Aset Kripto

Cara Investasi Bitcoin untuk Pemula dengan Modal Minim

Cara Investasi Bitcoin untuk Pemula dengan Modal Minim

Ajaib.co.id – Beberapa tahun ini, Bitcoin menjadi alternatif investasi baru oleh para investor muda. Perannya sangat fleksibel, karena bisa transfer secara digital ke seluruh dunia. Jika dikonversi, nilainya sangat fantastis. Lalu bagaimana cara investasi Bitcoin untuk pemula dengan modal minim?

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin merupakan mata uang digital terdesentralisasi dan hanya tersedia secara virtual. Merupakan salah satu aset kripto, Bitcoin dapat digunakan dalam transaksi digital tanpa perantara atau tidak melibatkan pihak bank dan tidak dipungut biaya administrasi.

Bitcoin memiliki sifat yang aman, independen, transparan, dan diakui secara global. Aman karena menggunakan teknologi kriptografi dari blockchain sehingga tidak akan mudah untuk di palsukan.

Dikatakan independen karena tidak melibatkan negara, institusi, maupun bank yang mengontrol jalannya transaksi dan sistem. Sehingga kamu dapat mengendalikan uang secara pribadi.

Transparan, karena semua transaksi tersimpan dalam buku besar, bersifat anonim, dan semua orang dapat berpartisipasi tanpa harus mengidentifikasi diri. Sedangkan secara global, karena semua orang dapat mengirim uang dengan cepat dan murah kepada siapapun selama 24 jam.

Selain itu Bitcoin memiliki sifat  terdesentralisasi, sehingga tak ada pihak manapun yang dapat mengendalikan maupun memanipulasinya. Bitcoin juga tak mengenal inflasi. Jadi banyak yang menganggap Bitcoin dapat melindungi aset dari inflasi dibandingkan dengan instrumen investasi pasar uang.

Cara Investasi Bitcoin untuk Pemula Dengan Modal Minim

Jika kamu tertarik untuk memulai berinvestasi Bitcoin, namun masih ragu karena kamu masih pemula dan memiliki modal yang terbatas? Kamu tidak perlu khawatir, sebab investasi Bitcoin dan aset kripto lainnya bisa dilakukan meski kamu memiliki modal yang minim. 

Tentunya, diperlukan ketelitian dalam berinvestasi bitcoin agar tidak merugi dan agar kamu bisa mendapatkan keuntungan. Jadi, bagaimana cara investasi Bitcoin untuk pemula dengan modal yang minim? Yuk, simak caranya di bawah ini!

1. Cek Regulasi

Sebelum kamu memulai investasi Bitcoin kamu, kamu perlu memperhatikan regulasi aset kripto di Indonesia.

Menurut Surat Menko Perekonomian Nomor S-302/M.EKON/09/2018, aset kripto tetap dilarang sebagai alat pembayaran di Indonesia, namun bisa digunakan sebagai instrumen investasi untuk dimasukan sebagai komoditas yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

Di Indonesia, perdagangan aset kripto disetujui dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Sehingga, penting bagi kamu untuk mengecek terlebih dulu apakah aset kripto yang ingin kamu beli telah terdaftar di Bappebti atau tidak.

Kabar baiknya, kamu sekarang sudah bisa trading atau berinvestasi Bitcoin, ataupun aset kripto lainnya di Ajaib, lho! Karena Ajaib sudah terdaftar dan diawasi oleh Bappebti, sehingga terjamin keamanannya.

2. Belajar Cara Investasi Aset Kripto 

Sebelum memulai investasi apapun, penting bagi kamu untuk mempelajari dan melakukan riset tentang segala hal yang berkaitan dengan instrumen investasi tersebut. Jika kamu ingin berinvestasi Bitcoin, pastikan kamu sudah melakukan riset yang mendalam. 

Misalnya, pelajari cara kerja aset kripto dan dasar-dasarnya, pelajari istilah-istilah yang sering digunakan dalam dunia aset kripto, hingga fundamental dan teknikal Bitcoin agar kamu dapat menyusun strategi investasi. 

3. Susun Strategi Sesuai Preferensi

Untuk menjalankan investasi apapun, tentu kamu butuh strategi yang tepat. Begitu juga ketika kamu ingin memulai investasi Bitcoin ataupun aset kripto lainnya. Kamu pun harus menyusunnya dengan benar agar mendapatkan keuntungan maksimal dan meminimalisir risiko.

Jika di investasi saham, investor disarankan untuk mempelajari analisis fundamental dan teknikal. Di Bitcoin pun demikian. Pelajari pergerakan harga Bitcoin dan sentimen pasar yang menyertainya sebelum memilih bitcoin dan melakukan transaksi jual beli bitcoin.

Apakah nilai investasimu masih bisa bergerak naik atau malah sebaliknya, sekaligus kamu dapat memantau pergerakan aset kripto melalui spot market kripto. Kamu pun dapat mempelajari manajemen risiko serta strategi kamu ketika berinvestasi di aset kripto.

4. Mulai Membuka Rekening Aset Kripto

Setelah kamu memastikan aset kripto terdaftar di Bappebti, kamu bisa mulai membuka rekening aset kripto di Ajaib. Caranya sangat mudah dan bisa dilakukan sepenuhnya secara online. Tidak hanya itu, Bitcoin juga termasuk salah satu aset kripto yang ada di Ajaib, jadi kamu bisa berinvestasi Bitcoin dengan mudah di Ajaib.

Untuk mengetahui cara aktivasi aset kripto di Ajaib, kamu dapat membacanya dalam artikel ini.

Jika akun aset kripto kamu sudah diverifikasi, kamu bisa mulai investasi Bitcoin dan aset kripto lainnya di Ajaib dengan modal yang cukup terjangkau! Jadi, tak perlu khawatir, kamu tidak harus mengeluarkan dana yang besar untuk mulai investasi Bitcoin.

Cara Mendapatkan Bitcoin

Merangkum dari buku Dasar Investasi dan Trading Cryptocurrency, terdapat tiga cara untuk mendapatkan Bitcoin, atau aset kripto lainnya, yang bisa kamu lakukan. Apa saja caranya? Simak penjelasannya dibawah ini!

1. Mining

Mining diartikan sebagai penambangan, di mana kamu bisa mendapatkan aset kripto, termasuk juga Bitcoin, dengan cara menambang. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan perangkat komputer yang disebut crypto miner. Mining crypto berhubungan dengan blockchain yang prosesnya dimulai dengan verifikasi transaksi dalam blockchain.

Setelah diverifikasi, transaksi akan dimasukkan ke rantai blok untuk mendapatkan aset kripto. Dengan memanfaatkan mining, orang yang berhasil menjadi penambang tidak perlu mengetahui cara menghitung dan ilmu matematika. Namun, kamu harus memiliki perangkat lunak dan keras dengan spek tinggi untuk menambang aset kripto.

2. Farming

Farming bertujuan untuk mengambil rewards atau hadiah dengan kepemilikan aset kripto. Setelah mendapatkan aset tersebut, maka kamu bisa menghasilkan aset kripto lainnya. Cara kerjanya berhubungan dengan Liquidity Providers (LPs) atau penyedia likuiditas. LPs berperan untuk menyediakan koin yang berpasangan dengan koin lainnya dan digunakan sebagai likuiditas dalam suatu pertukaran (exchange).

3. Staking

Staking crypto adalah metode yang berpusat pada perdagangan aset kripto. Cara kerjanya adalah dengan menyimpan aset pada wallet yang memiliki layanan staking. Di mana, aset akan disimpan dalam blockchain dengan konsensus algoritma Proof-of-Stake (PoS) dalam jangka waktu tertentu.

Keuntungan yang diperoleh tergantung pada harga, jumlah, dan aktivitas aset kripto yang dikunci. Durasi penguncian juga berpengaruh pada keuntungan. Metode ini cocok digunakan untuk para investor yang ingin mendapatkan pendapatan pasif dari mata uang kripto.

Namun, kamu butuh melakukan riset mendalam untuk memilih platform exchange harus dilakukan sebelum memilih metode staking. Kepercayaan tersebut penting karena investor akan mengunci aset kripto yang dimiliki selama jangka waktu tertentu. Selama itu, pengembang tidak bisa menjual aset kripto.

Mulai Investasi Bitcoin di Ajaib

Nah, sudah tahu cara investasi Bitcoin dengan modal minim? Bila ya, langsung saja mulai investasi Bitcoin di Ajaib! Ya, selain menawarkan saham, reksa dana, dan margin trading, kini Ajaib juga menghadirkan investasi dan jual beli aset kripto di dalam aplikasinya. 

Aset kripto yang ditawarkan oleh Ajaib juga beragam, dan bisa dipastikan aman karena Ajaib sudah terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI, dan juga dijamin oleh CoinCover dan Fireblocks, platform perlindungan aset kripto dengan proteksi dan keamanan tingkat dunia.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, lanjutkan perjalanan investasi kamu dengan berinvestasi aset kripto di Ajaib dengan klik link di bawah ini!

Artikel Terkait