Cryptocurrency

Cara Bermain Bitcoin untuk Pemula dengan Modal Minim

cara bermain bitcoin

Ajaib.co.id – Beberapa tahun ini, Bitcoin menjadi lahan investasi baru oleh investor muda. Perannya sangat fleksibel, karena bisa transfer digital ke seluruh dunia. Jika dikonversi, nilai sangat fantastis. Lalu bagaimana cara bermain Bitcoin buat pemula dengan modal minim?

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin merupakan mata uang digital terdesentralisasi dan hanya tersedia secara daring. Bitcoin atau cryptocurrency ini berfungsi sebagai uang atau emas yang dapat digunakan transaksi digital tanpa perantara atau tidak melibatkan pihak bank dan tidak dipungut biaya administrasi.

Cryptocurrency ini mengklaim bahwa mereka aman, independen, publik, dan global. Aman karena berdasarkan kriptografi dan matematika, sehingga tidak akan dipalsukan seperti uang.

Dikatakan independen karena tidak melibatkan negara, institusi, maupun bank yang mengontrol jalannya transaksi dan sistem. Sehingga kamu dapat mengendalikan uang pribadi.

Publik, karena semua transaksi tersimpan dalam buku besar, bersifat anonim, dan semua orang dapat berpartisipasi tanpa harus mengidentifikasi diri. Sedangkan global, karena semua orang dapat mengirim uang dengan cepat dan murah kepada siapapun selama 24 jam.

Apakah Bitcoin lebih unggul? Agak susah menjawab pertanyaan ini. Pasalnya, keputusan berinvestasi atau istilahnya menambang (mining) tergantung tujuan masing-masing orang. Ada yang sekadar iseng atau menambang untuk melipatgandakan kekayaan.

Namun mata uang digital ini terdesentralisasi, sehingga tak ada pihak yang mengendalikan maupun memanipulasinya. Bitcoin juga tak mengenal inflasi. Jadi banyak yang menganggap Bitcoin dapat melindungi aset dari inflasi dibandingkan dengan instrumen investasi pasar uang.

Cara Bermain Bitcoin untuk Pemula Modal Minim

Jika ingin menambang Bitcoin dan meraup untung besar, dibutuhkan modal besar. Pasalnya, di luar sana banyak orang yang membagikan ceritanya tentang cara bermain Bitcoin yang memerlukan komputer dengan spesifikasi tertentu, internet cepat, server, listrik, ruang ber-AC selama 24 jam setiap hari.

Sehingga sebelum mendapatkan untung, kamu harus mengeluarkan biaya operasional yang cukup besar, misalnya biaya listrik.

Dengan cara seperti itu, apakah pemula bermodal minim tak bisa membeli atau berinvestasi Bitcoin? Tentu saja bisa dan caranya pun sama seperti yang lain. Cara bermain Bitcoin buat pemilik modal minim, yaitu:

1. Agen Penjualan

Salah satu cara untuk mendapatkan bitcoin dan untuk membeli Bitcoin adalah memanfaatkan agen penjualan, broker, exchanger, atau marketplace yang memiliki produk cryptocurrency. Isi data diri, top-up dana, dan membeli Bitcoin.

2. Mempelajari Data

Di investasi saham, investor disarankan untuk mempelajari analisis fundamental dan teknikal. Di Bitcoin pun demikian. Pelajari pergerakan harga Bitcoin dan isu-isu yang menyertainya sebelum memilih bitcoin dan melakukan jual beli bitcoin.

Apakah nilai investasimu masih bisa bergerak naik atau tidak dan memantau pergerakan melalui spot market. Pelajari pula risiko serta strategi investasi cryptocurrency. Mengingat investasi cryptocurrency belum memiliki payung hukum di Indonesia.

3. Wait and See

Tak hanya pasar modal yang terdampak covid-19, pasar cryptocurrency pun demikian. Tak sedikit investor sedang wait and see. Namun tak ada salahnya buat memanfaatkan proyeksi Bitcoin, karena diestimasikan pada Mei-Juni 2020, akan terjadi kenaikan harga bitcoin.

4. Belajar Bitcoin

Bagi kamu yang baru mau belajar untuk berinvestasi di bitcoin, kamu bisa mencoba aplikasi bitcoin gratis seperti mining bitcoin, di sini kamu bisa belajar bitcoin dengan cara kerja yang menyenangkan seolah-olah kamu sedang berinvestasi di bitcoin secara real.

Alternatif Investasi

Selain aset kripto, ada alternatif investasi yang dapat dilakukan dengan modal minim. Caranya pun mudah dan tentu saja, investasi ini terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Mereka adalah:

1. Logam Mulia

Investasi logam mulia atau biasa disebut emas merupakan produk yang tak lekang dimakan waktu dan tepat untuk investasi di masa corona ini. Pasalnya, komoditas emas dianggap sebagai safe haven, yakni investasi yang tahan terhadap guncangan ekonomi.

Saat ekonomi bergejolak, kerap kali harganya stabil atau menguat. Kalaupun harga menurun, nilainya tidak signifikan. Untuk mendapatkan keuntungan emas secara lebih besar, kamu harus berinvestasi minimal lima tahun ke depan. Karena selisih harga beli dan harga jualnya lumayan, loh.

2. Obligasi

Obligasi merupakan surat utang dari penerbit kepada pemegang obligasi disertai perjanjian untuk membayar pokok utang sekaligus kupon bunganya pada saat jatuh tempo. Obligasi bisa kamu jadikan investasi karena imbal hasil stabil. Kamu bisa membeli obligasi negara atau korporasi.

3. Reksa Dana

Reksa dana adalah wadah menghimpun dana dari pemodal yang dilakukan oleh manajer investasi (MI), selanjutnya dana akan diinvestasikan MI ke beberapa instrumen investasi. Reksa dana memiliki empat jenis: pasar uang, pendapatan tetap, saham, plus campuran. Apa yang membedakannya?

a. Reksa Dana Pasar Uang

Karakteristik reksa dana ini adalah semua alokasi dana akan diinvestasikan ke instrumen pasar uang, seperti deposito berjangka, Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan obligasi jangka pendek; profil risiko konservatif; untuk investasi jangka pendek, dan memiliki imbal hasil stabil meski nilainya tergolong rendah.

b. Reksa Dana Pendapatan Tetap

Karakteristiknya adalah alokasi dana investasi minimal 80 persen ke obligasi dan 20 persen ke pasar uang; profil risiko moderat; investasi jangka menengah, dan imbal hasil lebih tinggi dari reksa dana pasar uang.

c. Reksa Dana Saham

Memiliki karakteristik penempatan dana minimal 80 persen ke saham dan sisanya ke obligasi; profil risiko agresif, investasi jangka panjang, dan jika kondisi ekonomi stabil, imbal hasil yang diberikan paling tinggi di antara ketiga portofolio lain.

d. Reksa Dana Campuran

Seperti namanya, penempatan dana reksa dana jenis ini menggabungkan instrumen saham, obligasi, dan pasar uang; profil risiko moderat-agresif; investasi jangka menengah-panjang.

Sebelum memiliki reksa dana, sebaiknya baca fund fact sheet dengan detail termasuk portofolio alokasi dana, lihat grafiknya, dan pastikan MI serta channel penjualan memiliki izin beroperasi dari OJK. Seperti yang dilakukan oleh Ajaib yang memuat produk reksa dana dari MI terpercaya.

Artikel Terkait