Cryptocurrency

Cara Agar Investasi Bitcoin Kamu Aman dari Hackers!

cara investasi bitcoin

Ajaib.co.id – Ada beberapa cara investasi Bitcoin yang bisa kamu lakukan untuk mendulang untung. Apa saja caranya tersebut? Simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Bitcoin merupakan salah satu jenis mata uang virtual atau disebut cryptocurrency. Investasi Bitcoin diminati oleh banyak orang, karena harganya selalu mengalami kenaikan.

Bagi kamu yang ingin mencoba berinvestasi di dunia digital, maka bisa mencoba Bitcoin. Lalu, bagaimana cara investasi Bitcoin untuk pemula agar tidak mengalami kerugian?

Bitcoin sendiri dibuat untuk memudahkan transaksi pengiriman uang ke seluruh dunia. Kecepatan data pengiriman dan kesulitan dalam pembuatan mata uang kripto menjadikan nilainya tinggi.

Jika harga Bitcoin mengalami kenaikan, maka nilainya akan sangat menggiurkan. Jika mengalami penurunan, Bitcoin bisa jatuh secara drastis. Harga Bitcoin menjadi salah satu risiko terbesar bagi para investor. Meskipun sering mengalami anjlok, namun Bitcoin masih dianggap sebagai penghasil uang

Cara Investasi Bitcoin Bagi Pemula

Ada beberapa cara investasi Bitcoin yang bisa kamu lakukan. Cara yang paling cocok dilakukan oleh pemula adalah membeli Bitcoin. Setelah memiliki Bitcoin, kamu bisa menyimpannya atau melakukan trading. Artinya, kamu sudah bisa memulai investasi Bitcoin. Supaya kamu tidak mengalami kerugian, berikut ini adalah cara investasi Bitcoin yang bisa dilakukan:

Menggunakan Hardware Wallet Bitcoin

Harga Bitcoin memang bersifat fluktuatif. Untuk jangka waktu satu tahun ke depan, Bitcoin diklaim bisa mencapai hingga miliaran rupiah. Cara ini bisa dilakukan oleh pemula jika ingin menyimpannya dalam waktu lama.

Jika membeli dan menggunakan hardware wallet Bitcoin, maka bisa terhindar dari serangan hacker yang ingin mencuri Bitcoin. Selain tidak terhubung ke internet, Bitcoin juga memiliki tingkat keamanan yang cukup baik.

Mencari Informasi Soal Bitcoin

Sebagai salah satu investor Bitcoin, maka sudah sewajarnya kamu mencari informasi mengenai Bitcoin. Jika Bitcoin-mu mengalami masalah, maka kamu bisa bertindak lebih cepat. Dengan begitu, kamu dapat meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

Mengunduh Software Anti Crypto Phising

Bagi kamu yang tidak menggunakan hardware wallet Bitcoin, bisa mengunduh software EAL atau MetaMask khusus Google Chrome.

Saat kamu mengunjungi situs phising, nantinya akan keluar informasi soal peringatan. Meski sudah menggunakan software anti crypto phising, bukan berarti Bitcoin milikmu aman. Kamu harus tetap waspada.

Gunakan Local/Offline Wallet Bitcoin

Harga hardware wallet Bitcoin memang cukup mahal. Mungkin kamu juga masih merasa keberatan untuk membelinya. Hal tersebut bukan berarti membuatmu untuk tetap menggunakan online wallet. Jangan sampai investasi kamu terancam oleh hacker.

Misalnya, kamu menggunakan mata uang Ethereum. Lalu, kamu bisa mengunduh dan menggunakan software My Ether Wallet (Local). My Ether Wallet merupakan wallet yang bisa kamu gunakan tanpa harus menggunakan internet. Artinya, hacker tidak bisa mengincar Bitcoin milikmu.

Jangan Percaya dengan Informasi di Internet

Saat kamu berinvestasi Bitcoin dan mencari informasi melalui internet, maka kemungkinan besar ada hacker yang mengincar. Mereka akan mencari datamu, kemudian mengirim sebuah pesan melalui e-mail, Telegram, hingga WhatsApp.

Jika kamu menerima sebuah pesan, jangan langsung mengklik atau mengunduhnya. Pastikan jika kamu kenal dengan pengirim pesan tersebut.

Mengaktifkan Fitur 2 Factor Authentication

Jika kamu menggunakan hardware wallet atau local wallet, tentunya kamu harus tetap terhubung dengan internet dan login akun. Dengan begitu, hacker akan mengincar Bitcoin milikmu.

Cara investasi Bitcoin lain yang bisa kamu lakukan adalah mengaktifkan fitur 2 Factor Authentication (2FA). Saat fitur tersebut aktif dan login akun, maka kamu harus melakukan verifikasi melalui smartphone.

Membeli Initial Coin Offering (ICO)

Salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan nilai investasimu adalah membeli ICO. Initial Coin Offering (ICO) merupakan koin yang dibuat dengan teknologi blockchain, seperti Bitcoin.

Mengetahui Situs yang Dikunjungi

Tentunya, kamu mengetahui informasi mengenai Bitcoin lewat internet. Pastikan bahwa kamu sudah mengetahui berbagai situs yang dikunjungi, kemudian cek alamatnya.

Membaca Review Layanan

Saat ini, ada banyak layanan yang mendukung penggunaan Bitcoin. Salah satunya adalah BitPay yang berfungsi untuk membayar Bitcoin dan VISA. Sebelum menggunakan layanan ini, kamu juga harus membaca review yang ada. Sebab, ada banyak penipuan yang terjadi.

Menggunakan Fitur Remote Access

Fitur ini adalah bawaan dari Windows atau Team Viewer. Kamu bisa mengakses komputer dari mana saja. Misalnya, kamu sedang berada di kereta dan ingin mengakses komputer di rumah, maka bisa dilakukan dari jarak jauh.

Selain itu, fitur ini juga memberikan celah bagi hacker untuk masuk. Jika hacker memanfaatkan fitur ini dan dapat mengakses komputermu, maka Bitcoin milikmu akan dicuri.

Tidak Menggunakan Brain Wallet

Brain Wallet berisi kunci-kunci yang berasal dari kata yang dapat dibaca. Wallet ini lebih mudah digunakan dibanding huruf dan angka yang diacak. Namun, wallet ini lebih mudah dibobol oleh hacker.

Mengunduh Software AdBlock

Cara ini tidak bertujuan untuk menggeser content creator di internet. Hal itu dikarenakan adanya iklan yang tidak jelas, kemudian dapat mencuri Bitcoin milikmu.

Kamu bisa mengunduh software AdBlock untuk menghindari iklan tersebut. Jika ada situs yang tidak dikenal, maka kamu bisa memblok iklan-iklan yang ada.

Jangan Klik Iklan Secara Sembarangan

Meski sudah menggunakan AdBlock, iklan di internet masih bakal tetap ada. Maka dari itu, kamu tidak perlu mengklik sembarang iklan. Sebab, iklan di internet akan membawa kamu ke situs berbahaya.

Alasan Mengapa Harus Berinvestasi Bitcoin

Bitcoin memang sangat menarik untuk dijadikan sebagai alat investasi. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kamu harus berinvestasi Bitcoin:

Harganya yang Terus Naik

Semakin tinggi permintaan barang dan jumlahnya terbatas, maka harganya akan semakin naik. Hal tersebut merupakan salah satu prinsip dasar dari ekonomi.

Jumlah Bitcoin yang terbatas dan minat yang tinggi, membuatnya dapat mengalami kenaikan hingga Rp 100 juta.

Sistem Teknologi yang Canggih

Bitcoin menggunakan sistem dengan nama BlockChain. Sistem tersebut tidak berpusat dan saling berhubungan satu dengan lainnya. Semakin panjang, maka algoritmanya bakal semakin sulit dipahami. Saat ini, BlockChain sudah semakin panjang dan sulit untuk dibobol.

Tidak Terikat oleh Negara dan Perbankan

Bitcoin bukanlah mata uang dari sebuah negara. Tentunya, Bitcoin tidak akan pernah berkaitan dengan konflik politik yang dialami oleh beberapa negara.

Selain itu, Bitcoin juga tidak dikuasai oleh perbankan. Maka dari itu, tidak ada permainan dari oknum tak bertanggung jawab.

Diakui oleh Berbagai Negara

Bitcoin juga diakui oleh beberapa negara di dunia. Nantinya, seluruh dunia juga bisa menggunakan Bitcoin. Jika hal tersebut terjadi, maka harga Bitcoin akan semakin melejit.

Itulah penjelasan mengenai cara investasi Bitcoin untuk pemula. Jika kamu ingin berinvestasi Bitcoin, maka harus mengetahui risiko kerugian yang terjadi.

Bacaan menarik lainnya:

Berentsen, A. F. S. ( 2018, First Quarter). A short introduction to the world of cryptocurrency. Retrieved from Federal Reserve Bank of Louis Review: https://doi.org/10.20955/r.2018.1-16


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait