Cara Mendapatkan Surat Pengalaman Kerja Beserta Contohnya

Surat Pengalaman Kerja

Ada kalanya setelah sekian lama bekerja, kamu merasa sudah saatnya untuk berhenti dari kantor yang sekarang dan mencari peluang yang baru. Ada beberapa hal yang harus persiapkan ketika akan berhenti bekerja. Salah satunya mendapatkan surat pengalaman kerja atas kontribusimu selama ini di tempatmu bekerja.

Banyak anak muda yang kerap gegabah memutuskan untuk berhenti bekerja tanpa persiapan matang. Misalnya saja atasan yang menyebalkan atau beban pekerjaan yang dianggap berlebihan. Mereka kemudian langsung berhenti dari pekerjaannya begitu saja tanpa proses yang sesuai.

Bahkan tak jarang yang kabur begitu saja tanpa pemberitahuan lebih lanjut pada pihak kantor. Praktik ini banyak ditemui di berbagai perusahaan yang sebenarnya sama-sama merugikan kedua belah pihak khususnya dirimu sebagai tenaga kerja.

Pertama, kamu tidak akan mendapatkan hakmu ketika resign tanpa pemberitahuan. Peraturan yang berlaku di Indonesia mengatur bahwa ada sejumlah hak yang bisa diterima oleh karyawan yang mengundurkan diri. Misalnya saja pesangon, hak cuti tahunan atau uang penghargaan masa kerja berlaku sesuai dengan aturannya masing-masing.

Kedua, kamu akan memberikan kesan yang buruk terhadap perusahaan tempatmu bekerja dan tidak profesional. Hal ini bisa berpengaruh buruk pada kariermu di masa depan. Kamu tidak akan mendapatkan surat pengalaman kerja. Lebih buruk lagi, jika perusahaan barumu bertanya soal referensi ke kantor lama maka review buruk akan perilakumu itu akan tersebar.

Maka dari itu, pastikan kamu mengajukan resign dengan benar meskipun kondisinya tidak menyenangkan. Ketahuilah bahwa surat pengalaman kerja merupakan dokumen yang penting dan berpengaruh untuk masa depanmu nanti.

Namun banyak juga lho yang tidak tahu akan pentingnya surat pengalaman kerja ini. Ada pula yang bingung cara mendapatkannya dan kepada siapa harus mengajukannya. Padahal surat ini akan sangat berguna baik untuk melamar pekerjaan yang baru atau melamar beasiswa. Surat ini akan menjadi pendukung kompetensi yang kamu uraikan di CV milikmu.

Cara Mendapatkan Surat Pengalaman Kerja dan Mengapa itu Penting

Ada beberapa dokumen yang disyaratkan ketika akan melamar pekerjaan antara lain CV, identitas dan surat pengalaman kerja bagi yang sudah berpengalaman. Surat pengalaman kerja biasanya tidak diharuskan apalagi bagi yang masih berstatus fresh graduate namun keberadannya akan memberikan nilai lebih bagi si kandidat.

Memberikan surat pengalaman kerja akan menjadi jaminan akan keahlian yang telah kamu dapatkan tahun-tahun belakangan. Misalnya saja kamu bekerja sampai tahun 2018 dengan jabatan terakhir sebagai customer service di rumah sakit maka maka surat ini akan memverifikasi klaimmu itu.

Namun, masih banyak pekerja yang tidak tahu bagaimana cara memilikinya. Kalau kamu ingin melamar pekerjaan di kantor baru, berikut ini adalah cara memiliki surat pengalaman kerja beserta contohnya.

Pengertian Surat Pengalaman Kerja

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan surat pengalaman kerja?

Merupakan surat pernyataan yang berhubungan dengan berakhirnya hubungan kerja antara karyawan dan perusahaan. Pembuat surat merupakan pihak perusahaan yang sebelumnya mempekerjakanmu biasanya diwakili oleh manajer HRD.

Bagi kamu yang belum tahu, surat pengalaman ini berisi keterangan berupa:

  • Telah bekerja sebagai karyawan dari perusahaan yang bersangkutan
  • Pekerjaan yang dilakukan atau jobdesc dari karyawan
  • Lamanya hubungan kerja antara karyawan dan perusahaan.
  • Bagaimana karyawan melakukan pekerjaannya seperti perilaku, sikap, dan integritasnya.
  • Alasan atau penyebab berakhirnya hubungan kerja antara perusahaan dan karyawan.
  • Ucapan terima kasih perusahaan atas kontribusi karyawan selama masa kerjanya

Surat pengalaman kerja berbeda dengan surat pemutusan hubungan kerja (PHK). Surat PHK wajib diberikan oleh setiap perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja kepada karyawannya. Sedangkan surat pengalaman kerja tidak selalu diberikan oleh perusahaan. Namun ketika karyawan mengajukan permintaan akan surat ini sebagian besar akan memberikannya apalagi jika sudah berkontribusi baik pada perusahaan.

Untuk membantumu membedakannya, inilah beberapa kriteria atau jenis surat PHK:

  1. Hubungan kerja diputus demi hukum.
  2. Hubungan kerja diputus oleh pihak pekerja atau karyawan
  3. Hubungan kerja diputus oleh pemberi pekerjaan atau perusahaan.
  4. Hubungan kerja diputus oleh pengadilan.

Ketika kamu tidak lagi bekerja, entah karena alasan PHK atau mengajukan resign dengan sukarela, pastikan kamu keluar dengan bekal surat pengalaman kerja ini. Misalnya kamu bekerja di PT Unilever, kamu harus memastikan jika kop suratnya sesuai dan menerangkan dengan detail kiprahmu selama ini di perusahaan tersebut.

Cara Mendapatkannya

Untuk mendapatkan surat ini, kamu bisa memintanya kepada pihak terkait. Umumnya, bisa diminta kepada HRD yang kemudian dibuat oleh sekretaris perusahaan. Kamu tidak perlu sungkan mengajukan permintaan akan surat ini karena merupakan salah satu hakmu sebagai karyawan.

Bahkan ada pula perusahaan yang memiliki kebijakan untuk membagikan surat pengalaman kerja kepada karyawannya ketika akan berhenti. Namun umumnya formatnya bisa berbeda satu sama lainnya. Karyawan di PT Unilver misalnya akan mendapatkan surat dengan bentuk yang berbeda dengan perusahaan kreatif. Meski demikian, inti dari surat tersebut umumnya sama saja.

Kamu harus mendapatkan surat pengalaman kerja secara resmi. Sehingga, surat tersebut bisa digunakan untuk mengurus berbagai keperluan penting.

Alasan Memiliki Surat Pengalaman Kerja

Kadangkala kita sebegitu muaknya ingin berhenti dari pekerjaan saat ini sehingga malas mengurus surat ini. Jangan sampai hal itu kita lakukan dan malah merugikan diri sendiri. Ada sejumlah hal yang harus kamu miliki dahulu sebelum benar-benar angkat kaki dari kantor lamamu. Salah satunya berupa surat bukti pengalaman kerjamu.

Surat pengalaman kerja atau surat referensi kerja adalah salah satu surat keterangan yang bermanfaat. Apalagi, jika kamu sudah bekerja dan ingin melamar pekerjaan di perusahaan baru. Kalau kamu masih bingung dan ogah-ogahan memiliki, berikut adalah sejumlah kamu harus memilikinya antara lain:

1.     Menunjukkan Kinerja Karyawan

Manfaat yang akan kamu dapatkan dari surat ini adalah bukti kinerjamu selama bekerja di perusahaan sebelumnya. Jika kamu adalah pekerja yang profesional, perusahaan akan memberikan surat tersebut. Kamu juga dianggap sebagai aset terbaik perusahaan.

2.     Bentuk Apresiasi dari Perusahaan

Ketika kamu melamar pekerjaan di perusahaan yang baru, CV akan dijadikan sebagai salah satu acuan pihak HRD untuk menilai pengalaman kerja dan portofolio yang kamu miliki. Jika isi surat referensi kerja sesuai dengan CV, maka pihak HRD bisa mempertimbangkan kamu untuk diterima di perusahaa tersebut.

3.     Jaminan di Hari Tua

Sebagai salah satu surat resmi, maka surat referensi kerja bisa digunakan untuk mencairkan tunjangan di lembaga ketenagakerjaan.

4.     Contoh Surat Pengalaman Kerja

Sebagai karyawan, kamu tidak perlu memahami contoh surat referensi kerja. Sebab, bukan kamu yang membuat surat tersebut, melainkan pihak perusahaan.

Berikut ini adalah contoh surat referensi kerja yang benar.

Ada beberapa poin penting yang wajib tercantum di dalam surat referensi kerja. Poin-poin yang harus tercantum adalah:

5.     Identitas Karyawan

Surat referensi kerja harus mencantumkan identitas karyawan, seperti nama lengkap dan nomor induk karyawan. Selain itu, perusahaan juga bisa menambahkan identitas lainnya.

6.     Jabatan Karyawan

Selain itu, perusahaan wajib menulis jabatan terakhirmu di perusahaan, serta lokasi kerjanya. Hal tersebut tentunya sangat penting, karena ketika melamar kerja di perusahaan baru, kamu tidak perlu memulainya dari awal lagi.

7.     Durasi atau Masa Bekerja

Dalam surat referensi kerja, perusahaan harus menjelaskan kapan pertama kali kamu masuk bekerja hingga selesai. Nantinya, masa kerja tersebut akan digunakan oleh pihak HRD untuk menilai loyalitasmu sebagai karyawan.

8.     Bukti Tanda Tangan

Tentunya, surat pengalaman kerja harus disertai tanda tangan dari pihak perusahaan. Umumnya, surat ini akan ditandatangani oleh HRD sesuai jabatan terakhirmu.

Penjelasan di atas adalah alasan mengapa surat pengalaman kerja adalah hal yang penting. Pastikan kamu memintanya sebelum mengakhir hari terakhirmu bekerja. Adapun, berhenti bekerja sendiri membutuhkan sejumlah persiapan salah satunya soal finansial.

Jangan sampai karena keputusan impulsif berhenti maka keuanganmu berantakan. Karena itu sebaiknya kamu memiliki dana darurat yang bisa dijadikan cadangan untuk biaya hidup selama mencari pekerjaan baru. Bisa pula mempersiapkan diri dengan investasi yang mudah dicairkan sewaktu-waktu. Salah satunya dengan investasi reksa dana. Jangan lupa, kamu bisa membeli produk reksa dana lewat aplikasi Ajaib untuk investasi yang aman dan menguntungkan.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait