Bisnis & Kerja Sampingan

Cara Membuat Website Gratis & Mudah untuk Pemula

Cara Membuat Website Gratis & Mudah untuk Pemula

Dalam era yang serba digital dan online ini memiliki sebuah laman atau website merupakan sebuah keharusan untuk berbagai kebutuhan. Mungkin dulu ribet dan sulit, namun saat ini ada cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula.

Website bisa kamu gunakan untuk beriklan, membesarkan nama atau bisnismu, dan masih banyak lagi manfaatnya. Menjalankan website di sela-sela istirahat juga mudah, tidak akan menguras waktu dan tenaga yang banyak.

Meskipun kamu sama sekali tidak paham dan tidak memiliki background dalam dunia IT, kamu bisa menguasainya dengan mudah, cepat dan tanpa biaya. Karena saat ini sudah banyak panduan di internet. Inilah cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula:

Pilih Platform yang Tepat

Tahap pertama cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula,  kamu harus menyiapkan platform atau biasa disebut CMS. Dengan ini kamu bisa mengubah tampilan dan konten meskipun tidak mengetahui bahasa program.

Kebanyakan website di seluruh dunia menggunakan WordPress sebagai platform website mereka. Karena WordPress didukung oleh banyak komunitas sehingga perkembangnnya pesat dan yang paling penting gratis.

WordPress bisa digunakan untuk berbagai jenis website. Mulai dari toko online, bisnis online. Karena praktis dalam penggunaan dan sudah responsive. Sehingga websitemu bisa diakses menggunakan smartphone. Jika kamu pemula dalam urusan website, sebaiknya menggunakan WordPress saja.

Pilih Nama Domain & Web Hosting

Agar websitemu online dan bisa diakses, kamu perlu nama domain dan hosting. Nama domain adalah nama website yang akan diketik pada google, seperti www.ajaib.co.id. Sedangkan hosting adalah space untuk menaruh semua file dalam websitemu.

Aplikasi WordPress memang gratis, tapi untuk domain dan hostingnya harus beli, harganya cukup murah untuk satu bulan. Namun kebanyakan penyedia hosting dan domain mengharuskan membayar untuk satu tahun.

Apa tujuan kamu membuat website. Jika untuk pribadi bisa menggunakan nama sendiri.com. Jika untuk website perusahaan, kamu bisa menggunakan nama perusahaanmu.com. Sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Kamu bebas mau menggunakan apa untuk akhiran domain, pada umumnya banyak yang menggunakan .com karena lebih familiar. Untuk akhiran khusus Indonesia seperti .or.id, .id, .co.id diperlukan syarat khusus.

Instal & Modifikasi Web

Setelah kamu membeli hosting dan domain, websitemu sudah bisa diakses secara online, tapi belum ada isinya. Untuk melanjutkannya kamu perlu menginstal WordPress.

Cara menginstal WordPress dengan masuk ke akun hostingmu, masukkan username dan password saat kamu membeli hosting dan domain. Cari cPanel atau control panel. Klik pada Softaculous Apps Installer, lalu klik WordPress.

Itu adalah cara menginstal WordPress secara otomatis. Kebanyakan pihak penyedia jasa hosting dan domain menggunakan cara tersebut untuk mempermudah. Jangan lupa untuk menyimpan username dan password mu agar tidak lupa di kemudian hari.

Memilih Tampilan Website

Cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula pada WordPress sudah disediakan banyak tampilan. Kamu bisa memilih tampilan website mu secara gratis. Meskipun gratis, tapi tampilan yang disediakan cukup profesional.

Cara Mengubah Tampilan Web

Untuk mengubah tampilan dalam websitemu, kamu harus masuk website wordpress dengan mengetik alamat website mu /wp-admin. Contohnya https//:www.namadomain.co.id/wp-admin. Ganti namadomain dengan nama website atau domainmu.

Pada menu bagian kiri, klik Appearance lalu klik Add New. Di situ kamu bisa memilih tampilan sesuai keinginan dan kebutuhan. Kamu bisa juga mencari dengan keyword untuk mempermudahmu.

Jika kamu sudah menemukan yang cocok, klik instal, lalu aktivasi dengan klik Activate. Maka template tampilan tersebut akan aktif. Untuk mengecek, kamu bisa buka website mu pada tab baru. Mengganti tampilan web tidak akan menghapus isi atau konten website kamu.

Membuat Halaman

Untuk membuat halaman seperti tentang kami, layanan, kontak dan lain sebagainya menggunakan WordPress juga cukup mudah. Terdapat dua cara yang bisa kamu gunakan, yaitu pada bagian kiri ada menu page dan post.

Page digunakan untuk membuat halaman atau menu website seperti tentang kami, profil, layanan, post, berita dan lain sebagainya. Sedangkan post untuk menerbitkan postingan atau konten sesuai tanggal, cocok untuk mempublish berita, artikel.

Mengatur Website

Cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula hampir selesai, tinggal sedikit pengaturan. Pengaturan ini biasanya dilakukan sekali saja, yaitu setelah menginstal WordPress. Bagian ini cukup penting untuk menunjang website mu.

Pertama adalah judul web. Semua web memiliki taline atau judul. Untuk membuat itu masuk ke setting pada bagian kiri, klik kolom site title, lalu tulis tagline website atau judul websitemu. Tagline dan judul biasanya berisi informasi terkait website mu.

Kedua adalah halaman utama web. Umumnya halaman web WordPress menampilkan semua postingan sesuai tanggal. Pada WordPress juga bisa memilih postingan mana yang ingin kamu taruh pada halaman utama.

Caranya klik setting lalu reading, muncul front page display ganti your latest posts dengan A static page. Dengan begitu otomatis di bawah akan muncul artikel mana yang akan kamu pilih untuk tampil pada halaman utama, lalu klik save changes.

Plugin Website

Plugin adalah program tambahan yang akan dipasangkan pada website. Banyak tersedia Plugin secara gratis yang dibuat komunitas WordPress. Agar website mu lebih cepat dicari dengan Google kamu harus menginstal All In One SEO Pack.

Cara instalnya juga cukup mudah. Klik Plugin  lalu add new. Dengan All in One SEO Pack adalah plugin yang akan membantu kamu dalam penulisan artikel atau konten. Dengan panduan plugin ini, tulisanmu bisa masuk halaman pertama Google.

Begitulah cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula. Dengan WordPress, membuat website jadi bisa dilakukan oleh siapa saja dan tanpa biaya. Biaya hanya untuk domain dan hosting dengan nominal yang tidak terlalu besar. Untuk membuat website ini sangat mudah bukan? Jadi tunggu apalagi? Buat website bisnis kamu sekarang dan buat websitemu mudah dicari di mesin pencarian Google dengan membuat konten pada website yang lebih baik.

Bacaan menarik lainnya:

Sugiyono. (2001). Perilaku Pembelian Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Rosda: Bandung.
Kotler, Philip dan Kevin L. Keller (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 dan 2.Alih Bahasa: Bob Sabran, (2012).Erlangga.Jakarta


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait