Cara Asik Menghitung Rumus Luas Tabung yang Harus Kamu Tau!

Cara Asik Menghitung Rumus Luas Tabung yang Harus Kamu Tau!
Cara Asik Menghitung Rumus Luas Tabung yang Harus Kamu Tau!

Matematika menjadi pelajaran yang bagi sebagian besar pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMP) sulit dimengerti. Banyak rumur yang harus dihapalkan.

Kali ini, redaksi Ajaib bakal memberikan tim mudah menghitung salah satu bangun ruang, yakni tabung. Rumus luas tabung adalah bangun ruang yang dialasi dua sisi yang kongruen dan sejajar dengan bentuk lingkaran serta sebuah sisi lengkung.

Apa itu Tabung?

Namun, sebelum membahas soal rumus tabung lebih jauh lagi, kita harus berkenalan dulu dengan bangun ruang yang satu ini. Bangun Tabung adalah sebuah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki tutup dan alas yang berbentuk lsebuah ingkaran dengan ukuran yang sama dengan diselimuti oleh persegi panjang.

Ciri-ciri tabung, antara lain, mempunyai dua rusuk, alas serta tutupnya berbentuk lingkaran, dan mempunyai tiga bidang sisi (bidang, alas, bidang selimut, dan bidang tutup).

Rumus Luas Tabung

Hal pertama yang akan kita bahas yaitu rumus luas tabung yang harus kamu hapal dan perhatikan. Karena jika salah rumus, perhitungan juga akan ikut salah. Untuk rumus luas permukaan tabung bisa dicari menggunakan sebuah jaring-jaring tabung. Jaring-jaring tabung tersebut terdiri dari:

  1. Tutup dan atas tabung yang berbentuk lingkaran dengan besar jari-jari (r), sehingga rumus luas lingkarannya yaitu = 2πr². Untuk jari-jarinya dapat menggunakan π= 22/7 atau 3,14.
  2. Bagian lengkungan yang berbentuk persegi pajang dengan panjang tabung memiliki rumus keliling alas tabung yaitu: 2πr serta bagian lebar tabung yang mempunyai rumus luas 2πrt.

Rumus luas tabung:

Volume tabung = luas alas x tinggi

Luas alas = luas lingkaran = πr2

Volume tabung = π r 2 t

Keliling lingkaran alas/tutup = 2πr

Luas Selimut= 2πrt

Luas Permukaan Tabung = 2 x luas alas + Luas selimut tabung

Luas Permukaan Tabung = 2 (π r 2 )+ 2 π r t = 2 π r ( r + t )

Contoh Soal Menghitung Luas Tabung

Untuk lebih memahaminya, mari kita pelajari menggunakan contoh soal yang sudah kami siapkan agar lebih dimengerti.

Contoh Soal 1:

Berapakah volume tabung dengan diameter 50 cm dan tinggi 66 cm?

Jawab :

diameter = 50 cm, karena r = 1/2 diameter maka r = 25 cm

tinggi = 66 cm

Rumus:

Volume Tabung = π x r² x t

= (22/7) x 25cm² x 66 cm

= (22/7) x 25 x 25 x 66

= (22/7) x 41250

= 129.642 cm³.

Contoh Soal 2:

Seorang tukang kayu memotong sebuah kayu menjadi sebuah tabung atau silinder dengan luas penampang alasanya ialah 350cm². Tabung atau silinder kayu tersebut memiliki tinggi 45 cm. Hitunglah volume tabung atau silinder dari kayu tersebut:

Jawab :

Volume silinder = luas penampang alas atau lingkaran x tinggi

Volume silinder kayu = 350 cm² x 45 cm = 15.750 cm³.

Maka, volume silinder tersebut ialah 15.750 cm³

Itulah penjelasan dan contoh soal mengenai cara hitung luas permukaan tabung. Dengan menghapal rumusnya, kamu bisa lebih mudah menghitung dan menyelesaikan soal tersebut dengan lebih mudah dan cepat. Jangan pernah beranggapan rumus itu sulit, cobalah mengerjakan dengan asik mulai sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait