Bagaimana Anda Dapat Mengganti Gaji Saya Melalui Berinvestasi?

Bayangkan Anda berusia 24 tahun dan menghasilkan 10 juta per bulan. Pada tingkat berapa Anda harus berinvestasi dan bagaimana Anda harus melangkah lebih jauh untuk mendapatkan penghasilan alternatif yang bisa menggantikan atau sama dengan gaji Anda sekarang?
Pada usia 24, Anda mulai mengamankan masa depan keuangannya di awal karier Anda. Anda memahami pentingnya memiliki tubuh yang pasti yang menghasilkan pendapatan untuk menggantikan milik Anda sendiri, itu membuat uang bekerja untuk Anda.
Dalam artikel ini, saya akan membahas bagaimana Anda bisa membangun sebuah rencana yang akan menghasilkan pendapatan untuk menggantikan gaji Anda saat ini. Rencana ini juga menunjukkan pentingnya berinvestasi untuk menghasilkan pendapatan di masa depan.
Cara membuat skema yang menggantikan penghasilan Anda untuk menghasilkan 10 juta per bulan, mari kita mulai dengan asumsi berikut:
  • Anda berinvestasi 30 persen dari gaji Anda dalam hal ini adalah 3 juta rupiah.
  • Anda berinvestasi dalam reksadana saham dengan pengembalian yang diharapkan sebesar 14 persen per tahun untuk jangka panjang.
  • Anda investasi kembali akumulasi pengembalian tersebut di deposito pada bank dengan pengembalian yang diharapkan 8 persen per tahun.
  • Pajak tidak dipertimbangkan.
Anda akan membutuhkan 14 tahun untuk mengakumulasikan dana yang dibutuhkan sebesar 100 juta rupiah. Kemudian ketika diinvestasikan di deposito bank akan memberi Anda 50 ribu per bulan. Anda dapat mencapai tujuan untuk menggantikan gaji Anda saat ini pada saat Anda berusia 38 tahun.
Namun, ada masalah dengan pendekatan ini. Saya gagal memperhitungkan inflasi. Inflasi mengurangi nilai uang seiring waktu. Dengan jumlah uang tertentu, Anda akan dapat mendapatkan nilai yang lebih rendah di masa depan, 14 tahun dari sekarang. Singkatnya, apabila gaji Anda saat ini sebesar 10 juta rupiah, maka nilai tersebut hanya akan bernilai 5 juta dalam 14 tahun dengan asumsi inflasi per tahun sebesar 5 persen.
# Cara Berinvestasi Agar Menciptakan Pengembalian yang Anda Butuhkan Disesuaikan Dengan Inflasi
Untuk mendapatkan pengembalian yang mampu menghasilkan pendapatan yang disesuaikan dengan inflasi ini, Anda perlu menabung lebih lama. Mari kita lihat apa yang diperlukan untuk melakukan ini. Saya akan memulai dengan asumsi yang sama seperti sebelumnya tetapi kali ini kita akan mempertimbangkan inflasi.
  • Anda menginvestasikan setidaknya 30 persen dari gaji Anda yaitu 3 juta rupiah.
  • Investasi terjadi dalam reksadana saham dengan pengembalian yang diharapkan sebesar 14 persen secara tahunan dalam jangka panjang.
  • Anda menginvestasikan kembali akumulasi dari pengembalian pada deposito dengan pengembalian yang diharapkan 8 persen per tahun.
  • Implikasi pajak tidak diperhitungkan.
  • Tingkat inflasi adalah 5 persen per tahun.
Anda akan membutuhkan 17 tahun untuk mengakumulasi dana sebesar 100 juta rupiah yang diperlukan. Kemudian ketika diinvestasikan kembali, akan memberikan pengembalian sebesar 30 ribu per bulan – jumlah yang setara dengan gaji saat ini sebesar 10 juta yang disesuaikan dengan inflasi akan diperoleh selama 46 tahun.
# Apakah ada cara yang lebih cepat untuk mencapai ini?
Ada dan itu melibatkan peningkatan tabungan Anda setiap tahun, katakanlah, 10 persen. Ini sejalan dengan peningkatan pendapatan Anda.
Jika Anda melakukan ini, Anda hanya perlu 14 tahun untuk mengakumulasi dana sebesar 100 juta rupiah yang diperlukan yang kemudian dapat menghasilkan pendapatan bulanan dari deposit sebesar 100 ribu rupiah. Jumlah yang setara dengan gaji Anda saat ini yang disesuaikan dengan inflasi selama 34 tahun.
Poin penting yang harus selalu Anda ingat adalah mulailah berinvestasi sedini mungkin. Investasikan dalam kelas aset jangka panjang pengembalian tinggi seperti reksadana saham untuk mencapai tujuan Anda lebih cepat. Selanjutnya, selalu masukkan faktor inflasi ke dalam perhitungan Anda.
Sangat ideal untuk meningkatkan jumlah tabungan Anda setiap tahun dengan setidaknya 10 persen atau lebih sesuai dengan peningkatan penghasilan Anda. Anda juga harus mempertimbangkan implikasi pajak dari investasi Anda. Tidak semua investasi bebas pajak selama jatuh tempo.
Gunakanlah Ajaib untuk mengotomatisasi investasi Anda dalam reksadana. Berhentilah berpikir dan mulai berinvestasi hari ini.
Share to :
Artikel Terkait