Berapakah Harga Emas Putih per Gram Saat Ini?

harga-emas-putih

Emas putih merupakan komoditi investasi yang menarik minat masyarakat Indonesia. Emas putih merupakan campuran logam mulia yang lebih kuat dibanding emas kuning, di mana hal itu membuat harga emas putih lebih mahal

Salah satu kekurangan dari emas putih adalah kandungan nikel yang bisa membuat iritasi kulit bagi mereka yang memiliki alergi. Selain itu, lapisan rhodium juga cukup mudah pudar.

Bicara soal harga emas putih sebetulnya lebih mahal dibanding emas kuning. Dilihat dari sifat yang berbeda dan bahan campurannya. Harga emas putih yang lebih tinggi dipengaruhi oleh komposisi yang ditambah dengan nikel.

Harga emas putih hari ini mungkin saja berbeda dengan toko emas lainnya. Namun, harga ini bisa menjadi patokan bagi kamu yang ingin mengetahui harganya saat ini. 

Kualitas, tampilan, dan daya tahan dari emas putih memiliki nilai jual yang berbeda di setiap gramnya. Tentunya, juga dipengaruhi oleh pergerakan emas di dunia saat ini. Wajar saja jika ada perbedaan harga emas di setiap harinya.

Emas Putih atau Emas Biasa, Mana yang Memiliki Harga Lebih Mahal?

Banyak orang yang masih sering bertanyaptanya, mana yang lebih mahal antara emas murni atau emas putih? Ternyata, jawabannya tidak pasti. Karena keduanya memiliki persamaan, yaitu berasal dari emas kuning, namun emas putih memiliki bahan campiran lain.

Sehingga predikat harga emas putih lebih mahal dibanding emas biasanya, bukanlah hal yang mutlak. Namun perlu diketahui, rodium ini termasuk logam mulia yang mahal. Tidak tanggung-tanggung harga rodium sepuluh kali lipat lebih tinggi daripada emas, dan volatilitasnya pun besar.

Rodium ini juga sulit diolah, sehingga jarang yang menggunakannya sebagai bahan pembuatan perhiasan secara sendirian. Namun, karena kilaunya yang cemerlang, maka logam ini merupakan pilihan favorit untuk melapisi emas putih.

Harga Emas dengan Kadar 50 persen

Di bawah ini adalah update mengenai harga emas putih dengan kadar 50 persen per 7 Januari 2020.

a. 1 gram : Rp382.000

b. 1,5 gram: Rp573.000

c. 2 gram: Rp764.000

d. 3 gram: Rp1.146.000

e. 4 gram: Rp1.528.000

f. 5 gram: Rp1.910.000

Harga Emas dengan Kadar 75 Persen 

Selain memiliki kadar 50 persen, emas putih juga ada yang memiliki kadar 75 persen dengan harga lebih tinggi per 7 Januari 2020:

a. 1 gram: Rp585.000

b. 1,5 gram: Rp877.500

c. 2 gram: Rp1.170.000

d. 2,1 gram: Rp1.228.500

e. 3 gram: Rp1.755.000

Potensi Investasi Emas Putih

Jika selama ini banyak masyarakat yang menyukai investasi emas dalam bentuk perhiasan, maka sebenarnya bentuk investasi seperti itu tidak terlalu tepat. Mengapa begitu?

Sebab, biaya proses membentuk perhiasan membuat investasi dalam bentuk perhiasan tidak bisa memberikan imbal balik yang maksimal. Di sisi lain, laju inflasi juga sering jadi penggerus nilai investasi kamu.

Misalnya, kamu membeli perhiasan emas sebagai mas kawin pada saat pernikahan. Maka dalam waktu 5 – 10 tahun, emas tersebut dijual untuk menutupi berbagai kebutuhan. Harga jual yang kamu terima seolah-olah memang lebih tinggi. Padahal, jika dibandingkan dengan inflasi, maka sebenarnya akan sama saja dengan harga beli saat ini.

Dengan begitu, memiliki emas dalam bentuk perhiasan memang bisa menjadi pelindung nilai kekayaan, tetapi bukan merupakan aset investasi yang berkembang pesat dalam jangka waktu pendek.

Pemanfaatan Emas Putih

Sebenarnya, emas putih bukanlah jenis investasi yang bagus. Sebab, harga jual emas jenis ini bisa saja jatuh jika dibandingkan dengan harga belinya.

Terlebih lagi, jika emas putih yang dibuat dengan bahan campuran rhodium, di mana logam rhodium membutuhkan perawatan secara rutin atau berkala. Sehingga, risikonya, harga akan menurun jika dirasa kilaunya memudar.

Emas jenis ini lebih cocok digunakan sebagai harta warisan kepada anak dan cucu di kemudian hari. Jika tujuanmu untuk berinvestasi, maka perhiasan emas putih atau emas kuning bukanlah jenis investasi yang tepat untuk menghasilkan keuntungan yang besar.

Bacaan menarik lainnya:

Gerbino, K. (2012). Investing in Gold Producers as a Safeguard of Value. The Wall Street Transcript


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang. 

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait