Arti Investasi dan Manfaat Melakukannya di Usia Muda

arti-investasi

Investasi menjadi kata yang cukup populer di media sosial setahun belakangan. Generasi milenial mulai sadar bahwa berinvestasi menjadi langah yang penting untuk dilakukan. Namun apakah arti investasi sebenarnya? Benarkan kita akan benar-benar mendapatkan manfaatnya atau itu hanya sekedar janji palsu saja.

Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) investas berarti penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Dengan demikian, tujuannya jelas yakni imbal hasilnya memuaskan dan lebih besar dari modal yang ditanamkan. Orang memulai investasi untuk meningkatkan penghasilannya.

Pada zaman dahulu, orang berinvestasi dengan memodali pebisnis dan kemudian mendapatkan imbal hasil. Kemudian ada juga yang membeli rumah, emas, properti dan tanah untuk investasi. Dengan harapan nilai akan naik ketika dijual kembali. Cara tersebut merupakan metode berinvestasi yang sederhana dan banyak dilakukan oleh orang tua kita sebelumnya.

Namun untuk menghadapi tantangan ekonomi di masa mendatang rasanya investasi sederhana saja tidak akan cukup. Maka itulah kemudian muncul beragam produk instrumen investasi modern seperti investasi saham, deposito mata uang asing (valas), reksa dana dan masih banyak lainnya. Tujuannya sama yakni mendapatkan keuntungan dari bentuk investasi yang dipilih.

Perbedaan dari investasi modern yang paling signifikan adalah nilai investasinya yang bisa konsisten mengikuti inflasi. Pasalnya, modal dialokasikan pada instrumen pasar keuangan yang menjadi dijadikan modal untuk banyak kegiatan perekonomian. Misalnya saja melakukan investasi saham berarti menjadi pemodal untuk perusahaan pilihan.

Setelah mengatahui arti investasi, sekarang saatnya kamu memahami alasan sebaiknya berinvestasi sedini mungkin. Alasan utamanya ialah agar kamu punya semakin banyak waktu untuk mengembangkan nilai investasimu. Banyak miliarder terkenal yang kamu kenal saat ini memulai langkah investasimu ketika masih muda.

Kamu bisa menirunya untuk membeli semakin banyak produk investasi ketika masih muda. Mulai dari deposito dengan suku bunga progresif, emas batangan sampai saham, segera miliki salah satu atau semuanya. Selain itu, ketika masih muda juga kamu belum memiliki banyak beban keuangan sehingga bisa mengalokasikan dana lebih untuk investasi.

Mengurai Lebih Jauh Arti Investasi dan Gunanya Untuk Kehidupan Finansialmu

Kamu bisa mendapatkan beragam pengertian investasi bahkan tips dan trik jitu melakukannya namun semua itu akan sia-sia kalau kamu tidak segera mulai beirnvestasi. Ada banyakk arti investasi yang bisa ditemui. Namun pada dasarnya arti investasi adalah untuk memastikan kehidupan finansialmu di masa depan lebih terencana.

Arti investasi akan sangat terasa ketika di masa mendatang kamu bisa melakukan pembayaran DP KPR rumah pertamamu dari imbal hasil produk reksa dana yang dimiliki. Arti investasi akan bisa dirasakan jika biaya masuk universitas anakmu diambil dari deposito dan suku bunga yang didapat. Makna terbaik dari investasi sayangnya tidak akan bisa dirasakan jika kamu tidak mulai berinvestasi sejak usia muda.

Ada yang menganggap bahwa semakin muda berinvestasi, hasil yang diterima akan semakin banyak. Ada pula yang berpendapat bahwa penanaman modal adalah penyelamat saat keuangan tiris. Namun yang pasti, hal ini sangat berarti bagi semua kalangan, termasuk dapat digunakan untuk tabungan di hari tua.

Buat kamu yang masih kuliah atau baru saja bekerja, bisa jadi investasi adalah hal yang memberatkan. Karena kamu harus menyisihkan uang jajan buat sesuatu yang belum dibutuhkan. Tetapi kalau tidak mulai sekarang, kapan lagi? Lebih baik berkorban kecil saat muda, untuk mendapatkan tabungan yang besar di hari tua.

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, berikut adalah manfaat dan arti investasi yang kamu lakukan.

1.  Merealisasikan rencana

Kalau kamu punya rencana istirahat dari kegiatan sehari-hari dan ingin menikmati hidup tenang selama tiga bulan, wujudkan! Tetapi sebelum mewujudkannya, kondisi keuangan kamu juga harus aman. Kamu harus punya modal yang bisa digunakan selama tiga bulan.

Salah satu caranya, berinvestasi di pasar modal. Laba itu nantinya dapat merealisasikan rencana hidupmu. Bukan hanya rencana jangka pendek, rencana jangka panjang pun bisa direalisasikan.

2.  Pemasukan Ekstra

Berinvestasi tidak akan merusak ritme kuliah atau pekerjaanmu, kok. Ketika kamu sudah menanamkan modal, tinggal saja, tidak perlu diutak-atik, atau lihat saat ingin top up. Anggap saja hal itu sebagai tabungan tersembunyi.

Cara ini bisa membantu kamu agar mudah mengumpulkan pemasukan ekstra. Investasi reksa dana atau saham, misalnya. Nantinya kamu akan merasakan manfaat ini ketika butuh dana dadakan dan ternyata kamu punya sejumlah investasi yang bisa dicairkan.

3.  Menghindari Inflasi

Inflasi adalah kenaikan biaya hidup yang berdampak pada keuanganmu. Sebenarnya inflasi tidak bisa dihindari. Tetapi inflasi bisa kamu kendalikan dengan berinvestasi. Karena investasi menawarkan pertumbuhan modal.

Untuk memberikan ilustrasi sederhana soal inflasi, coba simak penjelasan berikut. Pada tahun 2010, mungkin uang Rp15.000 bisa kamu belikan seporsi makan siang dengan lauk ayam, sayuran dan sepotong tempe. Namun pada tahun 2020, untuk mendapatkan lauk yang sama maka kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp25.000. Kenaikan harga inilah yang dinamakan dengan inflasi.

Belakangan ini kenaikan inflasi berkembang sangat pesat sehingga kamu harus pandai menyimpan uangmu agar nilanya terjaga. Misalnya dengan berinvestasi logam mulia, saham, dan reksa dana. Menyimpan uang dengan menabung saja tidak akan mempertahankan uangmu.

4.  Selektif Mengeluarkan Uang

Manfaat berinvestasi lainnya adalah membuatmu selektif dalam mengeluarkan uang. Investasi mengajarkan pelajaran penting tentang uang dan barang. Misalnya, kamu punya barang mahal, tetapi tidak pernah dipakai, apakah barang tersebut bernilai?

Apa bedanya kalau seandainya kamu tidak membelinya? Kan sama-sama tidak terpakai. Kecuali kamu membeli barang untuk keperluan usaha atau pekerjaan.

Hal ini juga berlaku saat kamu membeli kopi. Di cafe, kamu bisa menghabiskan minimal Rp50.000 per gelas x 20 hari kerja = Rp1.000.000 per bulan. Itu hanya untuk kopi. Kalau membuat kopi sendiri di rumah, bisa jadi biayanya jauh lebih murah dengan menggunakan kopi arabika berkualitas di kotamu.

5.  Menyiapkan Dana Pensiun

Arti investasi lainnya adalah menghasilkan laba berlipat. Tetapi mengumpulkan laba membutuhkan waktu, sama seperti masa pensiun. Kalau kamu sekarang baru bekerja, ini adalah usia bagus untuk berinvestasi. Investasi sekarang, kumpulkan laba sebanyak-banyaknya, dan ketika pensiun, kamu bisa menggunakan hasil investasi bersama anak-cucu.

Investasi yang bisa kamu pilih adalah reksa dana atau deposito dana pensiun. Jumlahnya bisa disesuaikan dengan kemampuan finansialmu setiap waktunya. Namun konsistensi dalam jangka waktu panjang tentunya akan memberikan hasil positif untuk stabilitas finansialmu di usia senja nanti.

Investasi memang penting meski tak mudah untuk dilakukan. Tetapi kamu tidak bisa menunggu kaya dulu lalu investasi. Mulai investasi dari nominal kecil dan tingkatkan secara berkala. Nantinya kamu bukan hanya tahu soal arti investasi namun juga membuktikannya langsung memiliki keuangan yang sehat.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang. 

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait