Banking

11 Aplikasi Cicilan untuk Mahasiswa yang Butuh Dana Darurat

11 Aplikasi Cicilan untuk Mahasiswa yang Butuh Dana Darurat

Ajaib.co.id – Jadi mahasiswa, apalagi yang hidup sendiri di luar kota tentunya harus cerdas mengatur keuangan. Sayangnya, tak selamanya hidup mulus, kadang mahasiswa harus mengalami kondisi sulit di mana kebutuhan meningkat sedangkan kiriman dari orangtua tak kunjung datang. Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan mengambil cicilan untuk mahasiswa.

Cicilan untuk mahasiswa hadir dalam bentuk aplikasi financial technology (fintech) yang bisa diunduh di smartphone. Berbeda dengan kartu kredit konvensional yang punya beberapa persyaratan mendasar seperti usia dan penghasilan rutin bulanan untuk mengajukan kredit, aplikasi cicilan ini bisa langsung dilakukan oleh mahasiswa.

Redaksi Ajaib merangkum rekomendasi 11 aplikasi cicilan untuk mahasiswa. Pastikan sebelum mengajukan cicilan, kamu sudah menimbang risiko dan faktor keamanannya. Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari karena harus terlilit utang.

1. Cicil

Cicil adalah aplikasi cicilan yang khusus ditujukan untuk mahasiswa. Aplikasi ini muncul untuk jadi solusi bagi mahasiswa yang perlu membeli laptop untuk mengerjakan tugas kuliah atau skripsi, keperluan sehari-hari dan gaya hidup, hingga bayar uang kuliah.

Cara mengajukan kredit barang di Cicil relatif mudah, cukup masukkan link URL produk yang ingin dibeli dari e-commerce terpercaya, lalu pilih skema pembayaran down payment minimal 10%, kemudian masukkan waktu cicilan (2-24 bulan), dan masukkan tujuan pengiriman. Tim Cicil akan melakukan verifikasi profil dan pesanan kamu dalam 2-3 hari kerja.

Fitur lain yang bisa dilakukan aplikasi ini adalah pembayaran uang semester dan uang pangkal untuk mahasiswa dari kampus yang bekerja sama dengan Cicil. Menurut informasi dari website Cicil, saat ini sudah ada 247 kampus yang bekerja sama dari 50 kota di seluruh Indonesia.

2. Danacita

Danacita adalah aplikasi cicilan untuk mahasiswa yang perlu dana untuk membayar biaya kuliah seperti uang pangkal, uang gedung, biaya semester atau biaya kursus tanpa jaminan. Syarat untuk mengajukan pinjaman di Danacita adalah terdaftar sebagai pelajar aktif di lembaga pendidikan tinggi yang bekerjasama dengan Danacita dan jika berusia di bawah 21 tahun wajib mengajukan pembiayaan dengan wali yang punya penghasilan tetap.

3. UangTeman

UangTeman adalah aplikasi cicilan untuk mahasiswa berikutnya yang bisa kamu pilih karena aman dan sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu bisa meminjam uang untuk biaya pendidikan maupun memenuhi kebutuhan seperti pembelian laptop dan gadget. Proses peminjamannya bisa langsung dilakukan di aplikasi yang bisa kamu unduh di Google Play Store. Namun, pastikan untuk membaca dan memenuhi syarat dan ketentuan dari aplikasi ini jika ingin mengajukan cicilan ya.

4. Kredivo

Kredivo adalah aplikasi cicilan untuk mahasiswa yang perlu membeli berbagai kebutuhan untuk menunjang perkuliahan. Syarat untuk pengajuan kreditnya relatif mudah, yang penting kamu berusia minimal 18 tahun dan melakukan pendaftaran di aplikasi Kredivo.

Prosesnya diklaim hanya 1 menit untuk daftar dengan limit yang terbilang tinggi, Rp30 juta untuk berbelanja. Selain itu, Kredivo juga bisa digunakan di 350 merchant mulai dari marketplace umum, kuliner, kecantikan, bengkel, hingga travel dan hotel.

5. Gojek PayLater

Gojek PayLater bisa jadi solusi buat mahasiswa yang perlu menggunakan berbagai layanan Gojek seperti GoFood, GoRide, GoBills, dan berbagai layanan lainnnya. Gojek PayLater mengklaim tidak punya biaya bunga karena pakai sistem langganan yang perlu dibayar kalau kamu pakai PayLater di bulan tersebut.
Gojek Paylater adalah kerjasama antara Gojek dan Findaya, terdaftar dan diawasi OJK. Walau tidak ada bunga, gunakan fitur ini dengan bijak karena Gojek Paylater tetap akan menerapkan denda kalau kamu telat membayar.

6. OVO Paylater

Ovo Paylater bisa jadi salah satu pilihan aplikasi cicilan untuk mahasiswa yang perlu dana cepat untuk berbagai kebutuhan. Limit kredit Ovo Paylater adalah 10 juta dengan tenor 1, 3, 6, atau 12 bulan dengan bunga 2,9 persen. Pastikan juga untuk menggunakan fitur ini dengan bijak karena ada bunga tunggakan 0,1% per hari dari sisa jumlah tagihan kalau kamu telat bayar.

7. Kredit Pintar

Kredit Pintar adalah aplikasi kredit tanpa jaminan bagi kamu yang berusia minimal 21 tahun. Jumlah pinjaman yang bisa diberikan mulai dari Rp600 ribu – Rp2,3 juta dengan minimum tenor 60 hari, maksimum 90 hari dengan estimasi pencairan 3 hari.

Gampang kan? Tapi jangan lupa untuk rutin membayar cicilan jika sudah melakukan pinjaman karena ada biaya keterlambatan 1% per hari dan penagihan dilakukan lewat telepon maupun door to door.

8. Shopee Paylater

Siapa sih yang gak tahu Shopee? Nah, Shopee Paylater adalah fitur yang bisa digunakan kamu mahasiswa yang melakukan pembelanjaan di aplikasi Shopee. Syarat pengajuan kreditnya relatif mudah, pastikan akun Shopee kamu terdaftar dan terverifikasi, berusia 3 bulan, dan sering digunakan transaksi. Limit kreditnya sangat cukup jika kamu perlu melakukan pembelian produk yang berkaitan dengan tugas kuliah, mulai dari Rp750 ribu – Rp1,8 juta.

9. Koin Works

Koin Works adalah aplikasi yang punya sistem peer to peer lending (P2P lending) yang bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk membayar dana pendidikan tanpa jaminan. Gak hanya untuk pembayaran biaya pendidikan formal, Koin Works juga bisa digunakan untuk pengajuan pendidikan non-formal. Semua proses peminjaman dan pembayaran cicilannya dilakukan melalui aplikasi.

10. Julo

Julo adalah aplikasi pinjaman tanpa jaminan dengan bunga rendah bagi kamu yang berusia minimal 21 tahun dan punya penghasilan minimal Rp1,7 juta per bulan. Ada 2 jenis fitur Julo yang bisa kamu pilih yaitu Julo Cicil untuk pinjaman Rp1 juta – Rp8 juta dengan bunga 3-6% per bulan dan Julo Mini untuk jumlah pinjaman Rp500 ribu – Rp1 juta dengan waktu pinjaman 1 bulan.

Itu dia rekomendasi aplikasi cicilan untuk mahasiswa yang bisa kamu manfaatkan. Sekali lagi, pastikan kamu bijak dengan menghitung segala faktor risiko dan rencana pembayaran cicilan ketika mengambil pinjaman untuk keperluan kuliahmu. Jika kamu masih dalam tanggungan orangtua, rencana pengambilan cicilan juga harus dibicarakan dengan jelas agar tidak akan menjadi beban di kemudian hari.

Artikel Terkait