Teknologi

Aplikasi Flip yang Memberikan Transfer Gratis Antarbank

Ajaib.co.id – Kamu pastinya sering melakukan kegiatan transfer bank, baik itu antara bank yang sama atau bank yang berbeda. Transfer antara bank yang sama tidak akan kamu ambil pusing karena umumnya tidak diharuskan membayar biaya administrasi. Lain halnya dengan transfer antarbank dari perusahaan yang berbeda, ada biaya administrasi yang perlu kamu tambahkan. Namun, sekarang dengan aplikasi Flip, kamu tidak perlu lagi menambah biaya administrasi untuk transfer bank yang berbeda.

Penambahan biaya adminsitrasi ini biasanya akan sangat merepotkan apabila kamu harus melakukan transfer ke lebih dari satu nomor rekening. Hal itu karena biaya administrasi-nya diberlakukan hanya untuk satu kali transfer antar bank.

Misalnya saja, kamu harus mentransfer uang ke empat rekening bank yang berbeda denganmu. Apabila satu kali transfer dikenakan biaya administrasi sebanyak Rp6.500, maka jika empat transfer tinggal dikalikan empat.

Beberapa di antara kamu pasti ada yang menyayangkan hal ini karena uang administrasi seharusnya bisa kamu gunakan untuk keperluan.

Tentang Aplikasi Flip

Aplikasi Flip bisa kamu manfaatkan untuk transfer uang antarbank secara gratis. Aplikasinya bisa kamu unduh secara gratis di ponsel pintarmu. Tidak perlu khawatir soal keamanan dan kredibilitas karena aplikasi ini sudah mendapatkan izin beroperasi dari Bank Indonesia. Oleh karena itu keberadaannya di Indonesia sudah diakui secara legal oleh negara.

Aplikasi ini memang tergolong baru, tapi masih terus dikembangkan hingga sekarang. Memang masih belum banyak bank yang bekerja sama dengannya, hanya saja tidak menutup kemungkinan, aplikasi Flip akan membuka kerja sama dengan beberapa bank lain.

Sejauh ini bank-bank yang sudah bekerja sama dengan aplikasi ini adalah Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BNI Syariah, Bank Mandiri Syariah, Bank BCA, Bank BRI, CIMB Niaga, CIMB Niaga Syariah, Bank Muamalat, Bank BTPN, BTPN Wow, Bank Permata, dan Bank Permata Syariah.

Fakta-Fakta tentang Aplikasi Flip

Memiliki kelebihan bisa transfer gratis dalam waktu yang terbilang singkat. Yang bikin kamu penasaran selanjutnya, bagaimana aplikasi Flip bisa mendapatkan keuntungan? Di bawah ini adakah fakta tentang aplikasinya:

1.    Cara transfer yang tidak berbeda dengan mobile banking

Jika kamu sering menggunakan mobile banking, pasti kamu juga bisa cepat beradaptasi dengan aplikasi ini karena penggunaannya yang sangat mudah. Cara transfernya pun sama saja dengan saat kamu menggunakan mobile banking.

Kamu tinggal memasukkan nomor rekening tujuan dan kode bank yang ingin kamu tuju. Daftar kode bank tersebut sudah tersedia di aplikasinya, jadi kamu tidak perlu mencarinya sendiri. Setelah itu kamu tinggal melakukan step berikutnya. Proses transfer pun akan dilakukan secara instan.

2.    Ada batasan mendapatkan transfer gratis

Hal ini yang perlu kamu ketahui. Untuk mendapatkan biaya transfer yang gratis, Flip memberlakukan limit. Untuk per hari limit melakukan transfer adalah sebanyak Rp5.000.000.

Ketika kamu sudah mencapai batas ini, kamu akan diberlakukan Rp2.500 untuk sekali transfer. Walaupun dikenakan biaya, tapi biayanya masih tetap lebih minim dibandingkan transfer bank pada umumnya.

3.    Ada kode unik setiap melakukan transaksi

Kode unik ini diberlakukan ketika kamu melakukan transfer. Keberadaan kode unik digunakan sebagai fungsi agar pihak Flip mudah memverifikasi transfer. Misalnya saja ketika kamu ingin melakukan transfer sebesar Rp200.000, kamu diharuskan melakukan transfer dengan kode unik yang menjadi Rp200.321.

Namun, kode unik ini bukan menjadi biaya admin tambahan untuk aplikasi Flip. Sifatnya adalah deposit, jadi nanti akan disimpan di dalam akunmu, lalu kamu pun bisa menggunakannya untuk keperluan membeli pulsa, paket data internet, membayar listrik, atau menariknya kembali ke rekening yang kamu punya.

4.    Transfer instan hanya berlaku untuk 10 kali transfer

Ini juga ketentuan yang perlu kamu ketahui selanjutnya, selain limit transfer per hari yang sudah disebutkan di atas. Jadi, kamu akan mendapatkan batasan transfer gratis per bulannya sebanyak 10 kali transfer. Setelah itu, kamu akan mendapatkan notifikasi untuk memilih transfer instan atau transfer gratis.

Transfer instan prosesnya hanya memakan waktu 10 menit, dan kamu diharuskan membayar administrasi sebesar Rp500 per transaksi. Sedangkan transfer gratis, kamu tidak akan dikenai biaya administrasi, tapi harus menunggu proses transaksi hingga 25 menit. Kamu bisa memilih jenis transaksi ini sesuai dengan keperluan.

Apabila harus melakukan transfer secepatnya, tidak ada salahnya memilih transfer instan yang biayanya masih terbilang murah dibandingkan transfer antar bank pada umumnya.

5.    Dua fitur Flip

Flip memiliki dua fitur yang bisa dipilih oleh pelanggannya, yaitu yang reguler dan yang bisnis. Yang reguler adalah fitur yang terkena limit transfer Rp5.000.000 per harinya.

Sedangkan untuk fitur bisnis, dipergunakan untuk keperluan bisnis atau perusahaan. Tentu ada biaya yang harus kamu bayarkan jika ingin menggunakan fitur ini. Dari sinilah fitur meraup keuntungan.

Seperti itulah fakta tentang aplikasi Flip yang sedang naik daun ini. Walaupun tergolong baru, tapi layanan yang ditawarkannya cukup unik dan pastinya dibutuhkan oleh banyak orang. Dan yang terpenting adalah keberadaannya mendapatkan izin dari Bank Indonesia.

Dari fakta-fakta di atas bisa disimpulkan, kamu bisa menggunakan aplikasi sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa perhatikan ketentuannya terlebih dahulu karena transfer antar bank secara gratisnya ada aturan main yang cukup jelas.

Walaupun begitu, aplikasi ini tetap bisa membantumu yang sering mengirim uang dengan melakukan transfer antarbank secara rutin untuk berbagai macam keperluan. Jika kamu membutuhkannya, kamu bisa mengunduh aplikasinya.

Artikel Terkait