Bosan Dengan Suku Bunga Rendah di Rekening Bank Anda? Ini Solusinya

Sebagian besar dari kita menggunakan rekening bank tabungan untuk menyimpan uang tunai. Sementara bank mungkin menjadi alternatif baik untuk menyimpan dan mengakses uang tunai, akan tetapi bank memiliki kelemahan utama. Suku bunga yang disediakan bank biasanya sekitar 2%. Dengan inflasi rata-rata sekitar 5%, uang Anda sebenarnya kehilangan nilainya.
 
Bagaimana jika ada cara untuk mendapatkan pengembalian yang lebih baik, dan memiliki kemudahan penarikan yang hampir sama dengan yang disediakan bank?
 
Gunakan reksa dana sebagai pengganti rekening tabungan Anda
 
Anda mungkin menganggap reksa dana sebagai salah satu produk untuk “menginvestasikan” uang Anda. Namun, ada kategori reksa dana yang merupakan pengganti yang memungkinkan untuk memegang saldo besar di rekening tabungan Anda.
 
Reksa Dana “Utang Jangka Pendek” / Reksa Dana Pasar Uang
Reksa dana pasar uang ini dikelola oleh Manajer Investasi berpengalaman dan hanya diinvestasikan pada produk pasar uang yang tingkat risikonya sangat kecil .Uang dari reksa dana dirancang untuk kemudahan penarikan. Untuk investor, dana Utang Jangka Pendek tidak memiliki beban keluar dan tidak ada periode minimum holding. Mengingatkan Anda pada rekening bank Anda bukan?
 
Ketika Anda membutuhkan uang, Anda dapat menempatkan instruksi penarikan online dan uang akan berada di rekening bank Anda dalam 1-2 hari kerja.
 
 
Mengapa Anda harus mempertimbangkan menyimpan uang Anda dalam reksa dana pasar uang?
Anda dapat menggunakan reksa dana pasar uang untuk menyimpan uang untuk kebutuhan jangka pendek (kurang dari setahun). Anda akan mendapatkan keuntungan dari pengembalian yang lebih baik (7-8% dibandingkan dengan bunga deposito 4-6%) daripada bank dan likuiditas yang hampir sama. Jika uang itu tidak digunakan, maka setidaknya dana Anda mendapatkan tingkat pengembalian yang lebih baik daripada di bank.
 
Tidak seperti bunga yang diperoleh dari rekening tabungan, tidak ada biaya admin dan Anda harus membayar pajak penghasilan hanya atas pengembalian yang Anda tarik. Tarif pajak sama dengan pendapatan bunga.
 
 
Apakah reksa dana pasar uang aman?
Tentunya aman. Uang Anda yang terdapat di reksa dana pasar uang diinvestasikan sebagian besar dalam instrumen utang jangka pendek seperti surat berharga, sertifikat deposito, yang berarti risiko suku bunga minimal. Anda juga harus melihat peringkat kredit campuran dari portofolio reksa dana untuk memastikan diri Anda bahwa investasi aman.
 
 
Apakah ada kerugiannya?
Sebagian besar reksa dana pasar uang tidak memiliki fasilitas penarikan tunai instan yang disediakan oleh kebanyakan bank. Penarikan pada akhir pekan mungkin menjadi masalah meskipun karena pesanan tidak diproses pada akhir pekan. Anda juga harus melacak kenaikan modal Anda dan memasukkannya dalam laporan pajak Anda.
 
 
Apa yang harus Anda lakukan dengan rekening bank Anda?
Keuntungan dari rekening bank dinilai berdasarkan kenyamanan, yang mungkin menjadi alasan kebanyakan orang tidak mencari opsi lain. Anda juga dapat menggunakan rekening bank untuk menyimpan dana harian Anda. Penggunaan rekening bank sebagai dana tabungan tentu masih harus dilakukan, karena pencairan dari reksa dana pasar uang membutuhkan waktu minimal 2 hari agar dana tersebut cair ke rekening Anda. Gunakan reksa dana pasar uang untuk menyimpan uang yang mungkin tidak Anda butuhkan dalam beberapa bulan ke depan. Dengan demikian, uang Anda tidak akan termakan oleh inflasi yang terjadi dari tahun ke tahun sehingga asset kekayaan Anda juga semakin berkembang.
Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait