Cryptocurrency

Cara Jual dan Beli Bitcoin di Indodax yang Mudah bagi Pemula

Cara Jual dan Beli Bitcoin di Indodax yang Mudah bagi Pemula

Ajaib.co.id – Sekarang kamu sudah bisa beli Bitcoin secara legal di Indonesia. Namun untuk transaksi yang aman, kamu wajib memilih platform yang terpercaya. Indodax yang merupakan salah satu pionir penyedia aktivitas beli dan jual aset kripto ini salah satu pilihan yang bisa dipertimbangkan.

Aset digital kini semakin disukai sebagai instrumen investasi. Banyak tipe mata uang digital yang sudah berhasil membuktikan nilainya tersendiri. Salah satunya ialah Bitcoin yang sempat jadi fenomena tersendiri. Harga Bitcoin mencetak rekor tertinggi sepanjang masa pada Desember 2017 ketika harganya menyentuh US$20.000 per koin.

Meskipun kemudian harganya kembali turun namun masih banyak yang percaya jika aset digital ini bisa kembali naik nilanya. Selain itu, kini juga semakin banyak yang menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran. Karena itulah, banyak yang semakin tertarik untuk berinvestasi pada aset kripto ini.

Investasi Bitcoin sendiri sebenarnya merupakan aktivitas beresiko tinggi. Karena itu, kamu tidak boleh membuat keputusan untuk membeli atau menjual aset ini dengan begitu mudah. Pasalnya, harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu tanpa bisa diduga. Transaksi Bitcoin sendiri berjalan selama 24 jam tanpa henti sehingga perubahannya bisa terjadi kapan saja.

Bagi pemula yang ingin berinvestasi pada aset ini maka selayaknya memahami lebih jauh sistemnya lebih dulu. Jangan sampai karena salah pemahaman kemudian memaksa pengguna untuk jual atau beli Bitcoinnya dan malah merugi.

Terlebih lagi di Indonesia, aset digital memang menjadi hal yang amat baru. Karena itulah, wajib bagimu untuk memilih platform yang benar-benar terpercaya. Ada sejumlah aplikasi yang bisa dipakai untuk beli Bitcoin dan berbagai transaksi aset digital lainnya.

Indodax merupakan platform yang bisa kamu gunakan untuk membeli dan menjual Digital Asset seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple, dan lain sebagainya. Dimana, dgital asset ini bisa dibeli menggunakan Rupiah atau Bitcoin, juga menyediakan sistem yang mudah, cepat, dan aman untuk melakukan transaksi Digital Asset. Lantas bagaimana cara membeli/menjual Bitcoin di indodax?

Cara Beli Bitcoin Lewat Indodax, Mudah Bagi Investor Pemula

Indodax (PT Indodax Nasional Indonesia) adalah sebuah perusahaan berbasis teknologi yang mempertemukan penjual dan pembeli aset digital terbesar di Indonesia. Telah beroperasi sejak tahun 2014, Indodax telah aktif melayani lebih dari 2 juta member yang tersebar di 80 negara dan menyediakan lebih dari 80 jenis aset kripto yang siap untuk diperjual-belikan.

Lebih dari 10 juta pengunjung dengan volume trading mencapai 3T perbulannya, Indodax telah lama dikenal sebagai platform berlikuiditas tinggi dan pernah beberapa kali melantai posisi keempat marketplace aset kripto terbaik di dunia dilihat dari segi web traffic menurut ICO Analytics.

Untuk bisa beli Bitcoin lewat Indodax, hal pertama yang terpenting adalah harus memiliki saldo Rupiah terlebih dahulu. Kemudian, klik menu “Marketplace” untuk membeli Bitcoin, lalu klik “Bitcoin“. Setelah itu, masukkan jumlah rupiah yang ingin kamu belikan Bitcoin dan masukan harga Bitcoin yang kamu inginkan. Setelah selesai, klik “Beli Bitcoin”, dan pilih “Market/Instan” untuk membeli Bitcoin secara instan.

Kamu juga bisa memasukan nominal yang kamu inginkan untuk membeli Bitcoin dan klik “calculate” untuk mendapatkan estimasi Bitcoin yang akan kamu terima. Jika pesanan telah selesai, saldo Bitcoin kamu akan otomatis muncul di saldo akun.

Menjual Bitcoin Juga Bisa Dilakukan Lewat Indodax

Kamu tidak akan bisa menjual bitcoin jika kamu tidak memiliki bitcoin itu sendiri. Jadi, sebelum menjualnya, pastikan saldo bitcoin kamu ada dan tersedia. Setelah itu, pilih menu “Marketplace” untuk menjual Bitcoin. Kemudian klik “Bitcoin“ dan masukkan jumlah Bitcoin yang ingin kamu jual, lalu masukan harga jual Bitcoin yang diinginkan dan silakan klik “Jual Bitcoin”. Untuk menjual Bitcoin secara instan kamu bisa mengklik “Market/instan”

Kemudian, masukkan nominal yang kamu inginkan untuk menjual Bitcoin dan klik “calculate” untuk mendapatkan estimasi Rupiah yang akan diterima. Setelah itu klik “Jual Bitcoin” dan Bitcoin akan otomatis terjual. Apabila order telah terpenuhi maka saldo Rupiah akan muncul di saldo akun.

Selain itu, kini kamu tetap bisa mengakses Indodax melalu aplikasi mobile, Di mana, aplikasi tersebut bisa digunakan untuk menikmati fitur-fitur yang tersedia di Indodax.com tanpa harus secara langsung mengakses websitenya. 

Bagi para pengguna Android, kamu hanya perlu mengunjungi Google Play Store dan ketik nama aplikasi-aplikasi mobile indodax di search box untuk mendownloadnya secara gratis. Melalui aplikasi mobile ini, kamu bisa melakukan jual-beli Bitcoin dengan Rupiah secara instan, pembuatan/pencairan voucher, top up, ataupun penarikan saldo rupiah dari akun Indodaxmu.

Harga Bitcoin Terus Merangkak Naik, Apakah Masih Sempat Berinvestasi?

Harga Bitcoin sukses menembus harga Rp 173,6 juta atau setara dengan US$ 12.400 pada pertengahan Agustus 2020. Analis menilai, harganya berpotensi terus meningkat hingga US$ 15.000 atau Rp 223 juta tahun ini.

Adapun, harga mata uang digital itu meningkat 71,01% sejak awal tahun (year to date/ytd). Analis pun memperkirakan harganya mencapai US$ 15.000 hingga akhir tahun ini. Menurut data AssetDash, kapitalisasi pasar Bitcoin saat ini mencapai lebih dari US$ 226 miliar, meningkat 3,2% dalam 24 jam.

Perilaku bullish Bitcoin (BTC) ini menunjukkan BTC sebagai aset paling berharga ke-25 berdasarkan kapitalisasi pasar, tepat di belakang PayPal dengan US$ 230 miliar. Hal ini tak lain karena dampak pandemi Corona yang nyata mempengaruhi perekonomian dunia.

Akibatnya, para investor mulai mencari aset alternatif untuk dijadikan pengaman. Praktiknya, investor milenial memilih bitcoin untuk berinvestasi selama pandemi corona. Sedangkan investor yang lebih tua berburu emas. Transaksi emas dan bitcoin terus melonjak selama lima bulan terakhir

Tentu saja ini juga menggelitik milenial di tanah air untuk ikut membeli Bitcoin. Namun apakah ini adalah keputusan yang tepat? Jangan-jangan aset digital ini malah akan ambruk begitu saja. CEO Indodax, Oscar Darmawan, mengatakan bahwa masih belum terlambat jika ingin membeli bitcoin saat ini meski harganya sudah tinggi

Karena daya beli bitcoin masih akan tinggi pada beberapa waktu ke depan, ada beberapa faktor yang mendorong permintaan bitcoin. Salah satunya adalah kebijakan di negara-negara maju yang memperlonggar aturan cryptocurrency sebagai langkah stimulus menghadapi krisis global.

Misalnya, seperti Amerika Serikat yang sudah memperbolehkan bank dalam mengelola cryptocurrency. Eropa juga siap mengeluarkan kebijakan yang ramah terhadap crypto. Kebijakan tersebut akan mendorong daya beli cryptocurrency dan berujung pada peningkatan harga. Diprediksi kebijakan ini akan menjadi penguat nilai Bitcoin hingga beberapa waktu mendatang.

Jadi, sekarang adalah saat yang tepat untuk beli Bitcoin bukan?

Artikel Terkait