Berbagai Cara Cek Pajak Kendaraan Batam untuk Diketahui!

pajak kendaraan batam
pajak kendaraan batam

Mengecek pajak kendaraan adalah hal yang mesti rutin dilakukan oleh kamu. Jika kamu warga Batam, maka cek pajak kendaraan Batam harus rutin dilakukan agar objek wajib pajak kamu tetap memenuhi kewajibannya yaitu menyumbang pajak pada daerah.

Sudah menjadi kewajiban bagi kita, masyarakat Indonesia untuk rutin membayar pajak guna memberikan dampak yang signifikan kepada pembangunan sarana dan prasarana yang ada. Jika objek wajib pajak, seperti kendaraan tidak dibayarkan, maka akan memberikan dampak kepada pembangunan fasilitas yang terhambat dan rutinitas yang bisa saja terganggu.

Itulah kenapa, penting untuk cek pajak kendaraan Batam atau daerah lainnya di Indonesia supaya hal-hal yang disinggung di atas bisa berjalan dengan lancar dan tidak terganggu.

Lalu bagaimana caranya cek pajak kendaraan batam yang benar? Berikut jawabannya.

Cek Pajak Kendaraan Batam melalui Website

Cara cek pajak kendaraan Batam yang paling umum adalah melalui website. Samsat Batam bereaksi positif dengan perkembangan teknologi dengan memudahkan masyarakat wajib pajak untuk membayar pajak kendaraan melalui website. Dan ternyata, tata cara cek pajak kendaraan Batam atau membayarnya ternyata mudah loh, berikut caranya.

  • Buka peramban/browser di laptop, komputer atau ponsel pintar kamu
  • Ketik tautan http://rtmcpoldakepri.com/informasi-pajak-kendaraan-bermotor/
  • Masukkan nomot polisi kamu di bagian Nomor Register
  • Tinggak klik cari
  • Nanti akan muncul informasi terkait pajak kendaraan kamu, termasuk masa berlaku STNK, pajak dan jumlahnya yang perlu dibayarkan.

Cara cek kendaraan Batam tidak hanya berhenti sampai di situ, masih ada satu cara lagi yaitu melalui ponsel berbasis Android. Bagaimana caranya?

Melalui Android

  • Buka aplikasi Google Play Store di ponsel berbasis Android kamu
  • Ketik SAM Lantas Kepri di kolom telusuri atau pencarian
  • Aplikasi tersebut akan muncul, tekan unduh dan instal
  • Jika sudah terinstal, buka aplikasi tersebut
  • Masukkan nomot polisi kendaraan bermotor kamu
  • Tekan cari
  • Lalu akan keluar informasi pajak kendaraan bermotor kamu.

Dua cara pengecekan ini tentunya bisa menjadi titik awal untuk mulai mengubah pola pikir agar lebih taat pajak, terutama bagi kamu yang sudah berpenghasilan dan masuk kategori wajib pajak. Dengan teknologi yang sudah dipermudah, baik melalui website ataupun aplikasi, tentunya tidak ada lagi alasan untuk tidak membayar pajak, baik itu kendaraan atau objek wajib pajak lainnya.

Karena sekali lagi, pajak yang kamu bayarkan akan memberikan dampak yang tidak kecil kepada lingkungan sekitar dan rutinitas masyarakat di sekitar kamu. Trotoar yang rusak bisa diperbaiki, transportasi umum bisa diperbanyak, dll.

Jika kamu tidak berdomisili di Batam dan tidak bisa menerapkan cara cek pajak kendaraan Batam, jangan khawatir! Karena di blog Ajaib Indonesia kamu bisa belajar hal lainnya. Terkhusus yang berkaitan dengan finansial, termasuk yang berhubungand dengan pajak, investasi, hingga perencanaan keuangan.

Bacaan menarik lainnya:

Kristanty, Nova. 2014. Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Tarif Pajak, dan Penyuluhan Pajak terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan di Kantor Pelayanan Pajak. Jurnal. Online


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait