Cara Melunasi Semua Hutang Anda dan Tetap Hidup Bebas Hutang

Ajaib: Cara Melunasi Hutang & Tetap Hidup Bebas Hutang
Ajaib: Cara Melunasi Hutang & Tetap Hidup Bebas Hutang

Jika Anda berhutang, Anda jelas ingin keluar dari semua hutang Anda. Tapi bagaimana caranya? Artikel ini menyiapkan panduan untuk membantu Anda melunasi hutang buruk yang membuat Anda tidak tenang.

# Mengapa kita berhutang?

Sebelum Anda bisa keluar dari hutang, Anda harus terlebih dahulu mengetahui mengapa Anda ada di situasi tersebut. Hanya ketika Anda memahami apa yang membuat hutang terjadi, Anda dapat mulai membalikkan tren itu dan bergerak ke arah lain.

Alasan paling mendasar mengapa orang berhutang adalah karena mereka membelanjakan lebih dari yang mereka hasilkan. Perbedaannya dibuat dengan hutang.

Ada sejumlah alasan mengapa hal tersebut benar, dan Anda harus tahu mana poin di bawah ini yang berlaku untuk Anda:

  • Anda bekerja di pekerjaan berpenghasilan rendah.
  • Anda tinggal di tempat yang berbiaya tinggi.
  • Ada satu atau dua pengeluaran yang menghabiskan jumlah penghasilan Anda secara tidak proporsional. Rumah, otomotif dan asuransi kesehatan adalah tiga contoh utama.
  • Anda memiliki terlalu banyak hutang: cicilan rumah atau bahkan pinjaman mobil yang tidak sesuai kantong Anda.
  • Anda mencoba mengikuti apa yang Anda anggap sebagai pola pengeluaran normal di orbit sosial Anda.
  • Anda memiliki sikap kasual terhadap hutang yang membutakan Anda terhadap dampak-dampak buruknya.
  • Dampak sosial media atau marketing mendorong kita untuk berhutang.
  • Anda kecanduan memiliki atau melakukan hal-hal yang sedang populer dan mahal.
  • Anda tidak pernah mengembangkan kebiasaan menabung, yang memaksa Anda untuk mengandalkan kredit untuk keadaan darurat dan bahkan kekurangan uang tunai untuk hidup sehari-hari.

Jika Anda tenggelam dalam hutang, kemungkinan Anda berurusan dengan beberapa situasi di atas. Akan membutuhkan strategi untuk mengatasi hutang Anda. Tapi pertama-tama, mari kita ciptakan niat untuk mewujudkannya.

# Tingkatkan Penghasilan Anda

Tingkatkan sumber Penghasilan Anda. Sederhananya, jika penghasilan Anda tidak cukup untuk membayar kewajiban Anda, Anda harus meningkatkan pendapatan Anda dengan beberapa cara.

Strategi pertama dan terbaik adalah mencoba meningkatkan penghasilan Anda di tempat Anda sudah bekerja. Itu bisa termasuk mendapatkan promosi, mengambil tanggung jawab baru, mempelajari keterampilan baru atau berpartisipasi dalam peluang bonus apa pun yang ditawarkan kantor Anda. Jika tidak ada peluang untuk meningkatkan penghasilan Anda di tempat Anda bekerja, Anda mungkin harus mempertimbangkan mencari pekerjaan dengan gaji lebih baik.

Atau, Anda bisa mendapatkan pekerjaan paruh waktu atau memulai bisnis sampingan untuk mendapatkan uang tambahan. Memang sulit untuk melakukan dua pekerjaan sekaligus. Tetapi jika Anda dapat menetapkan hati untuk membayar hutang Anda dan menyadari bahwa situasi ini hanya sementara, hal ini mungkin membantu Anda melewatinya.

# Potong Biaya Hidup Anda

Jika Anda tenggelam dalam hutang, umumnya tidak ada alternatif untuk memotong biaya hidup dasar Anda. Itu berarti melihat semua biaya hidup utama Anda: rumah, transportasi, dan perawatan kesehatan.

Jika Anda tinggal di tempat berbiaya tinggi, pertimbangkan untuk pindah ke tempat berbiaya rendah. Anda juga bisa mengajak teman untuk berbagi apartemen untuk membantu membayar sewa atau cicilan Anda. Jika Anda memiliki pembayaran mobil yang tinggi, gantilah mobil Anda dengan yang lain dengan pembayaran bulanan yang lebih rendah atau yang dapat Anda beli tanpa pinjaman.

Jika Anda benar-benar tenggelam dalam hutang, satu-satunya strategi yang masuk akal adalah mulai mengurangi pengeluaran terbesar Anda secara signifikan.

# Sesuaikan Sikap Anda

Berhutang memiliki hubungan yang erat dengan sikap Anda terhadap konsumsi Anda. Jika Anda bisa mengendalikannya, itu mungkin cara terbaik untuk menghentikan Anda memiliki lebih banyak hutang.

Berhentilah mencoba untuk menyesuaikan diri. Konsumsi yang tidak umum biasanya didorong oleh kebutuhan untuk mengimbangi rekan-rekan Anda. Misalnya, jika dua teman membeli mobil baru, Anda melakukan hal yang sama. Anda mungkin tidak mampu membelinya, tetapi Anda tetap melakukannya. Atau mungkin Anda memiliki teman yang sering bepergian. Tidak apa-apa jika Anda memiliki anggaran untuk mengikuti teman-teman Anda. Tetapi jika Anda tidak, Anda harus berhenti berusaha mengimbangi mereka.

Kurangi waktu di media. Iklan membuat Anda membeli barang-barang yang mungkin tidak Anda butuhkan. Semakin sedikit waktu yang Anda habiskan untuk menonton TV atau di internet, semakin mudah untuk menolak membeli apa yang mungkin Anda tidak mampu.

# Berubah Dari Debitur Menjadi Penabung

Menjadi seorang penabung adalah cara Anda mengurangi ketergantungan Anda pada kartu kredit. Ada korelasi yang kuat antara orang-orang yang memiliki hutang berlebihan dan kurangnya tabungan mereka. Tidak adanya tabungan memaksa ketergantungan pada kredit.

Bahkan mungkin perlu untuk mulai membangun rekening tabungan sebelum melunasi hutang Anda. Dengan aliran uang tambahan baik dari peningkatan pendapatan atau mengurangi pengeluaran, Anda menyediakan sumber uang untuk ditabung. Bayarlah jumlah bulanan reguler ke dalam rekening tabungan Anda, seolah-olah Anda sedang membayar pinjaman. Lakukan itu selama beberapa bulan, dan Anda akan mulai membangun sesuatu yang akan memungkinkan Anda untuk melepaskan ketergantungan Anda pada hutang.

Strategi ini melibatkan pelunasan hutang terkecil Anda terlebih dahulu. Ini akan menjadi hutang tercepat dan termudah untuk dilunasi. Itu akan memberi Anda kepercayaan diri untuk mengejar hutang terendah berikutnya. Dan dengan hutang terkecil dilunasi, Anda akan memiliki sedikit ruang ekstra dalam anggaran Anda untuk melunasi hutang terkecil berikutnya.

Anda beralih dari yang terkecil ke yang terbesar sampai Anda melunasi semua hutang Anda. Dan begitu hutang tidak Anda selesai, sudah saatnya untuk mulai menginvestasikan uang Anda.

Melepaskan diri dari hutang memang tidak mudah. Marilah menciptakan niat untuk mewujudkannya dengan mengikuti poin-poin di atas. Jangan ragu untuk memulai dari hal terkecil sampai Anda berhasil melunasi hutang Anda.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait