Perencanaan Keuangan

Aplikasi Uangteman, Penyedia Jasa Pinjaman Online Terpercaya

aplikasi uangteman

Ajaib.co.id – Kalau kamu sedang mencari pinjaman yang tidak terlalu besar dan masa tenor pendek, maka bisa mencoba aplikasi Uangteman. Uang teman merupakan aplikasi penyedia jasa pinjaman online yang berbasis P2P Lending dengan sistem elektronik. Uang teman menyediakan pinjaman dalam masa tenor pendek, mulai dari keperluan konsumsi hingga bisnis.

Saat ini, aplikasi Uangteman menyediakan pinjaman bagi masyarakat yang tinggal di Jabodetabek, Yogyakarta, Solo, Magelang, Klaten, Bandung, Semarang, Bali, Surabaya, Makassar, Palembang, Jambi, Lampung, dan Balikpapan.

Uang teman sendiri bertujuan untuk menyediakan pembiayaan secara online. Aplikasi ini juga menjadi alternatif dari model pinjaman konvensional bank atau perusahaan pembiayaan lainnya.

Aplikasi UangTeman Besutan PT Digital Alpha Indonesia

Uangtemanmerupakan bagian dari PT Digital Alpha Indonesia (uangteman) dan Digital Alpha Grup Pte Ltd, yaitu salah satu perusahaan digital keuangan di Asia Tenggara yang juga menyediakan pinjaman online dengan jangka waktu pendek.

Aplikasi pinjaman online ini telah terdaftar dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016. Selain itu, Uang teman juga telah mendapatkan perizinan penuh dengan status berizin melalui nomor registrasi KEP-50/D.05/2019. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir lagi meminjam uang di aplikasi yang telah terdaftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini. Bagi kamu yang ingin melakukan pinjaman di Uangteman, berikut ini adalah penjelasannya.

Pengajuan Pinjaman di Uangteman

Cara mengajukan pinjaman di aplikasi Uangteman cukup mudah. Sebelum melakukan pengajuan pinjaman, sebaiknya kamu memenuhi persyaratan di bawah ini:

a. Berstatus WNI atau Warga Negara Indonesia.

b. Berusia 21 tahun (minimal) dan 55 tahun (maksimal).

c. Memiliki penghasilan minimal Rp2.300.000 (Jabodetabek) dan Rp2.000.000 (luar Jabodetabek).

d. Berdomisili di Jabodetabek, Yogyakarta, Solo, Magelang, Klaten, Bandung, Semarang, Bali, Surabaya, Makassar, Palembang, Jambi, Lampung, dan Balikpapan.

e. Memiliki e-mail­ dan rekening bank pribadi.

f. Menyertakan foto dokumen, seperti KTP, slip gaji, atau surat keterangan penghasilan.

Cara Mengajukan Pinjaman di Uangteman

Jika persyaratan di atas sudah lengkap, maka kamu sudah bisa mengajukan pinjaman di Uangteman. Berikut ini adalah cara mengajukan pinjaman di Uangteman:

a. Mengunjungi laman resmi Uangteman. Kamu juga bisa mengunduh aplikasi Uangteman melalui Google Play Store dan App Store.

b. Klik “Ajukan Pinjaman”.

c. Mengisi formulir pendaftaran dan siapkan dokumen yang diperlukan. Semakin lengkap dokumen yang disiapkan, maka semakin cepat pula proses pencairan dananya.

d. Tunggu hingga mendapatkan notifikasi apakah pengajuan pinjaman disetujui atau tidak.

e. Untuk mengetahui status pengajuan pinjaman, kamu bisa mengeceknya dengan memasukkan nomor ponsel yang telah terdaftar di kolom cek status pinjaman.

f. Jika pengajuan pinjaman disetujui, maka tim verifikasi Uangteman akan menghubungi kamu dalam waktu 3×24 jam untuk proses verifikasi dokumen dan pencairan dana pinjaman.

g. Setelah itu, kamu akan menerima notifikasi melalui e-mail yang ditandatangani secara digital.

Jika sudah melakukan cara di atas, pinjaman dana kamu akan cair dan mendapatkan dana yang sudah disepakati. Perlu diketahui juga, dengan aplikasi ini, data pribadi kamu akan tersimpan dengan aman, karena uang teman menjamin perlindungan konsumen.

Biaya Layanan Pinjaman di Uangteman

Setiap pinjaman yang diajukan, Uangteman akan menetapkan biaya layanan yang dihitung per harinya, yaitu 0,5 persen hingga 0,8 persen. Besaran tersebut dihitung setiap akhir hari sejak hari pertama pencairan pinjaman dana hingga waktu jatuh tempo.

Berikut ini adalah komponen biaya layanan yang dibebankan oleh Uangteman:

a. Suku Bunga dari Pemberi Pinjaman: 15 persen.

b. Biaya Operasional Uangteman: 15 persen.

c. Komisi Uangteman: 20 persen.

d. Biaya Kredit: 50 persen.

Contoh Pengajuan Pinjaman:

Kamu memiliki pinjaman sebesar Rp3.000.000 dengan masa tenor 10 hari. Biaya yang dibebankan adalah 0,8 persen. Lalu, besaran biaya yang akan dibebankan adalah:

Pokok Pinjaman x biaya layanan x masa tenor

Rp3.000.000 x 0,8 persen x 10 hari = Rp240.000

Berarti, total pembayaran yang harus kamu bayar adalah Rp3.240.000.

Cara Pembayaran Pinjaman di Uangteman

Setelah pengajuan pinjaman kamu disetujui, langkah selanjutnya adalah membayar pinjaman tersebut pada bulan berikutnya, dan disesuaikan dengan nominal yang telah disepakati.

Pembayaran pinjaman bisa dilakukan melalui ATM BCA, ATM Mandiri, ALT, Prima, dan Plus. Cara pembayarannya adalah:

a. Masukkan kartu ATM dan PIN.

b. Pilih menu “Transaksi Lainnya”.

c. Klik “Transfer”.

d. Klik “Transfer ke Bank Lain”.

e. Masukkan kode bank (987) + nomor virtual account (sesuai yang ditampilkan).

f. Masukkan nominal atau jumlah pembayaran sesuai yang disepakati. Jika jumlah tagihan tidaksesuai, maka transaksi akan gagal.

g. Layar akan menampilkan informasi: Bank Tujuan, Nomor Rekening Tujuan, Nama, Jumlah yang Ditransfer, dan Nomor Referensi.

h. Klik “Benar” jika data sudah sesuai.

i. Kamu akan menerima struk sebagai bukti transaksi sah. Sebaiknya, foto struk tersebut sebagai alat bukti.

Berapakah Denda yang Harus Dibayar?

Jika sudah waktunya membayar pinjaman, pasti ada saja kendala yang menghambat. Berikut ini adalah penjelasannya:

#1 Denda Tidak Berlaku

Jika kamu melakukan pembayaran pinjaman dalam waktu tiga hari sejak jatuh tempo. Denda Tidak Berlaku disebut sebagai Masa Tenggang.

#2 Denda yang Berlaku

Kalau setelah masa tenggang kamu belum melakukan pembayaran, maka akan dikenakan biaya seperti:

a. Biaya keterlambatan Rp50.000.

b. Biaya keterlambatan per hari Rp10.000.

c. Ongkos layanan normal terhitung sejak dana dicairkan.

d. Biaya 10 persen dari total pembayaran pokok, biaya layanan normal, biaya keterlambatan, dan denda keterlambatan per hari.

Uangteman juga mampu memberikan pinjaman uang dalam waktu 3×24 jam. Tentunya hal ini sangat memudahkan kamu saat membutuhkan uang secara cepat.

Bagi kamu yang tidak berdomisili di wilayah jangkauan Uangteman, maka belum bisa menggunakan layanan pinjaman uang. Ke depannya, Uangtemanakan terus memperluas layanannya untuk memudahkan masyarakat yang membutuhkan dana penting.

Namun, bagi kamu yang tidak suka meminjam uang karena khawatir akan kesulitan dalam melunasi pinjaman, kamu bisa mempersiapkan dana penting atau dana darurat dengan memulai investasi reksa dana di Ajaib.

Dengan Ajaib kamu juga bisa memulai investasi kapan dan di mana saja secara online. Hanya dengan Rp10 ribu kamu sudah bisa memulai investasi dan menyimpan dana untuk kebutuhan darurat kamu di masa yang akan datang. Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai investasi reksa dana sekarang juga di Ajaib!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait