Cryptocurrency

Aplikasi Mining DroidMiner: Cara Menggunakannya

Ajaib.co.id – Setiap orang di luar sana mungkin sudah tidak asing lagi dengan cryptocurrency, di mana kamu bisa mendapatkan Bitcoin bukan dari trading saja, melainkan  kini kamu bisa mendapatkannya secara gratis dengan menggunakan aplikasi mining seperti DroidMiner.

Bagi kamu yang belum mengenal DroidMiner apk itu apa, redaksi Ajaib akan membahas sejumlah fakta menarik dari salah satu aplikasi mining gratis satu ini, mulai dari apa itu DroidMiner hingga bagaimana cara menggunakannya. 

Apa Itu Mining pada Cryptocurrency?

Dalam dunia cryptocurrency, kita mengenal adanya istilah “mining”, mining adalah salah satu cara yang bisa masyarakat lakukan untuk bisa memperoleh Bitcoin. Bitcoin pertama kali diperkenalkan ke publik pada 2008, sejak saat itu mata uang uang virtual satu ini terus mengalami perkembangan hingga sepopuler seperti sekarang.

Tahun 2021 bisa dikatakan sebagai tahunnya Bitcoin. Mengapa? Lantaran, pada akhir 2020 hingga awal 2021 harga Bitcoin terus mengalami penguatan. 

Penguatan harga ini terus terjadi hingga April 2021, puncaknya adalah ketika harga Bitcoin memecahkan rekor tertingginya yakni menyentuh level Rp939,99 juta pada 14 April 2021.

Ini adalah momen yang tentu sulit untuk dilupakan oleh para investor cryptocurrency di luar sana. Lantaran, sepanjang 2020 banyak pengamat yang menilai bahwa kepopuleran Bitcoin sudah habis, namun faktanya tidaklah demikian karena harga Bitcoin kembali meroket di 2021.

Dengan ekspektasi bahwa harga Bitcoin akan terus bergerak naik. Hal inilah yang mendasari mengapa banyak masyarakat yang ingin memperolehnya dengan cara mining

Walaupun begitu, mining Bitcoin bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Melainkan, terdapat masalah yang sering dihadapi masyarakat saat ingin memperoleh Bitcoin dengan cara mining, misalnya mahalnya biaya untuk menyiapkan perangkat untuk mining Bitcoin. 

Bayangkan saja, setidaknya kamu butuh dana hingga belasan juta untuk menyiapkan berbagai kebutuhan mining. Mulai dari software hingga hardware yang tentunya harus punya spesifikasi yang tinggi.

Cara kerja mining sebenarnya seperti seorang perantara yang melakukan verifikasi terhadap transaksi Bitcoin yang sedang terjadi. Untuk satu blok blockchain yang bisa kamu verifikasi, kamu bisa mendapatkan fee dalam bentuk Bitcoin sebesar 6,25 BTC. 

Besaran upah mining ini tentunya berbanding lurus dengan dana yang perlu kamu siapkan saat membangun sebuah perangkat mining. Oleh karenanya, sebelum memulai mining Bitcoin kamu perlu menghitung terlebih dahulu apakah modal yang sudah dikeluarkan worth it atau tidak dengan upah yang diperoleh.

Karena kamu bukan hanya perlu mengeluarkan modal besar di awal, melainkan kamu juga perlu menanggung biaya-biaya lainnya, contohnya penggunaan listrik.

Semakin tinggi spesifikasi komputer yang kamu miliki, hal ini tentu semakin memudahkan kamu dalam mining Bitcoin. Karena pekerjaan mining akan bisa dilakukan lebih cepat dan tentunya fee Bitcoin yang kamu peroleh juga semakin cepat pula.

Mahalnya biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah komputer untuk mining. Hal ini menjadikan mining dengan komputer spesifikasi tinggi tidak cocok bagi kamu yang masih pemula.

Walaupun begitu, kamu masih tetap bisa merasakan pengalaman mining Bitcoin melalui sejumlah aplikasi mining yang ada saat ini secara gratis. Salah satu aplikasi mining gratis terbaik yang bisa kamu gunakan adalah DroidMiner.

Apa Itu DroidMiner APK?

Untuk saat ini, aplikasi DroidMiner hanya bisa kamu gunakan di perangkat Android. Di aplikasi ini, kamu bisa mining Litecoin, Bitcoin, Dogecoin, dan sejumlah cryptocurrency lainnya.

Walaupun bisa kamu gunakan secara gratis, namun aplikasi DroidMiner sangat memanjakan para penggunanya. Lantaran, aplikasi ini bebas dari iklan yang tentunya terkadang hal ini bisa mengganggu kenyamanan pengguna.

DroidMiner juga menawarkan sejumlah fitur menarik, misalnya pengguna masih bisa menjalankan aplikasi ini yang tetap running di background.

Selain itu, ketika ponsel HP-mu sedang melakukan pengisian daya baterai, aplikasi ini bisa menonaktifkan program yang sedang berjalan secara otomatis. Keren bukan?

Itulah gambaran singkat dari aplikasi DroidMiner yang saat ini sedang naik daun di masyarakat.  Aplikasi satu ini bisa kamu jadikan sebagai alternatif cara mining murah dan minim biaya.

Cara Menggunakan DroidMiner

Menjalankan mining lewat DroidMiner tidak sesulit ketika kamu melakukan solo mining. Di mana, ketika kamu solo mining banyak hal yang perlu dipersiapkan, mulai dari perangkat, software, tempat, dan juga listrik.

Namun tidak dengan DroidMiner, bermodalkan paket internet/WiFi di rumah dan juga ponsel pintar, kamu sudah bisa memulai kegiatan mining tanpa khawatir tagihan listrik jebol.

Ini adalah cara mining di Android dengan mudah yang bisa dilakukan oleh setiap orang di luar sana. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh terlebih dahulu DroidMiner apk yang tersedia di Google Play Store.

Selanjutnya, kamu perlu mendaftarkan akun di aplikasi tersebut, dan berikutnya kamu sudah bisa memulai mining di Android melalui DroidMiner. Aplikasi ini dinilai aman bagi pengguna karena tidak terselip malware, yang banyak kita jumpai terdapat di berbagai aplikasi bodong.

Di luar sana, banyak yang tertipu dengan aplikasi mining crytpocurrency bodong. Di mana, salah satu cara aplikasi bodong tersebut memperdaya para korbannya adalah dengan menawarkan fitur langganan untuk bisa meningkatkan performa mining. Namun janji manis tersebut hanyalah sekedar omong kosong. 

Jangan Gunakan 8 Aplikasi Cryptocurrency Mining Ini Karena Bodong

Berdasarkan informasi yang dikutip dari Trend Micro, sebuah perusahaan di bidang keamanan software. Setidaknya, ada 8 aplikasi mining cryptocurrency palsu yang kini beredar di masyarakat. Ini dia daftarnya.

  1. Bitcoin Miner.
  2. Bitcoin (BTC).
  3. BitFunds.
  4. Daily Bitcoin Rewards.
  5. MineBit Pro.
  6. Ethereum (ETH).
  7. Bitcoin 2021.
  8. Crypto Holic.

Itulah daftar aplikasi cryptocurrency mining bodong menurut Trend Micro. Untuk menghindari risiko penipuan investasi yang marak di internet. Pastikan, sebelum berinvestasi kamu sudah melakukan riset terlebih dahulu dan bukan hanya berinvestasi sekedar ikut-ikutan tren saja.

Pilihlah investasi yang cocok dengan profil risiko dan tujuan keuangan kamu. Ini adalah strategi investasi yang aman agar risiko kerugian selama investasi bisa diminimalisir sekecil mungkin. 

Untuk pemula, sebaiknya kamu berinvestasi di jenis instrumen investasi minim risiko terlebih dahulu, seperti reksa dana yang bisa kamu investasikan di aplikasi Ajaib.

Jika kamu sudah punya pengalaman investasi dan keberanian untuk menanggung risiko investasi yang lebih besar, tidak ada salahnya untuk terjun investasi di saham. Kedua instrumen investasi ini bisa dengan mudah kamu investasikan secara bersamaan di aplikasi Ajaib.

Artikel Terkait