Saham

Aplikasi Membeli Saham yang Bikin Semangat Berinvestasi

aplikasi membeli saham

Salah satu hal yang bikin semangat berinvestasi adalah fasilitas yang mempermudah dalam menanamkan modal. Jika investasi saham, berarti harus ada cara mudah bagi investor untuk membeli, memantau, hingga menjual sahamnya. Dan hal itu dapat ditemukan di aplikasi membeli saham.

Investasi saham merupakan salah satu cara melipatgandakan kekayaan yang hasilnya dapat digunakan untuk mewujudkan cita-cita (membeli rumah, kuliah, ibadah, dan lainnya), untuk dinikmati ketika pensiun, dan melawan inflasi. Memang, tak sedikit orang yang bilang investasi saham berisiko tinggi. Namun imbal hasilnya juga tinggi.

Dulu, sebelum berinvestasi saham, investor harus menyambangi perusahaan sekuritas untuk membuat rekening efek. Membeli saham pun demikian, harus datang ke kantor sekuritas atau menelpon sang pialang atau broker

Kini semua mudah. Teknologi mengubah sekaligus mempermudah cara seseorang dalam menjalankan aktivitas. Tak terkecuali di dunia investasi. Karena sudah beberapa tahun ini, kamu bisa membuka rekening efek dan membeli saham secara daring atau online. Lebih tepatnya dilakukan melalui situs atau aplikasi di App Store dan Play Store.

Lewat ponsel pintar, kamu tak hanya bertransaksi melainkan juga memantau aksi korporat, plus mendapatkan info terkini dari lantai bursa hingga berita ekonomi global. Dengan demikian, kamu mendapatkan ilmu serta pemahaman mengenai dunia pasar modal. Fitur aplikasi membeli saham juga ikut berperan dalam keputusanmu dalam bertransaksi.

Aplikasi membeli saham yang bagus dan terpercaya? Kami merekomendasikan lima aplikasi yang bikin kamu semakin semangat berinvestasi.

RTI Business

Aplikasi membeli saham yang banyak direkomendasikan oleh investor maupun trader saham adalah RTI Business. Ini adalah aplikasi saham yang memberikan data terbaru dari Bursa Efek Indonesia (BEI), grafik, analisis, aksi korporat, profil dan transaksi emiten, sampai berita ekonomi terbaru secara real time.

Aplikasi dari PT RTI Infokom memiliki fitur Calender yang berisi aksi korporasi emiten. Seperti IPO, RUPS, pembagian dividen, hingga right issue. Fitur Financials memuat informasi kinerja emiten secara lengkap selama lima tahun terakhir.

Aplikasi juga dilengkapi fitur IDX Virtual Online Trading. Di mana investor pemula dapat dapat melakukan simulasi investasi atau trading saham dengan modal Rp100 juta. Aplikasi memberikan pengalaman nyata kepada investor pemula bagaimana membeli atau menjual saham.

Stockbit

Selain RTI Business, kamu dapat menggunakan aplikasi satu ini. Stockbit merupakan aplikasi untuk berinvestasi atau trading saham, menganalisis saham, laporan keuangan emiten, jadwal korporasi, serta berdiskusi secara real time. Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu harus mendaftar ke Sinarmas Sekuritas. Karena aplikasi bekerja sama dengan perusahaan tersebut.

Di dalam aplikasi, selain berinvestasi, kamu dapat memainkan game virtual. Fitur game tersebut merupakan simulasi trading saham sesuai pergerakan saham di BEI. Fitur Chat memberikan kesempatan investor untuk berdiskusi dengan investor maupun trader saham lain. Fitur tersebut sangat berguna, terutama untuk pemula, agar lebih memahami tentang seluk beluk saham.

Nabung Saham GO

Nabung Saham GO merupakan aplikasi game yang melakukan simulasi investasi saham yang menyenangkan sekaligus edukatif. Karena ini adalah aplikasi belajar investasi saham dengan menggunakan avatar menarik. Pembuatan aplikasi atas prakarsa BEI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan PT Winratama Perkasa (WinGamers).

Kamu bisa mengunduhnya di Play Store maupun App Store, lalu daftarkan diri dengan mengikuti petunjuk yang ada. Setelah itu, pengguna akan memainkan avatar yang bekerja sebagai karyawan berpenghasilan Rp2,000 per 10 detik. Agar semangat berinvestasi, ia akan diberikan uang sebesar Rp100 juta dan dapat menambah uang tersebut. Caranya dengan berinvestasi saham, menjawab pertanyaan kuis, dan menambah skill.

Berdasarkan situs nabungsahamgo.com, game simulasi memiliki 10 emiten, satu harga untuk Buy dan Sell, perubahan harga saham tetapi tidak real time, daftar portofolio yang dimiliki oleh pengguna, kompetisi trading, statement of account, dan Bid Offer.

StockMarketSim

Ada yang mengatakan bahwa cara belajar yang menyenangkan dilakukan dengan bermain. Bahkan bermain (game) di lantai bursa saham negara lain. StockMarketSim membuktikannya. Ini bukan aplikasi membeli saham sungguhan. Melainkan game virtual tentang pasar saham dari perusahaan pengembang piranti lunak, LineCentury, Inc. Game sangat mudah dioperasikan dan menyenangkan untuk dimainkan.

Di game ini, kamu bisa investasi atau trading saham dengan dana USD10,000 di bursa saham. Tersedia bursa saham dari Indonesia, Australia, Inggris, dan masih banyak negara lain. Kamu bisa bertransaksi kapan dan di mana saja. Dengan memainkan StockMarketSim, kamu mengetahui bagaimana bursa saham bekerja, mempelajari pergerakan saham, dan bagaimana mendapatkan imbal hasil tinggi.

IPOTGO

IPOTGO merupakan aplikasi dari PT Indo Premier Sekuritas yang memberikan kesempatan kepada investor untuk membuat rekening efek hingga bertransaksi saham melalui ponsel pintar. Aplikasi memberikan data secara real time berdasarkan perdagangan di BEI.

Selain itu, aplikasi dilengkapi dengan fitur yang bisa membandingkan antar instrumen investasi, data dan grafik, heatmap, kalkulator multifungsi, serta berita terbaru mengenai dunia keuangan dan investasi.

Dalam berinvestasi saham, penting sekali untuk mempelajari analisis fundamental dan teknikal. Hal tersebut akan membantumu untuk membeli saham yang potensial untuk mendapatkan hasil optimal. Di samping itu, kamu bisa menghindari saham gorengan dan saham nyangkut.

Kalau membutuhkan referensi lain dalam berinvestasi saham, kamu dapat mengakses Ajaib. Karena di sini tersedia berbagai informasi dan cara berinvestasi tentang reksa dana saham plus tersedia prospektus dan lembar fakta. Ada pula informasi mengenai reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, dan campuran.

Hal penting dari kegiatan investasi yang wajib kamu perhatikan adalah perizinan. Jika aplikasi tersebut untuk transaksi saham, pastikan ia telah mengantongi izin dari OJK.

Bacaan menarik lainnya:

Jogiyanto, H. (2015). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Jakarta: Rajawali Pers.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait