Investasi

Aplikasi Investasi Terbaik di Tahun 2020, Sudah Mencobanya?

aplikasi investasi terbaik

Ajaib.co.id – Beruntunglah kamu yang berinvestasi di era digital ini. Pasalnya, kamu bisa berinvestasi melalui platform aplikasi yang jauh memudahkan dan menguntungkan kamu. Lalu, aplikasi investasi terbaik apa saja yang ada di tahun 2020 ini? Yuk simak ulasan redaksi Ajaib mengenai aplikasi investasi terbaik ini.

Kecanggihan teknologi memang memudahkan hidup manusia dalam berbagai aspek seperti bisnis, pengelolaan keuangan, hingga untuk berinvestasi sekalipun. Karena kehadiran aplikasi investasi, kamu sekarang sudah bisa berinvestasi di mana saja dan kapan saja hanya dengan bermodal smartphone dan internet.

Bahkan, di beberapa aplikasi investasi terbaik, yang kamu dapatkan bukan sekedar untuk transaksi investasi. Namun, ada juga yang menyediakan informasi-informasi seputar investasi, forum investasi, hingga menawarkan kemudahan untuk menganilis pergerakan saham.

Berbagai fitur di aplikasi investasi itu bisa kamu manfaatkan dengan gampang, bahkan untuk sekelas investor baru sekalipun. Bagi kamu yang ingin memulainya, berikut daftar aplikasi investasi terbaik di tahun 2020:

Fitur-fitur dalam aplikasi investasi saham akan sangat membantu seperti untuk mempelajari faktor penentu tingkat kepercayaan broker yang menjual saham, memahami lebih dalam cara membaca pergerakan saham dan cara membeli atau menjual saham.

Ajaib

Ajaib bisa dijadikan sebagai aplikasi investasi reksadana online terbaik. Pasalnya, Ajaib menawarkan investasi reksadana secara online yang hanya membutuhkan modal Rp10 ribu. Saking praktisnya aplikasi ini, kamu hanya membutuhkan waktu 30 detik dari smartphone kamu untuk berinvestasi.

Bukan hanya itu, Ajaib mendesain aplikasinya begitu ramah untuk pemula. Contohnya, untuk investasi reksa dana, kamu tidak perlu lagi repot menganalisis opsi-opsi yang belum tentu kamu mengerti, karena Ajaib sendiri secara otomatis akan memberikan rekomendasi reksa dana terbaik yang cocok untuk kamu.

Untuk membuka akun Ajaib juga tidak memerlukan proses yang sulit seperti penyertaan dokumen fisik atau harus bertemu dengan staf terlebih dahulu. Pasalnya, kamu bisa melakukan semuanya secara online dengan cepat, bahkan tidak lebih dari 5 menit.

Ajaib juga menawarkan gratis biaya transaksi. Hal ini sangat penting lho, karena seringnya banyak yang memberlakukan biaya transaksi atau bahkan ada biaya tersembunyi yang dibebankan saat penarikan. Selain itu juga, karena diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Ajaib tentunya aman dan memiliki tingkat kredibilitas yang baik.

Di luar hal-hal yang berkaitan dengan investasi, Ajaib juga menyediakan blog yang berisi informasi dan edukasi mengenai investasi. Sebenarnya bukan hanya investasi, karena kamu bisa menemukan berbagai artikel menarik lainnya seperti bisnis, pengelolaan keuangan, dunia kerja, dan masih banyak lagi.

RTI Business

Di nomor 2, ada RTI Business yang memang menjadi aplikasi investasi saham yang lengkap. Mulai dari pembukaan rekening, informasi saham, hingga fitur-fitur untuk menganalisis saham bisa kamu dapatkan melalui RTI Business. Sama seperti Ajaib, RTI Business juga sudah terdaftar di OJK sehingga aplikasi ini bisa dipercaya.

RTI Business juga memungkinkan kamu melihat informasi dari Bursa Efek Indonesia secara real-time. Jadinya, kamu bisa melihat detail pergerakan saham sebelum memutuskan untuk memulai transaksi saham yang juga bisa dilakukan di aplikasi ini.

Untuk mengelola investasi saham kamu, RTI Business memang bisa dibilang jempolan. Karena kamu juga bisa melihat histori transaksi saham kamu secara terperinci. Namun, untuk investor pemula, kamu harus belajar istilah-istilah di dalam dunia investasi terlebih dahulu agar bisa lebih mengoptimalkan penggunaan aplikasi ini.

Stockbit

Sebagai aplikasi yang terdaftar di OJK juga, aplikasi investasi Stockbit bisa dijamin aman. Aplikasi ini sering dimanfaatkan sebagai tempat diskusi terkait dunia investasi. Pasalnya, Stockbit memang menyediakan kolom diskusi yang menghasilkan komunitas-komunitas saham yang asik untuk diajak tukar pikiran.

Apa sarana yang ditawarkan Stockbit hanya sebatas diskusi? Tentu tidak, pasalnya kamu bisa membuka rekening via aplikasi ini dan jual beli saham secara langsung. Agar kamu tidak salah langkah, Stockbit juga menyediakan virtual trading di mana kamu bisa melakukan latihan berinvestasi saham.

Hal tersebut pastinya penting, karena dengan berlatih melalui virtual trading ini, kamu bisa mengasah insting kamu dalam berinvestasi saham sekaligus mengasah kemampuan analisis kamu dalam mengamati pergerakan pasar saham.

Kiat Berinvestasi di Tahun 2020

Beli Saham dari Perusahaan yang Likuid

Perusahaan yang likuid ini bisa diartikan sebagai perusahaan yang mampu menunaikan kewajiban finansialnya kepada investornya. Bisa dikatakan juga, perusahaan-perusahaan ini memiliki finansial yang sehat sehingga kamu tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu terjadi hal yang bisa membuat investasimu merugi seperti pandemi virus corona ini.

Karena, perusahaan yang likuid cenderung bisa bertahan dan kembali stabil setelahnya. Selain itu, karena mampu menunaikan kewajiban finansialnya, biasanya perusahaan-perusahaan seperti ini rajin membagikan deviden di tiap tahunnya.

Pertajam Kemampuan Analisis

Yang paling membedakan antara berinvestasi dan judi adalah proses dalam mengambil keputusan. Bila dijudi, kerap kali orang mengandalkan perasaan, insting, ataupun keberuntungan semata. Namun, hal tersebut tidak berlaku di dunia investasi.

Karena, kamu tidak bisa bereaksi dengan pergerakan saham hanya mengandalkan keberuntungan saja, tetapi harus juga melibatkan analisis agar tidak salah langkah. Dalam investasi, analisis yang biasa dilakukan adalah analisis teknikal dan analisis fundamental. Perbedaan keduanya adalah sebagai berikut:

Analisis teknikal: Analisis yang acuannya adalah histori pergerakan saham melalui grafik atau chart. Seperti namanya, analisis memiliki teknik-teknik agar kamu bisa memprediksi ke mana saham akan bergerak. Dari sana, kamu bisa memutuskan untuk menjual, membeli atau menahan saham yang kamu punya.

Analisis Fundamental: Untuk analisis fundamental, biasanya mengandalkan laporan keuangan perusahaan dan kinerja perusahaan yang ingin diinvestasikan. Dari kedua hal tersebut, nantinya kamu bisa melihat apakah perusahaan ini likuid atau tidak. Biasanya analisis ini dibutuhkan untuk kebutuhan investasi jangka panjang.

Jangan Panik

Semenjak ada pandemi virus corona, banyak investor yang panik dengan indeks harga saham yang anjlok turun. Karena takut merugi semakin jauh, banyak dari mereka yang memutuskan untuk melepas saham mereka dalam keadaan rugi.

Walaupun hal tersebut tidak salah, karena bisa memotong kerugian yang lebih banyak, tetapi hal itu tidak dapat dibenarkan bila dilakukan karena panik. Mengapa? Ketika panik, orang tidak bisa berpikir jernih dan tidak bisa menganalisis bagaimana masa depan saham tersebut.

Padahal jika dipikirkan, pandemi mungkin akan berlalu, dan perusahaan-perusahaan yang sehat bisa menemukan jalan untuk membuat harga saham mereka kembali menguat. Bila skenario ini terjadi, maka mereka yang menjual saham di kondisi pandemi ini bisa merugi.

Demikian pembahasan mengenai aplikasi investasi terbaik dan tips untuk berinvestasinya. Jadi, mana aplikasi yang menurut kamu paling nyaman untuk digunakan?

Artikel Terkait