Banking

Cara Memakai Fitur PayLater di Aplikasi yang Menyediakannya

Ajaib.co.id – Fitur PayLater akhir-akhir ini sedang ngetren karena tersedia di beberapa aplikasi ternama di Indonesia. Contohnya saja Gojek, Traveloka, Shopee, Lazada, dan masih banyak lagi. Fitur ini memungkinkan pengguna membayar produk yang ada di aplikasi tersebut dengan sistem cicilan tanpa kartu kredit. Cara memakai PayLater harus kamu ketahui terlebih dahulu agar dapat membayar dengan lancar.

Fitur PayLater membuat pembayaran jadi terasa lebih ringan karena nilainya lebih rendah per bulannya dibandingkan harus membayar tunai dalam satu waktu. Yang harus kamu perhatikan sebelum menggunakannya adalah masing-masing dari aplikasi ini memiliki ketentuan yang berbeda, dan tentunya ada bunga yang dibebankan di tagihanmu sehingga jika diakumulasikan pembayarannya jauh lebih mahal.

Hanya saja jika kamu merasa dipermudah dengan keberadaan akun ini, tidak masalah menggunakannya untuk berbagai macam keperluan. Inilah cara memakai akun PayLater di beberapa aplikasi yang menyediakan fiturnya.

Gojek PayLater

Fitur PayLater ini bisa ditemukan di bagian GoPay. PayLater pada Gojek dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan yang kamu lakukan dengan aplikasi GoJek, misalnya saja menggunakan fitur GoRide, GoCar, GoMart, GoBill, Go-Tix, GoPlay, dan lain sebagainya. Lalu, limit PayLater pun tidak terlalu banyak, yaitu hanya Rp500.000.

Tidak semua pengguna GoPay bisa menggunakan fitur ini. Gojek hanya memilih akun tertentu yang dapat menggunakannya. Artinya kamu harus mendapatkan undangan dulu agar bisa menggunakannya.

Cara pembayarannya pun tidak memiliki waktu yang lama, hanya sebulan. Hal itu karena limit yang disediakan pun tidak terlalu besar. Kamu bisa menggunakan PayLater ketika kesulitan melakukan top up dana di GoPay.  

OVO PayLater

Setelah GoPay, OVO yang bersaing ketat dengannya pun memiliki fitur PayLater. Fitur ini bisa digunakan untuk segala pembayaran yang disediakan oleh OVO. Fitur ini tidak hanya dapat digunakan di aplikasi OVO, tapi juga di Tokopedia yang bekerja sama dengan OVO. Misalnya kamu berbelanja di Tokopedia hari ini, kamu bisa membayarnya nanti ketika sudah jatuh tempo. 

Tentu dengan tambahan bunga yang harus kamu bayarkan juga. Bunga yang berlaku untuk kredit ini limitnya mencapai 5%, tergantung dari besar transaksi yang kamu keluarkan. Bunganya yang tidak terlalu tinggi pasti akan kamu sukai.

Cara memakai OVO PayLater, kamu harus menunggu 6 bulan setelah pengaktifan baru bisa menggunakan fitur-fiturnya. Selain itu fitur ini hanya baru berlaku di beberapa wilayah. Hanya untuk pengguna yang berada di Jabodetabek, dan Surabaya.

Traveloka PayLater

Buat kamu yang senang jalan-jalan, kamu bisa memanfaatkan Traveloka PayLater untuk membayar rencana perjalananmu. Fitur ini cukup diminati karena memudahkan orang yang ingin jalan-jalan untuk membayar dengan cara mencicil. Perencanaan perjalanan pun bisa jadi jauh lebih matang. 

Cara memakai fitur ini, kamu tinggal mengaktifkan akun PayLater yang tersedia di aplikasinya. Syarat penggunaan PayLater hanya untuk umur 21 tahun hingga 70 tahun karena kamu harus mampu membayar tagihan. Kamu juga wajib menginput KTP. Proses pendaftarannya pun cukup cepat. Jika kamu berhasil memenuhi persyaratan, maka fitur PayLater langsung bisa digunakan.

Traveloka PayLater menyediakan limit yang cukup besar, yaitu sampai Rp10.000.000. Kamu pun bisa menggunakannya untuk membeli tiket perjalanan, memesan hotel, untuk sewa mobil, untuk masuk ke wahana wisata yang memiliki tarif, dan berbagai kegiatan perjalanan lainnya yang menyenangkan buatmu.

Minimal transaksi untuk PayLater ini adalah Rp500.000, kurang dari itu kamu tidak akan bisa menggunakannya. Pembayaran per bulan biasanya minimal sebesar Rp100.000.

Shopee PayLater

Shopee memiliki fitur PayLater yang memungkinkanmu untuk berbelanja sekarang, dan membayarnya nanti sampai batas waktu jatuh tempo. Fitur ini pasti akan sangat kamu sukai.

Limitnya pun lumayan, yaitu mencapai Rp6.000.000. Jadi, kamu bisa checkout sebanyak mungkin sampai jumlahnya mencapai limit tersebut, tapi sebaiknya kamu checkout sesuai dengan kebutuhan saja agar tidak merepotkan nantinya. 

Masa pembayarannya bisa kamu pilih mulai dari 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Lalu, jika kamu terlambat membayar akan dikenai denda 5%, jadi bayar tagihanmu sesuai dengan aturan. Jangan pernah menundanya.

Cara memakai fitur ini kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan KTP dan fitur ini hanya berlaku untuk WNI. Setelah itu isi kolom-kolom yang sudah tersedia sesuai dengan ketentuan. Akun PayLater milikmu pun langsung aktif dan bisa digunakan.

Lazada PayLater

Lazada juga menyediakan fitur PayLater di aplikasinya. Hal ini untuk memudahkan pelanggan untuk melakukan pembayaran di produk yang sangat diinginkannya. Mengaktifkan PayLater di sini juga sangat mudah, kamu tinggal menyediakan KTP. Lalu, menginput data pribadi seperti yang diminta oleh Lazada. Biasanya waktu pengaktifan pun tidak akan lama.

Limit yang disediakan untukmu mencapai Rp2.500.000. Jadi, kamu bisa berbelanja sampai harganya mencapai angka itu, lalu membayarnya sesuai dengan ketentuan. Pembayarannya pun bisa dilakukan melalui ATM, Alfamart, Indomaret atau cara lain yang tersedia dalam ketentuan PayLater.

Berbagai macam pembayaran di atas memang terbilang mudah dan bisa kamu akses di mana saja selama memiliki koneksi internet. Semuanya berasal dari aplikasi yang mungkin dulu tidak terpikirkan akan hadir di kehidupan kita. Pembayaran apa pun bisa dilakukan dengan hanya mengandalkan ponsel pintar.

Namun, segala kemudahan itu harus diperhatikan juga agar tidak membuat kita terlena. Gunakanlah fitur-fitur di atas dengan bijak. Jangan sampai membuat pengeluaran membludak yang nanti ikut mengganggu kebutuhan utama. 

Artikel Terkait