Perencanaan Keuangan

Boros? Ini 8 Tips untuk Atur Duit Biar Lebih Irit

Atur Duit

Ajaib.co.id – Sayangnya, keuangan pribadi dan cara atur duit bukanlah mata pelajaran yang diajarkan di sebagian besar sekolah menengah atau perguruan tinggi.

Kurangnya pendidikan keuangan dasar membuat banyak anak-anak muda tidak mengerti tentang bagaimana mengelola uang mereka, mengajukan kredit, dan bagaimana mendapatkan atau menghindari utang.

Walaupun ‘atur duit’ terdengar rumit bagi kebanyakan orang, tapi mengatur keuangan adalah tugas sederhana dan paling mendasar yang perlu diketahui dan dipelajari.

Berikut adalah tips-tips atur duit supaya lebih irit dan pintar memegang kendali untuk urusan finansialmu.

1. Belajar Mengontrol Diri

Jika kamu beruntung, orang tua kamu mengajarkan keterampilan mengatur uang ketika kamu masih kecil. Jika tidak, ingatlah bahwa semakin cepat kamu belajar mengenai finansial pribadi, semakin cepat kamu akan mengetahui dan mengambil manfaat dari ilmu yang dipelajari.

Meskipun kamu dapat dengan mudah membeli suatu barang dengan kartu kredit pada saat kamu menginginkannya, lebih baik menunggu sampai kamu benar-benar memiliki uang untuk membelinya.

Apakah kamu benar-benar ingin membayar suku bunga untuk celana jeans atau sebungkus camilan?

Jika kamu terbiasa meletakkan semua pembelian kamu pada kartu kredit, terlepas dari apakah kamu dapat membayar tagihan kamu pada akhir bulan, kemungkinan kamu akan terus membayar barang-barang tersebut di dalam tagihan selama berbulan-bulan ke depan.

Tapi, jika kamu ingin menyimpan kartu kredit kamu untuk faktor kenyamanan atau cashback yang mereka tawarkan, pastikan untuk selalu membayar tagihan kamu secara penuh ketika tagihan tiba, dan jangan membuat lebih banyak kartu kredit daripada yang dapat kamu pantau dengan baik.

Tips finansial ini sangat penting untuk menciptakan masa depan yang sehat bagi riwayat kredit kamu.

Dengan cara ini, kamu dapat mudah untuk belajar mengontrol diri untuk urusan finansial sehari-hari dan kesadaran akan pentingnya riwayat kredit seseorang dan mengetahui apa yang kamu miliki dan apa yang tidak kamu miliki.

2. Kontrol Masa Depan Keuanganmu

Jika kamu tidak belajar mengelola uang kamu sendiri, orang lain akan menemukan cara (yang salah) untuk mengatur keuanganmu. Beberapa dari orang-orang ini mungkin memiliki niat buruk, seperti perencana keuangan berbasis komisi yang tidak bermoral.

Orang lain mungkin bermaksud baik, tetapi mungkin tidak tahu apa yang mereka lakukan. Kebanyakan yang masuk dalam ‘orang lain’ ini adalah kerabat atau saudara terdekat yang secara tidak sadar memengaruhi keputusan finansialmu.

Alih-alih mengandalkan saran orang lain, ambil alih keuanganmu dengan membaca beberapa buku dasar tentang keuangan pribadi.

Setelah kamu dipersenjatai dengan pengetahuan keuangan pribadi, jangan biarkan siapa pun memanfaatkanmu saat lengah — apakah itu orang penting yang perlahan-lahan menyedot rekening bank kamu atau teman-teman yang ingin kamu keluar dan menghamburkan berton-ton uang setiap akhir pekan.

3. Ketahui Kemana Uang Dikeluarkan

Setelah membaca beberapa buku keuangan pribadi, kamu akan menyadari betapa pentingnya memastikan pengeluaran kamu tidak melebihi penghasilan kamu. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan membuat anggaran.

Setelah melihat bagaimana pengeluaran bertambah setiap bulan, kamu akan menyadari bahwa membuat perubahan kecil yang dapat diatur dengan mudah untuk pengeluaran sehari-hari dapat memiliki dampak yang sama besar pada situasi keuanganmu saat ini.

Selain itu, menjaga pengeluaran bulanan rutinmu serendah mungkin juga akan menghemat banyak uang dari waktu ke waktu. Jika kamu tidak menghabiskan uang kamu di apartemen mewah sekarang, kamu mungkin dapat membeli kondominium kecil atau rumah yang bagus sebelum kamu menyadarinya.

4. Mulai Dana Darurat

Salah satu mantra keuangan pribadi yang sering diulang adalah “gaji dirimu terlebih dulu.”

Tidak peduli berapa banyak kamu berutang dalam pinjaman online atau utang kartu kredit, dan tidak peduli seberapa rendah gaji kamu, adalah bijaksana untuk menemukan sejumlah uang — jumlah berapapun — dari pemasukan dalam anggaran kamu untuk ditabung dalam dana darurat setiap bulan.

Memiliki uang dalam tabungan yang dapat digunakan untuk keadaan darurat benar-benar dapat membuat kamu keluar dari masalah finansial dan membantu kamu tidur lebih nyenyak di malam hari.

Juga, jika kamu terbiasa menabung dan memperlakukannya sebagai “pengeluaran bulanan” yang tidak bisa dinegosiasikan, segera kamu akan memiliki lebih dari sekadar uang darurat yang disimpan: kamu akan memiliki uang pensiun, uang liburan, dan bahkan uang untuk membeli rumah.

Jangan hanya menyimpan uang darurat di bawah kasur kamu.

5. Mulai Menabung untuk Masa Pensiun

Sama seperti kamu pergi ke taman kanak-kanak dengan harapan orang tuamu telah mempersiapkan kamu untuk sukses di dunia yang tampak masih jauh, kamu perlu mempersiapkan masa pensiun kamu jauh-jauh hari.

Karena cara bunga majemuk bekerja, semakin cepat kamu mulai menabung, semakin sedikit pokok yang harus kamu investasikan untuk berakhir dengan jumlah yang kamu butuhkan untuk pensiun dan semakin cepat kamu dapat menyebut bekerja sebagai “opsi” daripada bekerja sebagai sebuah “keharusan.”

6. Jaga Kesehatan kamu

Jika menggunakan premi asuransi kesehatan bulanan tampaknya tidak mungkin, apa yang akan kamu lakukan jika kamu harus pergi ke ruang gawat darurat, di mana satu kunjungan untuk cedera ringan seperti patah tulang dapat menelan biaya jutaan rupiah?

Jika kamu belum mengikuti program asuransi, jangan menunggu hari lain untuk mengajukan permohonan asuransi kesehatan seperti BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenagakerjaan.

Kamu dapat menghemat uang dengan mendapatkan penawaran dari penyedia asuransi yang berbeda untuk menemukan tarif terendah.

Juga, dengan mengambil langkah-langkah harian untuk menjaga diri kamu tetap sehat, seperti makan buah-buahan dan sayuran, menjaga berat badan yang sehat, berolahraga, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi alkohol berlebihan.

Suatu hari, kamu akan berterima kasih pada diri sendiri ketika kamu tidak dapat membayar tagihan medis selangit.

7. Lindungi Kekayaan Kamu

Jika kamu ingin memastikan bahwa semua uang hasil jerih payah kamu tidak hilang, kamu harus mengambil langkah-langkah untuk melindunginya. Jika kamu saat ini tinggal sendiri, dapatkan asuransi untuk melindungi aset kamu dari peristiwa seperti pencurian atau kebakaran.

Jika kamu ingin membantu mengelola uang kamu, cari perencana keuangan hanya-biaya untuk memberikan saran yang tidak memihak yang sesuai dengan kepentingan kamu, daripada penasihat keuangan berbasis komisi, yang menghasilkan uang ketika kamu mendaftar dengan investasi yang didukung perusahaannya.

Ingat, kamu tidak perlu gelar mewah atau latar belakang khusus untuk menjadi ahli dalam urusan atur duit dan mengelola finansialmu. Itu dia tujuh tips yang akan membantu keadaan finansialmu bisa lebih baik lagi.

Artikel Terkait