Banking, Investasi

Cara Berinvestasi di Aplikasi Digibank by DBS

Sumber: Apps Store

Ajaib.co.id – Digibank adalah aplikasi banking dari DBS yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk keperluan transaksi dan finansial. Semenjak kemunculannya di tahun 2015, aplikasi ini telah memikat banyak pengguna untuk melakukan transaksi finansial di dalam aplikasi. 

DBS dikenal sebagai bank yang telah diakui secara global, beberapa predikat yang diberikan antara lain “World’s Best Bank” oleh Euromoney, “Best Bank in the World” oleh Global Finance, dan berturut-turut selama sebelas tahun dinobatkan sebagai “Safest Bank in Asia” oleh Global Finance (dari tahun 2009 hingga 2019). 

Inilah kenapa banyak orang tertarik untuk menggunakan aplikasi ini dan mempercayai aplikasi ini sebagai pilihan untuk menempatkan uang mereka di sana. Aplikasi banking ini memiliki banyak fitur seperti transfer hingga berinvestasi di dalam aplikasi. 

Digibank memiliki dua produk investasi yaitu Bunga Deposito dan Obligasi Pasar. Kedua layanan investasi ini adalah jenis investasi yang saat ini diminati banyak orang. Di akhir Juli 2020, DBS juga memperkenalkan dua fitur investasi terbarunya yakni Rekening Valas dan Obligasi Pasar Sekunder.

Peluncuran dan penyediaan layanan investasi ini memberikan nasabah lebih banyak pilihan dalam mengelola keuangan, serta dorongan untuk berinvestasi. Menurut DBS, mereka ingin memberikan investasi yang aman, minim risiko, dan likuid sehingga dapat digunakan sebagai dana darurat dalam keadaan mendesak. 

Tentunya fitur investasi ini cocok untuk nasabah yang membutuhkan pengelolaan dana dan mengembangkan keuangan untuk berjaga-jaga di masa mendatang. Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan per Juni 2020, jumlah masyarakat yang mengalami Pemutusan Hubungan Pekerjaan (PHK) mencapai tiga juta pekerja, dan berpengaruh pada stabilitas keuangan nasional. 

Banyaknya orang yang tidak memiliki persiapan dana membuat keadaan stabilitas ekonomi menjadi turun. Jadi, sangat disarankan untukmu agar dapat berinvestasi dan menyiapkan dana darurat. 

Jika kamu tertarik untuk berinvestasi di aplikasi Digibank, berikut adalah cara berinvestasi Deposito dan Obligasi Negara di aplikasi Digibank dari DBS: 

Deposito

Untuk berinvestasi di deposito dan mendapatkan suku bunga deposito hingga 5%, maka kamu harus membuka rekening tabungan dengan cara mengunduh aplikasi Digibank di smartphone kamu terlebih dahulu. 

Setelah berhasil mendaftar dan memverifikasi data, maka kamu dapat melanjutkan dengan cara berikut ini: 

Cara membuka deposito lewat aplikasi Digibank:

  1. Login aplikasi digibank.
  2. Klik di simbol ”DEPOSITO”.
  3. Klik buka deposito baru.
  4. Klik dari beberapa option sesuai kebutuhanmu, lalu klik ”Setuju”.
  5. Tulis nominal yang diinginkan dan pilih rencana deposito yang sesuai.
  6. Klik “OK! Mari kita mulai”.
  7. Klik pilihan jatuh tempo, lalu klik OK.
  8. Masukan nama nasabah, pilih simbol yang diinginkan, lalu klik ”Otentikasi”.
  9. Masukan password Digibank by DBS-mu.

Obligasi

Sama seperti berinvestasi di deposito, kamu harus memiliki rekening tabungan yang aktif di aplikasi Digibank. Kamu harus mengunduh dan mendaftarkan diri hingga aplikasimu aktif dan dapat digunakan untuk bertransaksi.

Jika telah memverifikasi data, kamu bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan SID (Single Investor Identification) nomor bukti bahwa kamu terdaftar secara resmi sebagai investor pasar modal, ikuti langkah-langkah ini untuk bisa berinvestasi di obligasi dalam aplikasi Digibank: 

Cara mendaftar SID (Single Investor Identification): 

Langkah utama untuk membeli obligasi di aplikasi Digibank: 

  1. Registrasi Proses aplikasi atau pendaftaran calon investor dengan memasukkan data-data antara lain, data diri dan nomor SID (Single Investor Identification) – bila kamu sudah memiliki nomor SID, langkah ini bisa dilewati.
  2. Setelah mendapat konfirmasi via email, jangan lupa lakukan registrasi e-SBN di aplikasi digibank by DBS kamu.
  3. Lakukan pemesanan.
  4. Lakukan pembayaran (dapat dilakukan di digisaving atau dari bank lain).

Cara Buka Obligasi lewat aplikasi Digibank:

  1. Daftar SID (bagi yang belum memiliki SID, bagi yang sudah ada langkah ini bisa dilewati):
    • Pada halaman utama, pilih “Obligasi”. Pilih obligasi yang diinginkan, lalu halaman detail obligasi akan muncul. Klik “Pesan”.
    • Masukan data diri kamu, lalu klik “Konfirmasi” di halaman konfirmasi.
    • Di halaman obligasi, klik “registrasi e-SBN”, konfirmasi datamu dan klik “Konfirmasi”, lalu klik “Selesai”.
    • Pastikan dana untuk pembelian ada di account Savings kamu. Pindah ke halaman “Obligasi”, lalu pilih “pesan”.
    • Pilih ”Bayar”, lalu pilih “Ya, lewat account Savings”, lalu klik “Konfirmasi” di halaman konfirmasi.
    • Halaman Konfirmasi akan muncul. Jika detail sudah benar, pilih “Selesai”.
  2. Lakukan Pemesanan / Order :
    • Pada halaman utama, pilih “Obligasi”. Pilih obligasi yang diinginkan, lalu halaman detail obligasi akan muncul. Klik “Pesan”.
    • Masukan jumlah nominal pemesanan & klik pesan, lalu klik “Konfirmasi” di halaman konfirmasi.
    • Klik setuju untuk syarat & ketentuan.
    • Masukan password login.
    • Pilih ”Bayar”.
  3. Lakukan Pembayaran (melalui digibank savings):
    • Klik Ya, melalui digibank Savings.
    • Klik “Konfirmasi” di halaman konfirmasi.
    • Masukan password.
    • Pesanan selesai dibayar.
  4. Lakukan Pembayaran (melalui “bayar nanti”- maksimal 3 jam):
    • Klik Ya, melalui digibank Savings.
    • Klik “Konfirmasi” di halaman konfirmasi.
    • Masukan password.
    • Pesanan selesai dibayar.

Itu dia cara untuk berinvestasi dengan deposito dan obligasi di aplikasi Digibank by DBS. Jangan lupa untuk memiliki rekening tabungan di aplikasi Digibank dengan mengunduh aplikasinya. 

Menyiapkan dana darurat dan menabung untuk masa depan adalah hal yang harus kamu lakukan untuk menunjang hidup dengan keadaan finansial yang lebih baik di masa depan. Memiliki dana yang bisa kamu gunakan saat dibutuhkan akan membuatmu lebih nyaman di masa mendatang. Yuk berinvestasi! 

Artikel Terkait