Pajak

Cara Cek Pajak Kendaraan Sumbar Beserta Langkah-langkahnya

cek pajak kendaraan sumbar

Ajaib.co.id – Melakukan cek pajak kendaraan Sumbar, bukanlah perkara sulit saat ini. Apalagi saat ini ada banyak teknologi yang memudakan kamu dalam melakukan cek pajak kendaraan Sumbar. Selain melalui cara yang konvensional yakni dengan mendatangi pihak Samsat Sumbar secara langsung, kamu juga bisa melakukan cek pajak kendaraan Sumbar melalui situs website atau situs online.

Di era serba canggih ini ada banyak orang yang dimudahkan dalam melakukan cek pajak kendaraan Sumbar yang bisa kamu lakukan secara online. Apalagi guna mendukung inklusi keuangan, saat ini ada banyak layanan pemerintah yang mulai memberlakukan ragam bentuk layanan yang dilakukan secara online. Hal ini sudah pasti bisa kamu gunakan untuk memudahkan kamu dalam mengetahui jumlah dan nominal pajak kendaraan yang harus ia bayarkan melalui samsat.

Perlu kamu tahu bahwa Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi Sumatra Barat sudah menyediakan fasilitas bagi siapa saja masyarakat yang ingin melakukan cek pajak kendaraan sumbar yakni dengan melalui kendaraan bemotor dan mobil bernomor polisi atau plat nomor Padang Sumbar melalui situs atau website resminya.

Dengan kemunculan dan pembaruan dari fasilitas dan layanan ini, maka kamu akan semakin mudah dan sangat membantuk kamu yang kini sudah memiliki kendaraan bermotor dalam mengetahui jumlah dan nominal pajak yang harus kamu bayar serta kapan pastinya pembayaran pajak kamu akan jatuh tempo dimana kamu harus membayar pajak tersebut.

Walaupun ini tidak semua dari para pemilik kendaraan memiliki banyak waktu untuk mendatangi Samsat guna melakukan pengecekan terhadap pajak kendaraan yang mereka miliki, namun dengan adanya layanan cek pajak kendaraan Sumbar secara online kamu tentunya bisa dengan mudah dalam mengakses informasi pajak secara online melalui genggaman baik dari smartphone atau laptop yang kamu miliki.

Melalui layanan cek pajak kendaraan secara online, maka kamu tentunya akan menjadikan layanan pemerintah ini akan semakin terlihat transparan, terbuka, efisien dan cepat. Dalam menggunakan aplikasi ini, kamu bisa langsung mengakses http://dpkd.sumbarprov.go.id untuk melakukan cek pajak kendaraan Sumbar.

Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk cek pajak kendaraan Sumbar milik kamu adalah dengan melalui langkah seperti diuraikan berikut ini, antara lain :

  1. Melakukan akses laman website resmi dari samsat yakni http://dpkd.sumbarprov.go.id/info-pkb.html.
  2. Menunggu beberapa saat sampai dengan laman yang kamu akses berhasil dimuat secara keseluruhan dengan sempurna.
  3. Kemudian kamu bisa langsung segera memasukan Nomor Polisi Kendaraan Bermotor Sumbar milik kamu. Untuk kode Plat Padang Sumbar adalah BA, yang diikuti oleh nomor polisi kendaraan kamu
  4. Langkah selanjutnya dalah kamu bisa langsung melakukan klik tombol “Proses“ untuk melanjutnya cek pajak kendaraan kamu..

Jika kamu sudah berhasil melakukan cek pajak kendaraan kamu, maka seluruh data kendaraan milik kamu pastinya akan tampil. Misalkan saja yang akan tampil seperti jenis kendaraan, merk/tipe kendaraan, tahun, warna, tanggal jatuh tempo, Biaya pokok PKB, dan biaya pokok SWDKLLJ.

Dengan kemunculan bentuk dari layanan dalam melakukan cek pajak kendaran bermotor seperti ini, maka secara tidak langsung hal ini bisa memangkas waktu kamu dalam proses melakukan transaksi. Dengan cara begitu, maka kamu tidak perlu mengeluarkan biaya dan tenaga super berlebih untuk mengetahui kapan kendaraan kamu akan jatuh tempo dan kuga jumlah pajak kendraan dengan datang langsung ke samsat. kamu hanya cukup menggunakan ponsel atau laptop kamu dalam urusan ini.

Selain itu, untuk lebih meudahkan kamu dalam melakukan cek pajak kendaraan Sumbar, ada aplikasi yang bisa kamu download di smartphone kamu yang bernama Cek Pajak Kendaraan. Aplikasi ini tentunya akan membantu kamu untuk melakukan cek status pajak dan nomor polisi kendaraan bermotor kamu. Saat ini aplikasi Cek Pajak Kendaraan hanya mendukung daerah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Barat dan juga Sulawesi Selatan.

Aplikasi ini dalam penggunaannya cukup mudah dalam pengguanannya karena tidak ada banyak iklan di dalam aplikasi, Nah, jika kamu ingin mengetahui status pajak kendaraan kamu, kamu cukup membuka aplikasi Cek Pajak Kendaraan yang telah diunduh melalui Play Store atau App Store. Selanjutnya kamutinggal memilih provinsi di mana kendaraan kamuterdaftar. Selanjutnya masukkan plat nomor kendaraan.

Kemudian kamuakan memperoleh detail informasi kendaraan, tanggal akhir pajak, tanggal akhir STNK dan jumlah pajak yang harus kamubayarkan. Bila kamumenunggak dalam pembayaran pajak, maka aplikasi ini juga akan menampilkan jumlah denda yang harus kamu bayar.

Disisi lain beberapa perusahaan dompet digital seperti OVO, Dana, Gopay, Linkaja sedang berupaya untuk melakukan terobosan dalam cek pajak kendaraan. Bukan tidak mungkin kedepannya bayar pajak kendaraan bermotor hanya semudah genggaman tangan.

Nah itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan cek pajak kendaraan Sumbar, jika kamu ingin mengetahui lebih banyak lagi mengenai seuk beluk perpajakan, kamu bisa mengunjungi situs Ajaib, selamat mencoba!


 Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Artikel Terkait