poin yang harus tercantum adalah:

Identitas Karyawan

Surat referensi kerja harus mencantumkan identitas karyawan, seperti nama lengkap dan nomor induk karyawan. Selain itu, perusahaan juga bisa menambahkan identitas lainnya.

Jabatan Karyawan

Selain itu, perusahaan wajib menulis jabatan terakhirmu di perusahaan, serta lokasi kerjanya. Hal tersebut tentunya sangat penting, karena ketika melamar kerja di perusahaan baru, kamu tidak perlu memulainya dari awal lagi.

Durasi atau Masa Bekerja

Dalam surat referensi kerja, perusahaan harus menjelaskan kapan pertama kali kamu masuk bekerja hingga selesai. Nantinya, masa kerja tersebut akan digunakan oleh pihak HRD untuk menilai loyalitasmu sebagai karyawan.

Bukti Tanda Tangan

Tentunya, surat pengalaman kerja harus disertai tanda tangan dari pihak perusahaan. Umumnya, surat ini akan ditandatangani oleh HRD sesuai jabatan terakhirmu.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait