Asuransi & BPJS

Daftar Asuransi Kesehatan Terbaik & Cara Memilihnya

asuransi kesehatan terbaik

Ajaib.co.id – Kamu sedang memiliki rencana untuk mendaftar asuransi kesehatan untuk menjaga dan melindungi kesehatan keluarga? Penasaran dengan asuransi kesehatan terbaik dan dapat dipercayai? Simak ulasan dari redaksi Ajaib ini untuk mengetahuinya ya.

Asuransi kesehatan adalah sebuah jenis produk asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan para anggota asuransi tersebut jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan.

Secara garis besar ada dua jenis perawatan yang ditawarkan perusahaan-perusahaan asuransi, yaitu rawat inap (in-patient treatment) dan rawat jalan (out-patient treatment). Untuk kamu ketahui, produk asuransi kesehatan diselenggarakan baik oleh perusahaan asuransi sosial, perusahaan asuransi jiwa, maupun juga perusahaan asuransi umum.

Daftar Asuransi Kesehatan Terbaik

1. BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan merupakan salah satu lembaga atau badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan. Asuransi ini merupakan asuransi dari pemerintah Indonesia yang ditargetkan untuk membantu seluruh masyarakat untuk menikmati premi asuransi dengan harga yang lebih murah dibanding asuransi swasta lainnya.

Di mana, dengan mendaftar BPJS, kamu bisa memebrikan perlindungan untuk seluruh anggota keluarga mulai dari biaya rawat jalan hingga rawat inap. Asuransi ini juga memiliki 3 kelas yang ketiganya dibedakan dari premi yang harus dibayarkan. Di mana, per 1 Juli 2020, tarif iuran BPJS Kesehatan mengalami perubahan yaitu, Rp25.000 untuk kelas 3, Rp100.000 untuk kelas 2, dan Rp150.000 untuk kelas 3.

2. PT Askes Indonesia

Di Indonesia, PT Askes Indonesia merupakan salah satu perusahaan asuransi sosial yang menyelenggarakan asuransi kesehatan kepada para anggotanya yang utamanya merupakan para pegawai negeri baik sipil maupun non-sipil. Anak-anak mereka juga dijamin sampai dengan usia 21 tahun. Para pensiunan beserta istri ataupun suami juga dijamin seumur hidup.

Di luar golongan tersebut pemerintah juga menyediakan program asuransi kesehatan kepada warga berpenghasilan rendah, kini disebut Jamkesmas, jaminan kesehatan masyarakat, di samping program itu yang dibiayai oleh APBN, sejumlah pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota juga punya program serupa yaitu Jamkesda dan Jamkesos seperti, seperti di kabupaten Musi Banyuasin pada 2002.

Selain PT Askes Indonesia, ada tiga perusahaan asuransi kesehatan terbaik yang bisa membuat hidup kamu semakin nyaman. Berikut ini ulasannya.

3. Manulife

Salah satu perusahaan asuransi kesehatan terbaik ini memiliki asuransi kesehatan Syariah, yaitu Berkah HealthSafe. Namun, apa itu Berkah HealthSafe?

Berkah HealthSafe Manulife adalah asuransi tambahan yang memberikan Manfaat Penggantian Biaya Perawatan Rumah Sakit atas dirawatnya Peserta dan keluarganya (jika ada) di Rumah Sakit, yang dilengkapi dengan fasilitas cashless.

Karena asuransi tambahan, kamu harus membeli asuransi dasar, yaitu Berkah SaveLink yang merupakan asuransi jiwa dan investasi sesuai prinsip Syariah.

Premi Asuransi Kesehatan Syariah Manulife (usia 46 tahun, laki–laki dan tidak merokok)

  • Premi Rp15.000.000
  • Cashless; Kamar Rp800.000;
  • Kunjungan Dokter Rp400.000 dan Rp800.000 (Dokter Spesialis)
  • Tidak ada batasan klaim maksimum per tahun
  • Tersedia rawat jalan untuk perawatan cuci darah dan kanker
  • Pada usia 55 tahun, kamu memiliki dana Rp46.836.000 bisa diambil
  • Asuransi Jiwa: Rp50.000.000

Pengecualian Asuransi Kesehatan Syariah Manulife dimana Berkah HealthSafe tidak berlaku dalam keadaan berikut :

  • Keadaan sudah ada sebelumnya, kecuali Asuransi ini sudah berlangsung lebih dari 24 (dua puluh empat) bulan dari tanggal penerbitan Polis.
  • Pelayanan dan perawatan tidak ada hubungan dengan diagnosa atau pengobatan.
  • Rawat jalan, medical check up, pemeriksaan kesehatan.
  • Kelainan bawaan sejak lahir (congenital).
  • Pemeriksaan, Perawatan gigi
  • Bedah kecantikan, bedah konstruksi, kaca mata dan kelainan refraksi mata/komplikasi
  • Kehamilan, melahirkan, keguguran, perawatan sebelum atau sesudah melahirkan, atau penyakit/komplikasi akibat/kecelakaan pada kehamilan.
  • Vaksinasi atau imunisasi.
  • Sirkumsisi kecuali diakibatkan penyakit atau cedera.
  • Pengobatan akibat minuman beralkohol atau zat-zat terlarang, perawatan untuk kecanduan alkohol atau zat-zat terlarang.
  • Tindakan bunuh diri atau melukai diri sendiri baik sadar maupun tidak, menjalani eksekusi hukuman mati oleh Pengadilan, akibat Peserta melakukan kejahatan, akibat kejahatan atau pembunuhan yang dilakukan oleh yang berkepentingan dalam asuransi. Menjalani eksekusi hukuman mati oleh Pengadilan.

4. Allianz Smartmed Premier

Asuransi kesehatan Allianz Smartmed Premier merupakan asuransi kesehatan murni yang diperuntukkan bagi perorangan maupun keluarga. Manfaat perlindungan yang diberikan terhitung lengkap dengan jangkauan luas di seluruh dunia.

Allianz Smartmed Premier tersedia dalam 10 plan dengan manfaat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Adapun, manfaat pertanggungan yang ditawarkan mencapai Rp6.000.000.000 per orang dalam setahun.

Manfaat tersebut meliputi fasilitas rawat inap, manfaat khusus, seperti biaya perawatan kemoterapi, hemodialisis, AIDS, serta biaya penguburan. Nasabah juga bisa menambahkan manfaat pilihan, seperti manfaat melahirkan, rawat gigi, serta rawat jalan.

Semua tindakan yang dilakukan di rumah sakit rekanan Allianz dapat menggunakan fasilitas cashless atau pembayaran non-tunai, sedangkan perawatan yang dilakukan di luar jaringan Allianz dapat tetap mendapatkan ganti rugi dengan menggunakan sistem reimbursement.

Asyiknya, proses klaim reimbursement dapat dilakukan secara online menggunakan aplikasi Allianz Eazy Claim. Nasabah hanya perlu mengirimkan gambar tagihan. Informasi lengkap mengenai manfaat per polis, status klaim yang diajukan, hingga riwayat klaim dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi tersebut.

Terakhir, ada potongan 20 persen untuk premi polis perpanjangan jika nasabah tidak mengajukan klaim selama satu tahun periode asuransi. Pembelian asuransi kesehatan Allianz Smartmed Premier dapat dilakukan dengan menghubungi layanan AllianzCare di 1500 136.

5. Simas Sehat Gold dari Sinarmas

Untuk mendapatkan perlindungan kesehatan dengan biaya terjangkau, Simas Sehat Gold dari Sinarmas dapat dijadikan pilihan. Pembayaran premi Simas Sehat Gold dapat dilakukan secara cicilan, yaitu mulai dari Rp77 ribu per bulan.

Meski murah, jaminan yang diberikan Simas Sehat Gold tergolong lengkap, meliputi rawat inap, ruang ICU, biaya aneka perawatan, biaya operasi, hingga biaya mobil ambulan.

Pengajuan asuransi Simas Sehat Gold cukup praktis karena tidak memerlukan medical check up terlebih dulu. Nasabah hanya perlu melengkapi formulir aplikasi asuransi yang memuat informasi mengenai riwayat kesehatan.

Menariknya, Simas Sehat Gold tidak menetapkan inner limit (kecuali untuk biaya kamar dan biaya ruang ICU/ICCU). Artinya, jaminan akan dibayarkan sesuai tagihan sampai batas limit maksimum per kejadian. Metode pembayaran klaim dapat dilakukan secara cashless untuk perawatan atau tindakan di rumah sakit jaringan Asuransi Sinar Mas.

Sayangnya, pengajuan klaim reimbursement masih dilakukan secara konvensional, yaitu dengan mengirimkan formulir klaim dan dokumen penunjang ke kantor pusat PT Asuransi Sinar Mas. Penggantian klaim dilakukan selambat-lambatnya 14 hari setelah dokumen lengkap dikirim.

Untuk mengajukan permohonan aplikasi Simas Sehat Gold, kamu dapat menghubungi telemarketing Sinarmas di 021 3902141 atau 021 50507888.

Pengecualian dalam asuransi kesehatan

Setiap asuransi atau polis kesehatan memiliki aturan sendiri, ada beberapa risiko yang tidak bisa dicover atau dilindungi. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa kamu harus membaca dengan baik kontrak polis asuransi dan menandatanganinya jika setuju. Biasanya di dalam polis ada beberapa pasal yang menjelaskan bahwa pihak asuransi memiliki klausul pengecualian, di mana perusahaan tidak akan membayar manfaat asuransi dalam hal perawatan dan/atau pengobatan yang berhubungan dengan beberapa hal di bawah ini.

a. Perawatan dan atau pengobatan yang berhubungan dengan penyakit atau luka yang telah ada sebelumnya, termasuk komplikasinya.

b. Penyakit khusus, kecuali polis telah berlaku selama 12 (dua belas) bulan berturut-turut

c. Transplantasi organ, termasuk perawatan dan/atau pengobatan yang berkaitan dengan transplantasi organ.

d. Semua alat penunjang atau alat bantu buatan atau bahan sintetis baik yang di luar atau melekat pada tubuh.

e. Dialisa, termasuk perawatan dan/atau pengobatan yang berkaitan dengan dialisa.

f. Perawatan dan pengobatan eksperimental, tradisional dan/atau alternatif yang di luar ilmu kedokteran barat yang tidak terbatas pada akupuntur (kecuali dilakukan dokter), sinse, dukun patah tulang, paranormal, chiropractornaturopath, holistik, dan sejenisnya.

g. Gangguan kejiwaan atau syaraf termasuk psikosis, neurosis, stres, depresi, psikogeriatrik dan manifestasi fisiologis atau psikosomatis, perawatan penyalahgunaan obat, kecanduan obat dan/atau alkohol.

Jadi, ketika mendapatkan polis penting bagi kamu untuk membacanya sebelum menandatanganinya. Hal ini bisa mengurangi kesalahpahaman atau misscommunication atara pembeli dan pihak asuransi.

Ciri & Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Jika dirasa masih bingung untuk memilih asuransi yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa kamu perhatikan sebelum memilih perusahaan asuransi. Untuk memahami asuransi kesehatan terbaik ada beberapa saran dari pakar keuangan yang akan dirangkum sebagai berikut ini.

1. Jaringan rumah sakit luas

Pilih asuransi yang memiliki jaringan rumah sakit luas dan merata hingga ke seluruh Indonesia maupun luar negeri. Pastikan juga, asuransi tersebut bekerja sama dengan rumah sakit yang berdekatan dengan tempat tinggal, kantor, atau memiliki preferensi dokter tertentu.

2. Sistem cashless

Dengan memilih perusahaan asuransi dengan cashless, kamu tidak perlu repot menyiapkan dana terlebih dahulu, apalagi di sat kondisi darurat. Dengan klaim secara cashless, kamu bisa membawa kartu polis asuransi untuk ditunjukkan kepada pihak rumah sakit yang sudah bekerja sama.

3. Plafon dan premi seimbang

Cari asuransi yang menyediakan plafon dan premi seimbang, jangan sampai premi yang dibayarkan tidak sebanding dengan limit yang diberikan serta manfaat yang didapatkan. Jika sudah memiliki BPJS Kesehatan, kamu bisa memilih premi yang lebih rendah dengan menggabungkan dua manfaatnya, antara BPJS Kesehatan dengan asuransi kesehatan yang kamu miliki.

Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan besaran premi yang harus kamu bayarkan tiap bulannya. Idealnya, premi asuransi berkisar antara 5% hingga 10% dari total pendapatan per bulan. Jadi, misalnya gaji kamu adalah Rp10 juta per bulan, maka kamu bisa menyisihkan dana untuk asuransi antara Rp500 ribu hingga Rp1 juta per bulan.

4. Prioritaskan rawat inap

Biaya kesehatan yang paling mahal biasanya mencakup rawat inap. Jadi, kamu bisa pilih asuransi yang memprioritaskan rawat inap terlebih dahulu. Pasalnya, ada juga asuransi yang hanya meng-cover rawat inap tanpa rawat jalan agar preminya bisa lebih terjangkau. Namun, kamu bisa sesuaikan kembali dengan budget yang kamu miliki.

5. Masa tunggu singkat

Perhatikan juga masa tunggu penyakit yang ditetapkan perusahaan asuransi. Berbeda dengan BPJS Kesehatan yang tidak memiliki masa tunggu, sehingga penyakit bawaan atau penyakit yang sudah diderita pun tetap di cover. Namun, perusahaan asuransi swasta biasanya memiliki ketentuan tentang masa tunggu penyakit. Penyakit kamu gak bisa diklaim jika muncul atau terjadi pada saat masa tunggu. Sebaliknya, jika masa tunggunya sudah lewat atau terlewati, barulah bisa mengklaim sesuai dengan penyakit yang diderita.

6. Premi asuransi kesehatan murni lebih terjangkau

Agar manfaat dari proteksi kesehatan yang kamu dapatkan lebih maksimal, pilih asuransi kesehatan murni yang juga memiliki besaran premi lebih terjangkau. Karena tujuan asuransi kesehatan adalah memindahkan potensi kerugian finansial saat kita sakit atau mengalami kecelakaan.

Jadi, jangan digabungkan dengan manfaat lainnya seperti tabungan masa depan, atau untuk tujuan investasi. Karena dari tujuannya saja sudah berbeda sehingga tidak bisa berjalan seiringan.

Nah, bagi kamu yang sudah memiliki asuransi dan ingin tetap investasi. Kamu bisa pilih investasi secara terpisah dengan memanfaatkan platform investasi terbaik seperti Ajaib.

Dengan Ajaib, kamu bisa memilih instrumen investasi sesuai dengan tujuan keuangan masa depan. Sehingga, kamu bisa mempersiapkan masa tua dengan lebih baik, misalnya untuk dana pendidikan, dana darurat, dana pensiun, dan sebagainya. Jadi tunggu apalagi? Mulai pilih perusahaan asuransi terbaik kamu dan mulailah investasi di Ajaib sekarang!

Artikel Terkait