Saham

Cara Memilih Aplikasi Jual Beli Saham Online Terbaik

aplikasi jual beli saham online

Ajaib.co.id – Transaksi saham tak serepot dulu. Kini investor dapat melakukan bertransaksi saham melalui aplikasi. Namun bagaimana cara memilih aplikasi jual beli saham online dan perusahaan sekuritas bereputasi baik?

Sebelum menentukan aplikasi jual beli saham online terpercaya, kita lihat dulu perusahaan sekuritas. Mengapa harus ke perusahaan sekuritas? Karena mereka yang menjadi “orang kepercayaan” investor pasar modal.

Perusahaan sekuritas merupakan kegiatan usaha yang melakukan perdagangan saham, obligasi, reksa dana, hingga menjamin emisi efek yang telah berizin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan kata lain, perusahaan sekuritas adalah perantara, pialang, atau broker antara investor dan penyelenggara pasar saham, dalam hal ini Bursa Efek Indonesia (BEI).

Oleh karena itu, investor harus memiliki rekening efek yang hanya dapat dilakukan di perusahaan sekuritas. Rekening efek tersebut akan menyimpan portofolio saham sekaligus danamu. Pembuatan rekening efek sama seperti rekening tabungan.

Calon nasabah diminta untuk mengisi formulir dan menandatanganinya. Kini, membuka rekening efek bisa dilakukan secara daring (online).

Memilih Perusahaan Sekuritas Bereputasi Baik

Memilih perusahaan sekuritas bereputasi baik cukup mudah asal kamu tahu langkah-langkah berikut ini.

Pertama, pastikan perusahaan telah memperoleh izin dari OJK sebagai pengawas dan pengatur kegiatan jasa keuangan. Jika dalam praktiknya, perusahaan melanggar hukum, OJK bisa menghentikan operasionalnya.

Kedua, pastikan pula perusahaan tidak terlibat masalah hukum. Apalagi terbukti dalam skandal jasa keuangan. Sebelum memutuskan pilihan perusahaan sekuritas, ada baiknya melihat daftar perusahaan di OJK dan BEI, lalu membaca berita terkini di media atau bertanya ke orang terdekat mengenai perusahaan tersebut.

Ketiga, layanan. Perhatikan layanan yang diberikan perusahaan. Seperti apakah aplikasi jual beli saham online berjalan lancar atau sering eror, apakah perusahaan hanya bertindak sebagai broker atau full service yang memberikan rekomendasi emiten dan analisis pasar setiap hari?

Tentu semakin banyak layanan yang diberikan, brokerage fee (biaya broker) lebih tinggi dibanding yang tidak full service. Pada umumnya, biaya broker 0,15-0,3 persen dari transaksi pembelian saham (sudah termasuk PPN) dan PPh 0,1 persen dari transaksi penjualan saham.

Keempat, afiliasi bank. Jika kamu bingung harus memilih perusahaan sekuritas yang mana? Karena yang terdaftar di OJK dan BEI punya kelebihan masing-masing, kamu bisa memilih perusahaan yang memiliki afiliasi dengan bank, tempatmu menabung.

Hal tersebut akan memudahkanmu dalam mentransfer dana. Seperti Bank Mandiri dengan Mandiri Sekuritas, Sinarmas dengan PT Sinarmas Sekuritas, OCBC NISP dengan OCBC Sekuritas, atau BCA dengan BCA Sekuritas.

Kelima, teraktif. Karena perusahaan sekuritas bereputasi baik, maka banyak orang yang menjadi investornya. Para investor pun getol bertransaksi. Sehingga perusahaan tersebut sangat aktif di BEI. Perusahaan tersebut bisa kamu jadikan pilihan.

Menurut CNBCIndonesia.com (19/06/2019), perusahaan sekuritas teraktif di BEI selama April 2019 adalah Mirae Asset Sekuritas Indonesia, UBS Sekuritas Indonesia, Mandiri Sekuritas, BNI Sekuritas, dan Indo Premier Sekuritas.

Poin tambahan, penjamin emisi efek (PEE). Jika sudah menemukan perusahaan yang sekuritas bereputasi baik, selanjutnya apa tujuanmu dalam investasi saham? Hanya menyimpan dana karena imbal hasil yang lumayan besar atau ingin lebih serius berinvestasi demi tujuan jangka panjang?

Bila kamu ingin serius berinvestasi, pilih perusahaan sekuritas memiliki izin PEE. Dengan izin tersebut, perusahaan dapat menjamin emisi efek untuk perusahaan baru yang akan melantai di bursa atau initial public offering (IPO).

Jika perusahaan sekuritas sering melakukan PEE, mereka akan menginformasikan kepada investornya mengenai hal ini. Sehingga investor bisa membeli saham pra IPO serta mendapatkan akses prospektus sebelum IPO.

Meski demikian tak semua perusahaan sekuritas berizin PEE. Berizin PEE juga tidak menandakan perusahaan menjamin emisi efek secara berkala. Namun ada pula yang kerap melakukannya.

Memilih Aplikasi Jual Beli Saham Online

Bila perusahaan sekuritas bereputasi baik akan melahirkan aplikasi jual beli saham online yang andal. Yang membedakan antar aplikasi, selain layanan perusahaan, adalah isi di dalamnya. Bagaimana aplikasi jual beli saham online yang standar investor?

1. Fitur Aplikasi

Aplikasi trading saham harus memuat fitur yang berhubungan dengan saham. Seperti fitur beli dan jual, tampilan portofolio, informasi perdagangan real time, harga saham, chart, order book dengan fasilitas good til cancelled (GTC), daftar pantau saham-saham yang akan kamu beli, hingga berita tentang emiten dan ekonomi.

Selain itu, pada beberapa aplikasi, ada yang memiliki fitur diskusi antar investor, fitur demo beli dan jual saham, fitur perkembangan bisnis emiten dari tahun ke tahun, fitur kalender (pembagian dividen, RUPS, IPO, right issue, dan lainnya), bahkan ada yang memberikan analisis fundamental.

2. User Friendly

Biasanya aplikasi saham banyak kanal yang menampilkan informasi. Hal itu terkadang membuat investor bingung. Meskipun pihak sekuritas telah melatih investor baru dalam penggunaan aplikasi. Saat ini, tak sedikit perusahaan yang membuat aplikasi saham yang user friendly.

Aplikasi user friendly dapat dilihat dari fitur-fitur yang dibutuhkan investor, tampilan fitur simpel, copy text singkat dan jelas, keterangan mudah dipahami, dan aplikasi didesain khusus mobile. Sehingga investor pemula maupun lama mudah mengoperasikannya.

3. Tidak Sering Eror

Aplikasi saham tak lepas dari kesalahan. Entah kesalahan sistem maupun manusia. Namun jangan sampai aplikasi sahammu sering eror. Hal tersebut merugikan investor. Karena mereka kehilangan momen untuk membeli atau menjual saham potensial. Bukan tak mungkin, perusahaan sekuritas ditinggalkan oleh para investor karena aplikasi sering eror.

4. Membaca Review

Tak ada salahnya untuk membaca review aplikasi saham di Play Store atau App Store. Sebelum membuat rekening efek, baca dulu review beberapa aplikasi saham milik perusahaan sekuritas. Hal tersebut dapat dijadikan referensi dalam memilih perusahaan sekuritas.

Meski demikian, review bukan satu-satunya yang menentukan pilihan. Ada komponen lain di atas yang harus dipertimbangkan dalam memilih perusahaan sekuritas. Lakukan investasi saham sesuai regulasi pemerintah. Dan jangan terjebak investasi bodong.

Ajaib menjadi salah satu aplikasi investasi yang dapat membantu kamu bermain saham dengan mudah, kapan dan di mana saja. Dengan menggunakan aplikasi Ajaib, kamu bisa mendapatkan kemudahan dalam berinvestasi, mulai dari belajar investasi, aplikasi yang user friendly, biaya layanan yang terjangkau, dan masih banyak lagi.

Kamu juga tidak memerlukan aplikasi investasi lain seperti RTI Business atau lainnya. Karena di Ajaib kamu juga bisa memonitor pergerakan emiten saham dengan mudah. Sehingga, aplikasi ini cocok untukmu yang membutuhkan aplikasi simpel dan mudah digunakan. Jadi tunggu apalagi? Download aplikasi Ajaib dan mulai investasi sekarang juga!

Artikel Terkait