Begini Cara Mudah Gunakan Kalkulator Bitcoin

Begini Cara Mudah Gunakan Kalkulator Bitcoin
Begini Cara Mudah Gunakan Kalkulator Bitcoin

Di zaman millenial seperti ini, kamu pasti sudah tidak asing dengan nama bitcoin. Ya, ini merupakan salah satu maa uang virtual yang sudah diperdagangkan di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Bitcoin awalnya digunakan untuk berbagai transaksi, seperti pembelian jasa misalnya game dan sebagainya. Jual beli bitcoin kini semakin marak, sehingga mata uang digital ini semakin populer. Banyak orang menggilai bitcoin lantaran harganya terus menjulang, meskipun kadang juga merosot. Berdasarkan coinbase, bitcoin diperdagangkan pada kisaran harga 4.008 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp58,12 juta per koin.

Sejak beberapa tahun terakhir, investasi bitcoin semakin digandrungi banyak orang karena harganya yang terus naik. Bayangkan saja, harga bitcoin naik tinggi, nilainya sangat menggiurkan dalam semalam. Tapi jika sudah turun pun, bisa drastis. 

Kalkulator Bitcoin

Naik turun harga bitcoin menjadi salah satu risiko para investor. Meski sering anjlok, investasi bitcoin masih dianggap sebagai tambang uang. Agar kamu tidak rungi, kamu harus teliti menghitungnya menggunakan kalkulator bitcoin. Berikut ini sara menggunakan kalkulator Bitcoin dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Masukkan angka di kolom teratas, misalnya bila ingin mengetahui berapa nilai tukar Bitcoin hari ini per satuannya, maka ketikkan angka 1.

2. Pilih mata uang yang akan dikonversi pada kolom berikutnya, misalnya bila ingin mengetahui berapa nilai tukar Bitcoin hari ini per satuannya, maka pilih BTC.

3. Pilih mata uang konversi. Di sini kamu dapat memilih untuk mengetahui kurs Bitcoin ke Rupiah (IDR) atau Dolar AS (USD).

4. Biarkan kolom keempat kosong, langsung klik: Hitung.

Setelah itu, kamu akan langsung mengetahui berapa kurs Bitcoin sekarang.

Mengenal Bitcoin

Bitcoin merupakan uang elektronik yang dibuat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Namun, sebetulnya bitcoin ini sudah ada sejak tahun 2008. Berarti kehadirannya sudah lebih dari satu dekade di dunia ini.

Walaupun bitcoin didaftarkan pertama kali oleh Nakamoto, namun ia adalah sosok yang misterius. Hingga saat ini tidak ada satu orang pun yang mengetahui siapa Satoshi Nakamoto. 

Dalam sebuah forum, ia pernah menyebutkan jika dirinya berasal dari Jepang. Saat mengikuti forum tersebut, Nakamoto menggunakan TOR Browser yang membuat IP-nya tidak dapat terlacak.

Meski sudah memberi pengakuan tersebut, Nakamoto tidak meninggalkan jejak atau identitas yang jelas. Semua masih mencari tahu sosok penemu bitcoin tersebut. Beberapa dari pengguna dan non-pengguna bitcoin mulai memberikan spekulasi.

Spekulasi yang bikin heboh adalah tidak ada orang dengan nama Satoshi Nakamoto. Nama itu digunakan untuk melindungi si pencipta bitcoin aslinya. Pasalnya dalam bahasa Jepang, Satoshi berarti kebijaksanaan ataupun alasan, sedangkan Nakamoto dapat diartikan sebagai sumber pusat (central source).

Jadi, sudah siapkah kamu berinvestasi bitcoin?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait