Beberapa Bank Penyedia Rekening Dana Nasabah. Apa Itu?

rekening dana nasabah
rekening dana nasabah

Bank di Indonesia, selain menyediakan rekening umum, juga menyediakan rekening dana nasabah. Apa itu? Untuk menjawabnya, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Bank, seperti yang sebagian dari kita ketahui, adalah tempat untuk menyimpan uang dalam jumlah besar. Di era digital seperti sekarang, fungsi bank sudah mulai beragam, mulai dari penyedia dana segar untuk berbagai macam kebutuhan sampai penyediaan rekening dana nasabah.

Nah, untuk yang terakhir, beberapa dari kamu mungkin familier, mungkin juga tidak. Untuk memastikan apa itu rekening dana nasabah dan bank mana saja yang menyedikannya, berikut pengertian tentang rekening dana nasabah.

Definisi

Rekening dana nasabah pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 2012. Regulasi baru dari pasar modal mengharuskan investor untuk membuka rekening di bank yang ada seperti BCA, Sinarmas, dll yang disebut dengan istilah rekening dana nasabah atau RDN.

RDN merupakan sebuah rekening dana yang dibuka di bank dan menjadi tempat untuk melakukan transaksi saham. Berbeda dengan rekening bank biasa, RDN memang diperuntukkan khusus untuk investasi saham.

Pentingnya Keberadaan RDN

Salah satu hal yang mudah diingat terkait investasi saham adalah kasus Sanjaya Sekuritas pada beberapa tahun lalu. Pada saat itu, ratusan hingga ribuan dana nasabah disalahgunakan dan dimanipulasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan kerugian. Kasus ini, dan kasus manipulasi lainnya terjadi karena tidak ada rekening, yang dikeluarkan oleh bank, yang bisa memisahkan mana dana milik nasabah dan mana dana milik broker.

Atas dasar inilah, maka diciptakanlah RDN yang bisa didapatkan dari beberapa bank di atas.

Prinsip RDN sendiri, seperti rekening bank pada umumnya, adalah rekening yang terpisah dari broker sehingga seorang investor bisa memantau jumlah dana yang masuk dan keluar. Fungsi broker sendiri hanya terbatas kepada melakukan penarikan dana terkait pelunasan nasabah, yang bisa dipantau juga dengan oleh investor. Maka, dari sudut pandang nasabah, keberadaan RDN sangat aman.

Mempermudah Investor

Bank di Indonesia juga sangat mempermudah investor, tinggal datang ke bank yang telah disebutkan di atas, dan mengikuti tata cara pendaftaran rekening dana nasabah.

Keberadaan RDN adalah jawaban dari kasus manipulasi dana nasabah yang terjadi beberapa tahun lalu. Sebagai pasar yang terus dinamis, bukan tidak mungkin kasus manipulasi akan terus terjadi jika RDN tidak diluncurkan dan menjadi regulasi baru.

Nah, sesudah membaca sejarah dan latar belakang RDN, kamu tentunya akan lebih siap untuk investasi saham, kan? Pelajari lebih lanjut investasi saham secara keseluruhan, baik itu investasi saham, reksa dana hingga dunia finansial secara umum. Seperti bagaimana melakukan perencanaan keuangan yang baik, menyiapkan dana pensiun dan hal lainnya, dengan rutin mengunjungi blog Ajaib Indonesia, ya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait