Cara Cek Pajak Mobil Banten 2019, Praktis dan Mudah

cek pajak mobil
cek pajak mobil

Cek pajak mobil di era modern saat ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Untuk mengetahui pajak mobil, kamu tidak perlu lagi melihat STNK.

Perkembangan teknologi informasi semakin pesat. Sudah banyak orang yang membuat inovasi agar hidup jadi lebih mudah dan praktis. Salah satunya adalah layanan cek pajak mobil.

Saat ini, siapa pun dapat mengetahui informasi mengenai pajak kendaraan bermotor secara online. Artinya, kamu bisa mengetahui seluruh data dan informasi pajak melalui website, SMS, hingga aplikasi.

Sebelum mengetahui cara cek pajak mobil, sebaiknya kamu mengetahui pengertian Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) terlebih dahulu.

Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)

Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) merupakan pajak yang dikenakan pada setiap pengendara. Untuk besaran pajaknya, ditentukan oleh dua faktor. Faktor tersebut adalah nilai dan bobot potensi pencemaran, serta kerusakan jalan yang ditimbulkan dari penggunaan kendaraan itu sendiri.

Biasanya, cek pajak mobil dilakukan dengan melihat STNK. Dalam STNK tersebut, sudah dicantumkan berapa besaran PKB yang kamu miliki.

Jika kamu memiliki mobil lebih dari satu dengan nama kepemilikan yang sama, maka PKB dari masing-masing mobil akan berbeda.

Hal tersebut dikarenakan adanya Pajak Progresif. Perhitungan besaran PKB yang harus dibayarkan sesuai dengan urutan kepemilikan kendaraan. Misalnya, kendaraan pertama, kedua, ketiga, dan keempat.

Cara Cek Pajak Mobil Banten

Bagi warga Banten yang belum tahu, Bank BJB telah bekerja sama dengan Tim Pembina Samsat Provinsi Banten untuk meluncurkan layanan E-SAMSAT.

Layanan tersebut hadir dalam bentuk aplikasi yang dinamakan dengan SAMBAT (SAMSAT Banten Hebat). Sebagai bank Nasional yang tumbuh di Jawa Barat dan Banten, BJB mendukung program Pemerintah dalam meningkatkan optimalisasi penerimaan pajak. Salah satunya adalah Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Aplikasi SAMBAT dapat diakses oleh seluruh warga Banten, di mana aplikasi ini menyediakan informasi mengenai pajak kendaraan.

Untuk membayar PKB tahunan, kamu tak perlu datang ke Kantor SAMSAT. Hanya cukup mengunduh aplikasi SAMBAT di Google Play Store, kamu sudah bisa cek pajak mobil atau membayar PKB tahunan.

Setelah mengunduh aplikasi tersebut, kamu harus melalukan registrasi dengan memasukkan nomor polisi, NIK, dan 5 digit nomor rangka mesin yang ada di STNK.

Nantinya, kamu akan mendapatkan Kode Bayar dan tinggal melakukan transaksi pembayaran di seluruh jaringan kantor (teller) serta ATM Bank BJB.

Selain itu, kamu juga bisa membayarnya melalui Tokopedia, Bukalapak, Fintech, dan Payment Point Online Bank (PPOB).

Hadirnya aplikasi SAMBAT ini dapat memudahkan wajib pajak untuk membayar PKB. Sebab, mereka tidak perlu lagi datang ke Kantor SAMSAT untuk cek pajak mobil.

Peluncuran aplikasi ini juga merupakan bentuk dukungan untuk meningkatkan pembangunan daerah yang berasal dari APBD, dan didominasi oleh pendapatan pajak kendaraan bermotor.

Bacaan menarik lainnya:

Nasucha, Chaizi. 2004, Reformasi Administrasi Publik. PT Grasindo: Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait