Saham

Aplikasi Saham Andalan Para Trader Saham – Wajib Punya, Nih!

Ajaib.co.id. Pergantian zaman menuntut untuk pandai memanfaatkan kecanggihan teknologi termasuk dalam investasi saham. Jika sebelumnya pelaku pasar modal menerepkan metode manual maka tidak lagi demikian saat ini. Kini tersedia berbagai aplikasi saham yang membantu kebutuhan dalam aktivitas kita di pasar saham.

Aplikasi saham bukan hanya bisa digunakan untuk transaksi saham atau mengetahui harga saham terbaru saja. Banyak yang memiliki fitur lebih termasuk pula memberikan analisa fundamental akan kondisi perusahaan tertentu atau analisa pasar terkini. Penggunannya, apalagi investor pemula, tak perlu lagi repot-repot bingung cara membaca kondisi pasar. Semua kini sudah benar-benar terbantu dengan teknologi salah satunya lewat aplikasi saham yang banyak tersedia.

Mungkin tidak semua investor saham menggunakan layanan aplikasi saham namun sebagai milenial yang internet savvy tentu saja kita tahu kapan harus memanfaatkan teknologi bukan? Jika penggunaannya membuat segalanya lebih mudah dan cepat serta menghasilkan keuntungan yang lebih besar maka kenapa tidak memanfaatkannya.

Fungsi aplikasi saham juga tak hanya itu. Trader saham juga dapat memantau pergerakan saham secara real-time, menerima berita atau notifikasi aksi korporasi tertentu dalam tempo hampir instan, serta melakukan analisis pasar secara langsung pada laptop/PC atau telepon seluler. Berkat kemajuan teknologi informatika, trader dapat menyiapkan “amunisi” lebih komplit untuk terjun ke “medan perang” bernama bursa saham.

4 Rekomendasi Aplikasi Saham Terbaik Untuk Bekal Terjun ke Pasar Modal

Beberapa dekade lalu, trader saham wajib memiliki telepon kabel dan telegram agar dapat menghubungi pialang dengan cepat saat akan membeli atau menjual saham. Seiring perkembangan teknologi, trader saham masa kini tak lagi perlu menyampaikan pesanan via pialang, melainkan dapat langsung mengirim perintah jual/beli melalui aplikasi trading online.

Aplikasi saham mulai banyak digunakan investor di Indonesia baru beberapa tahun terakhir. Namun keberadaannya diakui cukup efektif dan membantu investor dalam mengetahui pergerakan terbaru pasar modal dan mengambil keputusan dalam merespon kondisi terkini itu. Ada sejumlah aplikasi saham yang sudah cukup dikenal misalnya saja IDX Virtual Online Trading atau aplikasi Sinarmas Sekuritas.

Hanya saja kini developer semakin banyak dan tentu saja menambah jumlah aplikasi saham yang bisa dipakai di gadget kita. Semakin banyak “amunisi” yang dipersiapkan, maka makin berwawasan pula lah keputusan investasi yang diambil oleh sang trader. Menariknya, semua “amunisi” tersebut bisa jadi hanya berupa aplikasi yang dapat dipasang pada ponsel kita dengan mudah.

Beberapa aplikasi bahkan dapat dipergunakan secara gratis tanpa beban biaya sepeser pun. Konsekuensinya, trader saham harus memiliki satu atau beberapa aplikasi tertentu agar tidak ketinggalan informasi pasar. Berikut ini adalah sejumlah aplikasi saham yang bisa kamu pertimbangkan untuk dimiliki ketika melantai di bursa saham antara lain:

  • Aplikasi Trading Saham Online

Aplikasi trading saham online merupakan perangkat jual-beli saham yang dibesut oleh perusahaan sekuritas untuk dipergunakan klien-kliennya secara gratis. Setelah seseorang membuka rekening efek di perusahaan sekuritas, maka ia akan memperoleh tautan untuk mengunduh aplikasi beserta rincian kredensial (username dan password) untuk login ke dalam aplikasi tersebut. Aplikasi umumnya tersedia dalam beberapa opsi, termasuk software (untuk di-install pada laptop/PC) dan aplikasi mobile yang dapat diunduh dari PlayStore.

Nama dan fitur setiap aplikasi trading saham online berbeda-beda, tergantung rancangan perusahaan sekuritas terkait. Beberapa aplikasi trading saham populer di Indonesia antara lain Ajaib dari Ajaib Sekuritas, IPOT dari Indo Premier Securities, Neo HOTS dari Mirae Asset Sekuritas Indonesia, MOST dari Mandiri Sekuritas, eSmart dari BNI Securities, dan masih banyak lagi.

Semua trader saham harus memiliki aplikasi trading seperti ini agar dapat memantau riwayat rekening efek-nya dan melakukan jual-beli saham secara online. Fitur lain pada aplikasi seperti chart (grafik) dan data pasar juga akan sangat bermanfaat untuk menambah wawasan trader dalam menyusun analisis teknikal maupun analisis fundamental saham.

  • Aplikasi RTI Business

Selain aplikasi trading saham online yang diberikan oleh perusahaan sekuritas, trader dapat menambahkan beberapa aplikasi lain di gadget masing-masing. Salah satunya RTI Business. Aplikasi yang sangat populer di kalangan trader saham Indonesia ini memuat info pasar komplit yang sebagian diantaranya sudah dimuat dalam aplikasi trading, tapi sebagian lagi hanya tersedia di RTI Business.

Saat pertama kali dibuka, RTI Business akan menampilkan Movers, yaitu daftar saham-saham penggerak pasar dalam satu hari tertentu. Selain itu, fitur utama lain adalah Watchlist yang dapat dikustomisasi sendiri. Trader juga dapat menyaksikan data mata uang (Currency), indeks (Indices), berita saham terkini (News), aksi korporasi (CA News), jadwal rilis berita penting (Calendar), dan lain lain.

Info Market ala RTI Business sangat terperinci. Bukan hanya memuat grafik IHSG melainkan juga Index Diary yang menandai hari-hari bullish dan bearish di Bursa Efek Indonesia (BEI). RTI Business dilengkapi pula dengan grafik dengan perangkat analisis teknikal lengkap per emiten yang disediakan dengan kerjasama TradingView.

Apabila trader merasa aplikasi trading yang diberikan oleh perusahaan sekuritas belum memberikan info pasar secara komprehensif, maka RTI Business dapat menjadi sumber info alternatif. Data disalurkan secara real-time dari Bursa Efek Indonesia (IDX), sedangkan berita ekonomi dan aksi korporasi berbahasa Indonesia selalu di-update setiap hari.

  • Aplikasi Stockbit

Pernahkah terlintas di benakmu untuk sharing atau chatting dengan teman-teman yang lebih berpengalaman sembari trading saham? Jika ya, maka kamu mungkin akan menyukai aplikasi Stockbit. Aplikasi saham ini menyatukan fungsi aplikasi penyedia informasi pasar dengan aplikasi media sosial.

Pengguna aplikasi Stockbit dapat berbagi prediksi, mengomentari berita saham terbaru, mengikuti aksi korporasi terkini, menggunjingkan rumor yang sedang santer diperbincangkan, juga membuat watchlist pribadi. Antar pengguna dapat bertukar pesan langsung pada Stream utama maupun melalui chat pribadi.

Sebagai aplikasi semi-media sosial, Stockbit dilengkapi fitur yang memungkinkan kita sebagai pengguna untuk “mengikuti” topik atau member ala Facebook dan Twitter. Umpama kamu telah memasukkan simbol saham PWON dalam watchlist, maka kamu juga akan selalu mendapatkan info ketika ada berita baru terkait PWON atau kapan pun member Stockbit lain menyebutkan PWON dalam posting mereka.

Paling unik, Stockbit memberikan InsiderNews yang mengabarkan aksi para investor kawakan Indonesia seperti Lo Kheng Hong dan kawan-kawan. Aksi para investor ini biasanya disoroti karena penjualan ataupun pembelian saham tidak hanya berjumlah beberapa lot saja, melainkan mencapai beberapa persen dari volume saham beredar.

Tindakan mereka pun dianggap berlandaskan pertimbangan cermat, sehingga aksi jual maupun aksi beli berpotensi diikuti oleh banyak trader lain. Tak jarang juga dapat memengaruhi pergerakan harga. Sangat menarik, bukan!?

  • Aplikasi Stockbot

Dengan berbekal ketiga aplikasi saham di atas, trader saham mana pun dapat memperoleh lebih banyak bahan pertimbangan untuk menganalisis pasar secara mandiri. Namun, bagaimana jika kita tidak ingin repot-repot menganalisis pasar sendiri, melainkan mengharapkan rekomendasi jual/beli yang dibuat secara objektif dan terbukti andal? Jika demikian, maka aplikasi Stockbot bisa menjadi jawabannya.

Aplikasi Stockbot memantau pergerakan bursa secara otomatis setiap hari untuk menemukan peluang trading saham yang sesuai dengan kriteria teknikal tertentu. Antara lain peluang Buy on Weakness (membeli saham saat harga sedang terkoreksi), Buy on Ranging (membeli saham yang sedang menyamping), Buy on Strength (membeli saham yang sedang reli naik), Rebound (membeli saham yang diperkirakan akan berbalik naik), dan lain sebagainya.

Ada Bandar Detector yang pasti akan sangat bermanfaat walaupun trader tidak berminat main saham gorengan. Tersedia pula daftar dana asing masuk atau ke luar dari saham mana saja.

Rekomendasi yang diberikan oleh aplikasi saham Stockbot terbilang sangat spesifik. Ambil contoh rekomendasi beli TLKM pada gambar di atas. Terlihat ada area harga beli yang disarankan, target profit (TP), dan stop loss (tingkat harga di mana kita terpaksa menjual saham dalam kondisi rugi). Rekomendasi disampaikan secara ringkas dan lugas, sehingga mudah dipahami oleh trader pemula sekalipun.

Member baru dapat memanfaatkan semua fitur aplikasi Stockbot secara gratis selama 7 hari penuh (free trial). Setelah itu, member harus membayar biaya langganan mulai Rp150.000 per bulan. Biaya bisa jadi lebih murah jika berlangganan beberapa bulan langsung. Dibandingkan aplikasi lain yang dapat dimanfaatkan secara gratis, aplikasi Stockbot memang membutuhkan biaya lebih besar. Namun, manfaatnya bisa jadi berkali lipat lebih banyak juga.

Empat aplikasi saham ini kerap direkomendasikan untuk dimiliki oleh trader saham. Tentu saja penggunannya tidak menjamin kesuksesanmu di pasar modal namun paling tidak bisa menambah data untuk pertimbangan langkah yang kamu ambi. Sebenarnya, ada masih banyak lain aplikasi saham yang tersedia dan bisa kamu pakai.

Hanya saja, kamu harus berhati-hati untuk memilih mana yang paling terpercaya dan bisa diandalkan. Kamu juga harus cermat dalam menanamkan investasi sahammu, pastikan sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar tidak terjerat investasi bodong ya.

Dari semua aplikasi saham di atas, mana yang sudah kamu miliki?

Artikel Terkait