Perencanaan Keuangan

Aplikasi Pinjam Kredit Kilat Online Terpercaya di Indonesia

pinjam kredit kilat

Ajaib.co.id – Aplikasi pinjam kredit kilat online selalu menjadi penyelamat ketika kamu membutuhkan dana cepat. Keberadaannya memang telah mengubah pola bisnis perbankan dan industri keuangan. Namun berhati-hatilah dalam mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) agar tak terjebak pinjaman bodong.

Perkembangan zaman dan hadirnya teknologi internet telah menghadirkan adanya jenis pinjaman mudah dari perusahaan fintech. Perusahaan keuangan berbasis startup ini dengan singkat sudah berhasil meraih kepopuleran sendiri di tengah masyarakat.

Betapa tidak, produk yang ditawarkannya menawarkan bantuan keuangan untuk berbagai kebutuhan dengan mudah. Tak perlu barang jaminan untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan. Keunggulan lainya adalah proses pengajuan pinjaman yang singkat dengan waktu bahkan hanya 60 detik saja.

Jika sudah demikian, tak salah kita menyebut pinjaman online ini sebagai fasilitas pinjam kredit kilat.

8 Aplikasi Pinjam Kredit Kilat Terpercaya, Sudah Terdaftar di OJK

Bank dan koperasi sebelumnya menjadi tumpuan masyarakat untuk mendapatkan pinjaman untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari modal bisnis,biaya hidup, kebutuhan pendidikan sampai berbagai tujuan lainnya. Sayangnya cara ini sudah lazim dianggap sulit karena prosesnya panjang dan syarat yang rumit.

Sementera itu, teknologi internet pada dunia keuangan bukan hanya menghasilkan layanan internet banking namun juga hadirnya berbagai fintech. Perusahaan startup ini bertujuan mengakses masyarakat yang selama ini belum bankable. Layanannya menghadirkan solusi bagi masyarakat yang selama ini sulit mendapatkan bantuan pendanaan.

Dengan model produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) kilat, layanan ini dengan cepat mendapatkan tempat di masyarakat. Bisa dikatakan 3 tahun terakhir faslitas pinjam kredit kilat ini tumbuh dengan sangat pesat. Jumlahnya mencapai 161 perusahaan, dengan 25 di antaranya status Berizin sesuai dengan data Otoritas Jasa Keuangan (PJK) pada Februari lalu.

Jumlah penyaluran kreditnya juga tidak main-main menandakan minat masyarakat yang begitu tinggi. Dikutip dari Bisnis.com, Hingga akhir Februari 2020, OJK mencatat penyaluran pinjaman Fintech P2P Lending senilai Rp 95,39 triliun atau meningkat 225,58 persen dari tahun lalu (YoY). Dari sisi lender, sudah ada 630.003 entitas atau naik 156,83 persen YoY, dan jumlah borrower 22,32 juta entitas, naik 267,17 persen YoY.

Hal ini tak lain karena sistemnya yang begitu mudah dan singkat bagi masyarakat awal. Salah satunya adalah menghadirkan sistem pinjam kredit kilat. Pinjaman tersebut cepat cair hanya dalam hitungan hari saja, biasanya 3 hari kerja saja. Bahkan, pinjamannya sendiri bisa masuk ke rekening dalam waktu 24 jam.

Model pinjam kredit kilat seperti ini juga tak butuh aset tertentu unrtuk dijadikan jaminan. Hanya berbekal data pribadi dan e-KTP maka kamu bisa mendapatkan dana yang diperlukan. Bandingkan dengan syarat dari perbankan konvensional yang sangat sulit dipenuhi. Ketika kondisi terdesak, kemudahan dan kecepatan jelas adalah anugerah yang sukar untuk dilewatkan.

Sebelumnya, layanan pinjam kredit kilat harus dilakukan secara tatap muka. Kini, layanan tersebut sudah bisa dilakukan secara online. Layanan yang satu ini bergerak pada sektor peer-to-peer lending atau P2P Lending.

Layanan pinjam kredit online besutan Fintech lebih menarik, karena persyaratannya lebih mudah dan proses pencairannya lebih cepat. Namun, kelemahan dari layanan ini adalah sistem keamanannya. Fintech sendiri berfokus untuk menarik banyak nasabah atau pelanggan. Namun, layanan ini tidak menjelaskan soal biaya dan prosedur cicilan jika telat membayar.

Sudah banyak korban aplikasi pinjam kredit kilat online yang tidak bisa membayar cicilan dan bunganya. Tetapi, masih banyak layanan Fintech yang menyediakan pinjaman aman. Sebagai konsumen, kamu harus jeli dalam memilih layanan yang ditawarkan oleh Fintech.

Saat ini, kamu bisa memilih aplikasi pinjam kredit kilat online yang terpercaya. Berikut ini adalah daftar aplikasi pinjam kredit online yang bisa kamu pilih:

1. Akulaku

Aplikasi Fintech yang satu ini menyediakan pinjaman untuk berbelanja. Fungsi dari Akulaku hampir sama dengan kartu kredit. Perbedaannya adalah aplikasi ini tidak harus melakukan apply dan menyertakan dokumen kepada bank.

Saat ini, Akulaku telah hadir di empat negara, yaitu Filipina, Vietnam, Indonesia, dan Malaysia. Limit pinjaman yang disediakan oleh Akulaku adalah Rp2.000.000 dengan bunga mulai dari 1,5 persen.

2. TunaiKita

Pinjaman online dari TunaiKita berbeda dengan Akulaku, karena dananya akan langsung ditransfer ke rekeningmu jika pengajuannya disetujui. Selain itu, proses klaimnya juga selesai dalam satu hari.

Terdapat empat jenis layanan pinjaman dari TunaiKita, yakni:

Premier+

  • Limit pinjaman: Rp4.000.000-Rp20.000.000.
  • Tenor pinjaman: 3 hingga 6 bulan.
  • Biaya jasa per hari: 3 hingga 8 persen.
  • Biaya admin (satu kali): Rp100.000-Rp150.000.

Sakti+

  • Limit pinjaman: Rp4.000.000-Rp20.000.000.
  • Tenor pinjaman: 3 hingga 6 bulan.
  • Biaya jasa per hari: 2,75 hingga 7,75 persen.
  • Biaya admin (satu kali): Rp100.000-Rp150.000.

Fast

  • Limit pinjaman: Rp500.000-Rp5.000.000.
  • Tenor pinjaman: 10 hingga 30 hari.
  • Biaya jasa per hari: 0,5 persen.
  • Biaya admin (satu kali): Rp37.500-Rp400.000.

Sakti

  • Limit pinjaman: Rp500.000-Rp5.000.000.
  • Tenor pinjaman: 10 hingga 30 hari.
  • Biaya jasa per hari: 0,4 hingga 0,5 persen.
  • Biaya admin (satu kali): Rp30.000-Rp395.000.

3. Kredivo

Aplikasi pinjam kredit kilat ini merupakan salah satu pesaing berat Akulaku. Namun, ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Kredivo, yaitu pembelian tanpa uang muka hingga Rp3.000.000 dengan tenor selama 30 hari.

Kredivo menerapkan persyaratan khusus mengenai minimal penghasilan serta domisili untuk proses pendaftaran. Pinjaman kilat dari aplikasi ini bisa langsung diklaim dalam hitungan menit setelah proses verifikasi.

4. IndoDana

IndoDana juga menyediakan layanan pinjam kredit kilat dengan limit sebesar Rp500.000-Rp8.000.000 dan tenor selama satu hingga enam bulan. Aplikasi ini dapat mengetahui jumlah cicilan selama per bulan setelah kamu memasukkan data pinjaman dan tenornya.

Jika kamu meminjam Rp3.000.000 dengan tenor 3 bulan, maka jumlah cicilan per bulannya adalah Rp1.339.000. Jika tenornya selama 6 bulan, maka cicilan per bulannya adalah Rp2.561.500. Dana pinjaman dari IndoDana bisa dicairkan dalam waktu 2 x 24 jam.

5. Kredit Pintar

Aplikasi Fintech ini dapat mencairkan pinjaman kilat dalam waktu satu jam saja. Pinjaman yang disediakan oleh Kredit Pintar mencapai Rp2.000.000 dengan tenor selama tiga bulan. Bunga yang ditawarkan pun bervariasi, tergantung dari jumlah pinjaman dan tenor yang kamu inginkan. Biaya-biaya lainnya juga bisa kamu lihat melalui aplikasi Kredit Pintar.

6. DBS

Dana Bantuan Sahabat (DBS) menawarkan jumlah pinjaman sebesar Rp20.000.000 hingga Rp300 juta dengan masa tenor 12 sampai 36 bulan. Suku bunga dari DBS pun terbilang cukup ringan, yakni hanya 0,88 persen per bulannya untuk Jabodetabek dan 1,49 persen untuk Bandung serta Surabaya. Bunga tersebut berlaku secara flat alias tetap.

Layanan pinjaman DBS belum menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Padahal, aplikasi ini memiliki keunggulan yang sangat menarik, karena kamu tidak perlu memiliki Kartu Kredit jika ingin mengajukan pinjaman.

7. TunaiKu

TunaiKu merupakan layanan pinjam kredit kilat dari PT Bank Amar Indonesia. Bank ini termasuk lawas, karena sudah hadir sejak 1991 silam. Maksimal dana yang bisa dipinjam dari TunaiKu adalah Rp20.000.000 dengan tenor maksimal 20 bulan dan minimal enam bulan.

8. KTA Standard Chartered

Standard Chartered juga menawarkan pinjaman kilat online. Nominal pinjaman yang disediakan adalah Rp5.000.000 hingga Rp300 juta bagi karyawan, wiraswasta, dan profesional. Nasabah yang diprioritaskan untuk menggunakan layanan ini harus berdomisili di Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Surabaya.

Namun, kamu harus memiliki Kartu Kredit untuk mengajukan pinjaman di KTA Standard Chartered. Hal tersebut menjadi kompensasi atas jaminan untuk pinjaman yang diajukan. Bunga yang ditawarkan pun cukup rendah, yaitu mulai dari 0,65 persen per bulannya dengan tenor selama lima tahun.

Delapan aplikasi di atas adalah perusahaan penyedia layanan pinjam kredit kilat terpercaya di Indonesia. Keberadaannya sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga kamu tak perlu khawatir datamu akan disalahgunakan. Waspada dengan praktik pinjaman ilegal di Indonesia yang sudah mencapai 2.486 entitas.

Kamu juga tak perlu takut suku bunga yang dikenakan akan mencekik leher. Namun, kamu harus jeli dalam memilih aplikasi tersebut dengan menyesuaikan kebutuhan dan keinginan. Pasalnya, layanan pinjamn kredit kilat ini memang memberikan bunga pengembalian yang teramat tinggi. Jangan sampai kamu gegabah mengambil pinjaman konsumtif untuk kemudian dipakai untuk hal yang tak bermanfaat.

Jangan Gampang Tergoda Pinjaman Online

Jumlah pengajuan pinjaman online selama pandemi Corona tercatat mengalami kenaikan. Hal ini tak lain karena kesulitan ekonomi yang muncul akibat penyebaran virus ini. Berbagai aktivitas ekonomi melambat sehingga banyak terjadi PHK.

Dikutip dari Katadata.co.id, pengajuan pinjaman meningkat 40% selama bulan April di aplikasi Uang Teman. Kebanyakan pengajuan kredit ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Meski tak ada data pasti, kemungkinan masyarakat yang mengajukan pinjaman ini merupakan masyarakat yang terdampak pandemi.

Meski demikian, opsi memanfaatkan layanan pinjam kredit kilat selama Corona bukan lah ide yang bijak. Mungkin kamu akan mendapatkan solusi instan namun bisa saja mendatankan masalah di kemudian hari. Pertama jika kamu salah pilih aplikasi penyedia layanan pinjam kredit kilat ini.

Kedua adalah persoalan suku bunga yang tinggi. Karena itu pastikan kamu melihat dan menghitung secara jeli mengenai bunga yang ditawarkan perusahaan pinjaman online. Pasalnya masyarakat sering terjebak pada penawaran bunga murah yang dibayar secara harian, padahal jika dikalkulasi secara tahunan nominalnya tak masuk akal.

PInjaman dari lembaga perbankan biasanya dipatok dengan besaran bunga 11% sampai 12% per tahun. Namun pinjaman online bisa jauh lebih besar dari itu. Karena itu kamu harus mengkalkulasikannya dengan tepat.

Kamu juga harus menyesuaikan jumlah pinjaman dengan kemampuan bayar. Jika nominal pinjaman melebihi kemampuan membayar nasabah, maka besar kemungkinan rentan tak bisa membayar cicilan sesuai dengan waktu yang disepakati.

Dalam menghadapi masa sulit ini ada baiknya kamu mencari alternatif tambahan penghasilan dibandingkan mengambil layanan pinjam kredit kilat. Bisa dengan berjualan online atau opsi pekerjaan lainnya. Selain itu, kamu bisa mencairkan aset yang dimiliki selama ini baik dengan menjualnya atau menggadaikannya sementara waktu.

Bacaan menarik lainnya:

Affa, Robert C. & M.D. JK Lasser. (2001). Expert Financial Planning. JohnWiley & Son, Inc.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait