Perencanaan Keuangan

Cara Jitu untuk Mencapai Financial Freedom

Ajaib.co.id – Beberapa waktu sempat viral di media sosial akan beban milenial sebagai generasi sandwich. Beban untuk membiayai anak maupun orang tua menjadi salah satu penyebab besarnya beban keuangan mereka. Tak heran jika niatan untuk mencapai financial freedom bagaikan hanya ada di angan-angan.

Tekanan ekonomi yang dirasakan milenial yang masuk dalam kategori generasi sandwich ini tentu harus disikapi dengan bijak. Ada yang banyak mengeluh dan kemudian malah merasa stress akibat beban tersebut. Ada pula yang menyikapinya dengan sikap pasrah dan mencoba berkompromi dengan rencana keuangan yang lebih baik.

Tujuannya agar tetap bisa mewujudkan cara untuk mendapatkan kebebasan finansial. Memang financial freedom bukan sekedar bermakna tak punya uatng atau tanggungan dan bebas menghabiskan uangnya. Ada arti yang lebih dalam dan penting untuk dipahami agar kamu tahu trik mewujudkannya.

6 Tips Agar Financial Freedom yang Kamu Idamkan Bukan Sekedar Mimpi

Financial freedom merupakan keadaan ketika kita mampu untuk memenuhi semua kebutuhan tanpa harus merasakan kekurangan. Hal ini tidak bergantung pada berapa besar gajimu, karena ini bergantung pada cara yang kamu lakukan dalam mengelola kondisi keuanganmu. Kuncinya adalah bagaimana kamu bisa mendapatkan penghasilan dan mengaturnya dengan tepat.

Kebebasan keuangan adalah dimana seseorangan mencapai saving cukup banyak dan relatif aman, dan hasilnya mencukupi kebutuhan-nya untuk hidup dengan gaya hidup yang diinginkan. Kebebasan finansial juga dapat dapat didefinisikan sebagai fase ketika orang itu berada dalam ketenangan dan pilihan untuk tidak bekerja lagi demi uang untuk memenuhi biaya hidupnya.

Pasalnya, ia telah mencapi level ketika uang bekerja untuknya berupa passive income. Yang dimaksud dengan passive income disini adalah uang yang masuk tanpa harus kita bekerja. Saving bisa dicapai dengan berbagai cara, misalnya dengan tabungan, maupun deposito.

Namun untuk mendapatkan hasil yang lebih baik yakni diatas nilai inflasi maka saving wajib di kombinasikan dengan investing seperti pada reksa dana, saham, properti, dll. Maksudnya adalah agar tujuan keuangan kita tetap bisa tercapai dan nilai uang yang dimiliki juga berkembang.

Financial freedom bisa dikatakan adalah keadaan seseorang yang merasa bahagia dengan semua yang ia lakukan – yang berhubungan dengan uang. Bukan karena faktor dapat membeli apa saja, tapi lebih kepada melakukan hal-hal yang disenangi.

Ada orang yang senang karena berhasil membelikan rumah untuk ibunya. Ada yang merasa senang karena berhasil menguliahkan anaknya hingga ke luar negeri. Jadi, ini memang tergantung dengan tujuan akhir yang kamu targetkan. Dan target setiap orang berbeda-beda.

Setiap orang mengidamkan hal ini sehingga semua upaya dilakukan untuk mewujudkannya. Namun sebelumnya kamu perlu pahami kondisi keuanganmu. Setelah itu barulah bisa mengambil langkah yang tepat dan dibutuhkan.

Pasti akan sangat memuaskan berhasil mencapai yang diimpikan. Oleh karena itu kamu harus melakukan perencanaan keuangan yang pasti untuk berada pada kondisi financial freedom. Inilah cara yang bisa kamu lakukan.

1. Menentukan Target yang Ingin Dicapai

Jika kamu memiliki impian yang pasti, jangan ragu untuk menuliskannya. Dengan menuliskan mimpi biasanya kamu akan lebih bersemangat untuk mengejarnya.

Kamu juga akan berusaha keras agar mimpi itu terwujud. Terutama mimpi yang bisa dicapai dengan uang yang kamu hasilkan. Misalnya kamu ingin memiliki mobil yang besar, yang dapat menampung semua keluargamu jadi kalian bisa jalan-jalan bersama. Bisa juga mimpi memiliki rumah besar yang bisa ditempati oleh keluarga besarmu sehingga kalian tidak akan hidup terpisah-pisah.

2. Memilah antara Kebutuhan Mendesak, dan Kebutuhan yang Bisa Ditunda

Untuk mencapai kebebasan finansial, kamu harus bisa membedakan kebutuhan yang mendesak dan kebutuhan yang bisa diraih nanti. Intinya kamu harus mampu mengelola uang secara bijak.

Jangan jadi orang yang boros karena jika hal itu terjadi yang menyesal adalah kamu sendiri. Pada akhirnya kamu akan lebih berhati-hati dalam membelanjakan uangmu.

Kebutuhan hidup yang wajib tetap terpenuhi, tapi kamu tetap bisa bersenang-senang asalkan tahu batasannya. Misalnya saja dengan menghentikan langganan kartu kredit jika memang penggunaannya tidak optimal.

3. Memiliki Pemasukan dari Berbagai Sumber

Kebanyakan orang mengandalkan satu penghasilan saja berupa gaji. Menurut Robert T Kiyosaki, hal itu tidak salah, tapi akan sangat baik jika sumber penghasilanmu berasal dari berbagai hal.

Kamu boleh memiliki sumber penghasilan tetap berupa gaji. Dan akan lebih baik jika kamu punya penghasilan pasif yang berasal dari asetmu. Penghasilan pasif ini contohnya adalah misalnya kamu memiliki rumah yang dikontrakan dan pembayarannya dilakukan per bulan.

Ditambah dengan investasi jangka panjang. Investasi jangka panjang ini bisa digunakan di masa depan, dan menjamin masa depanmu tetap terjaga. Investasi jangka panjang dapat berupa investasi saham, investasi reksa dana, dan berbagai macam investasi lainnya yang menjanjikan.

4. Mencatat Semua Pemasukan dan Pengeluaran

Dari mana pemasukan dan berapa jumlahnya biasanya dapat kamu ingat dengan baik. Namun, apakah kamu pernah tidak ingat ke mana saja kamu menggunakan uangmu?

Itu adalah hal yang natural, tapi agar kamu tidak kecolongan, sebaiknya kamu mencatat pengeluaran juga. Dicatatnya per hari karena hal itu lebih mudah. Biasanya kamu sudah sibuk dengan berbagai urusanmu sehingga tidak terlalu memperhatikan hal ini.

Dengan mengetahui berapa pengeluaran, kamu bisa melakukan perencanaan pengeluaran yang lebih baik. Di bulan ini kamu sangat boros, maka di bulan depan kamu akan memutuskan untuk menyimpan penghasilanmu itu untuk investasi misalnya.

5. Menyediakan Dana Darurat

Orang Indonesia tidak terbiasa menyimpan uang untuk keperluan darurat. Akibatnya yang harus digunakan adalah penghasilannya yang sebenarnya harus digunakan untuk kebutuhan lain yang lebih mendesak.

Akhirnya kamu memutuskan untuk mengurangi pengeluaran secara ketat dan hal ini tentu saja tidak terlalu baik. Oleh karena itu kamu butuh menyimpan dana darurat. Hal-hal darurat yang bisa diatasi oleh dana darurat misalnya adalah kerusakan motor, sampai ke masalah PHK yang tiba-tiba. Dana darurat bisa membantumu dalam hal-hal yang mendesak.

Dana darurat berbeda dengan investasi dan penghasilan utama. Dana darurat bisa berupa tabungan, logam mulia yang kamu miliki, dan aset lainnya yang sifatnya likuid alias bisa cepat diuangkan. Idealnya, jumlah dana darurat sekitar biaya hidupmu selama 6 bulan namun besarannya bisa disesuaikan dengan kondisimu.

6. Memiliki Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan

Financial freedom adalah ketika kamu berhasil menyisihkan pendapatan untuk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Kedua asuransi tersebut bisa memproteksi dirimu ketika sedang berada di masa-masa sulit.

Hidup manusia mana yang akan bahagia terus? Tentu saja kita semua bisa mendapatkan masalah dan musibah yang bisa saja terjadi secara tiba-tiba.

Masalah kesehatan adalah masalah yang paling umum yang biasanya didapatkan manusia. Untuk itulah diperlukan asuransi kesehatan karena proteksinya pun cukup lengkap. Mulai dari rawat inap, operasi, rawat jalan, dan obat-obatan.

Sedangkan asuransi jiwa memiliki proteksi yang cukup luas, mulai dari kecelakaan, sakit, anggota keluarga ada yang tiba-tiba meninggal, dan lain-lain. Kedua asuransi tersebut sebaiknya kamu miliki karena pasti akan kamu butuhkan nantinya.

Seperti itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan financial freedom. Kamu bisa merencanakannya sebelum memiliki keluarga. Awalnya mungkin terlihat sulit karena kamu merasa penghasilan pas-pasan, tapi kamu bisa memulai secara perlahan di tahapan yang mampu dilakukan terlebih dahulu.

Bebas secara finansial memang tidak bisa didapatkan dari perjuangan sehari. Namun, jika sudah direncanakan secara baik kamu akan bisa memetik hasil manisnya di masa depan nanti. Untuk investasi, kamu bisa memercayakannya pada produk reksa dana yang dimiliki Ajaib. Ajaib akan membantumu mendapatkan kebebasan keuangan yang kamu inginkan. Jangan ragu untuk menghubungi kami.

Kamu juga tak perlu punya dana jutaan untuk mulai berinvestasi. Ajaib menyediakan investasi reksa dana mulai dari Rp10.000 saja. Kamu bisa belajar berinvestasi bahkan dengan dana terbatas. Jika merasa sudah cukup mapan bisa pula berinvestasi saham bersama Ajaib Sekuritas untuk pilihan yang aman, terjangkau dan menguntungkan.

Artikel Terkait