Cara Bermain Saham Aman dan Untung Maksimal bagi Pemula

Cara Bermain Saham Aman dan Untung Maksimal bagi Pemula
Cara Bermain Saham Aman dan Untung Maksimal bagi Pemula

Bagi yang baru menyelam di dunia investasi saham, wajib untuk belajar cara bermain saham yang aman dan menguntungkan. Bermain saham perlu strategi supaya tidak hanya berdasarkan feeling lalu tembak begitu saja. Alasan investasi saham berisiko tinggi karena adanya capital loss yang menyebabkan investor rugi. Namun, di satu sisi bisa mendatangkan untung hingga 20% lebih selama satu tahun, menggiurkan bukan? Jika kamu memang tertarik, ada beberapa cara bermain saham yang harus dipahami untuk investor pemula untuk mendapatkan untung maksimal namun tetap bermain aman.

Pilih Sekuritas yang Biayanya Kecil

Biaya di sini maksudnya biaya transaksi yang dikenakan kepada pihak investor saat membeli dan menjual saham. Sebelum ke situ, kamu harus membuka rekening saham terlebih dahulu ke perusahaan sekuritas yang dipilih. Kemudian, top-up dana yang kamu punya ke rekening saham. Nantinya dana tersebut bisa digunakan untuk membeli sejumlah saham secara online.

Untuk biaya transaksinya tiap sekuritas tidak sama, ada yang menetapkan 0,15% untuk beli dan 0,25% untuk jual, dan lainnya. Biaya makin kecil, kamu pun ikut diuntungkan. Tetapi biaya besar bukan berarti merugikan, bisa jadi biaya tersebut memberikan pelayanan yang lebih bagus dan aplikasinya lebih lengkap.

Kontrol Diri

Sebelum bermain saham, kenali dulu karaktermu supaya ke depannya kamu bisa menentukan strategi yang tepat. Ketahui apakah kamu termasuk tipe investor yang konservatif, moderat, atau agresif? Selanjutnya ini yang terpenting, tentukan untuk apa investasi saham ini. Untuk jangka panjang kah atau jangka pendek (trader)?

Kalau investasi saham untuk jangka panjang, pilih sekuritas yang prospeknya bagus dan kokoh. Sementara untuk jangka pendek lebih cocok disebut sebagai trading saham dan bukan investasi. Buat pemula, cara ini kurang tepat. Selanjutnya mulailah berinvestasi dengan nominal kecil. Selalu ingat akan kontrol diri dan jangan gunakan semua uangmu. Cara bermain saham yang bijak adalah dengan menyisihkan 10% dari pendapatanmu untuk dibelikan saham. Paling penting adalah kesabaran, karena ada kalanya kamu mengalami rugi tapi hal itu wajar dalam investasi saham.

Saham di Indeks LQ45 dan IDX30 Pilihan Tepat

Umumnya indeks saham yang diterbitkan Bursa Efek Indonesia merupakan ukuran statistik pergerakan harga dari sejumlah saham yang dipilih sesuai kriteria tertentu. Buat investor pemula pasti bingung dengan banyaknya indeks saham yang ada di BEI.

Agar aman pilih saham-saham yang tergabung dalam indeks LQ45 atau IDX30. Kenapa? Karena saham-saham yang ada pada indeks tersebut punya likuiditas tinggi dan fundamental perusahaannya pun dinilai cukup baik. Hal tersebut dikenal juga dengan sebutan Blue Chip. Membeli saham di kedua indeks tersebut bisa dikatakan cara bermain saham yang aman.

Lakukan Average Down Jika Rugi

Ketika kamu mendeteksi ada 2% kerugian di satu saham pada portfoliomu, beli saja saham-saham yang harganya lagi murah. Cara bermain saham seperti ini disebut average down, apa itu?

Average down merupakan strategi berinvestasi dengan membeli secara bertahap ketika harga saham di pasar sedang turun. Cara ini tidak akan membuat nilai investasi kamu ikut anjlok, malah mengikuti situasi pasar.

Itu dia cara bermain saham yang aman buat investor pemula. Sudah mulai tertarik untuk investasi saham dengan risiko yang tinggi? Intinya terus belajar dan selamat mencoba!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait