Perencanaan Keuangan

Aturan Main Pinjaman Online Pribadi yang Perlu Diketahui

pinjaman online pribadi

Pinjaman online pribadi sekarang tampak diminati oleh mereka yang membutuhkan uang secara cepat. Bagaimana tidak? Kamu hanya perlu menyediakan KTP saja ketika pengajuan pinjaman. Uang yang kamu pinjam pun cepat cair karena perjanjian pinjaman sama sekali tidak melibatkan pihak bank.

Sudah ada sekitar 70 perusahaan yang menyediakan layanan pinjaman online pribadi yang terdaftar di OJK. Otoritas Jasa Keuangan menjamin perusahaan-perusahaan tersebut adalah perusahaan yang terpercaya.

Pinjaman dari aplikasi pinjam ini mungkin menguntungkan kamu yang benar-benar membutuhkan uang dengan cepat, tapi akan menjadi kerugian jika kamu sendiri tidak melakukan persiapan, dan belum tahu kinerjanya dengan baik

Seperti inilah aturan main pinjaman online pribadi yang perlu diketahui:

Pelunasan Tidak Harus Menunggu Waktu Sebulan

Kamu bisa melakukan pelunasan pinjaman dalam waktu harian. Misalnya 10 hari waktu yang diberikan kepadamu untuk melunasi pinjaman. Jika kamu tidak mampu melunasi uang itu dalam waktu yang sudah ditentukan, maka kamu harus siap dengan denda yang harus dibayar.

Bunga yang Diterapkan Pinjaman Online Pribadi Adalah per Hari, Bukan per Bulan

Biasanya setiap perusahaan penyedia jasa pinjaman online punya aturan dalam menerapkan bunga. Namun, yang perlu kamu ketahui karena pinjaman online ini berlaku per hari, maka bunganya pun diterapkan per hari. Itu artinya bunga yang diterapkan cukup tinggi. Kadang mereka yang meminjam online jadi kaget karena uang yang harus dilunasinya jadi bertambah berkali lipat, padahal ini bukanlah penipuan, melainkan karena bunga yang diakumulasikan per hari.

Akses Data Ponsel oleh Perusahaan Penyedia Pinjaman

Aturan yang harus diketahui sebelum melakukan pinjaman pribadi online adalah data pribadi ponsel kamu akan diambil oleh perusahaan. Hal ini mencakup kontak-kontak yang ada di ponselmu. Jadi jangan heran ketika kamu belum membayar hingga tenggat waktu, ada orang dari perusahaan pinjaman yang menghubungi teman-temanmu untuk memberikan informasi agar kamu melunasi pinjaman. Ini risiko yang perlu kamu pikirkan sebelum melakukan pinjaman.

Pilih yang Sudah Terdaftar di OJK

Sebelum melakukan pinjaman online pribadi, kamu bisa memeriksa perusahaan pinjaman terpercaya di website OJK. Jangan sampai kamu melakukan pinjaman online di perusahaan yang ilegal karena itu akan menyusahkanmu sendiri. Bisa saja kamu malah tidak mendapatkan pinjaman yang sesuai dengan yang diajukan.

Pikirkan Apakah Kamu Bisa Melunasi Pinjaman Tepat Waktu atau Tidak

Terkadang ketika melakukan pinjaman, sebagian orang hanya memikirkan pinjaman yang akan didapatkan. Sementara itu mereka kurang persiapan dalam melunasi pinjaman. Apalagi ketika sudah jatuh tempo pinjaman dan belum punya uang sama sekali. Di sinilah kamu harus memikirkannya dengan matang apakah kamu bisa melunasi pinjamannya atau tidak agar kamunya sendiri tidak kerepotan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait