Investor Pemula, Saham

Aplikasi Chart Saham yang Wajib Dimiliki oleh Investor Pemula

Ajaib.co.id – Bagi para investor pemula, maka harus memiliki aplikasi chart saham. Sebab, aplikasi tersebut berguna untuk menjadi pedomanmu dalam menjual dan membeli saham.

Saat ini, sudah banyak aplikasi saham yang bisa digunakan untuk memantau harga dan pergerakannya. Kamu bisa memantaunya setiap hari melalui kecanggihan teknologi yang ada.

Sebenarnya, investor pemula tidak diwajibkan untuk menggunakan aplikasi tersebut. Hal itu dikarenakan mereka masih bisa menggunakan analisis fundamental untuk menjual dan membeli saham.

Aplikasi chart saham dapat memudahkan kamu dalam memperdalam analisis teknikal. Nantinya, aplikasi itu akan menunjukkan pergerakan harga saham dengan berbagai indikator teknikal.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui laporan keuangan, utang, arus kas hingga ekuitas dari perusahaan terkait. Aplikasi tersebut juga menampilkan berita terkini mengenai emiten, Bursa Efek Indonesia (BEI), ekonomi makro, dan lainnya.

Supaya kamu lebih paham tentang investasi saham, berikut ini adalah deretan aplikasi chart saham yang bisa digunakan oleh investor pemula:

Deretan Aplikasi Chart Saham untuk Investor Pemula

Berikut ini adalah beberapa aplikasi saham terbaik yang bisa digunakan oleh investor pemula:

RTI Business

Aplikasi chart saham yang satu ini wajib dimiliki oleh investor pemula. Sebab, RTI Business menawarkan berbagai fitur yang lengkap.

Fitur-fitur tersebut adalah Indeks Harga Saham (IHSG), berita perusahaan, kurs mata uang, charts, dan harga logam mulia.

Salah satu fitur terbaik dari RTI Business adalah Watchlist. Fitur tersebut memantau berbagai saham yang kamu inginkan.

Bagi pengguna Android, kamu bisa mengunduh aplikasi RTI Business di Google Play Store. Sementara untuk pengguna iPhone, maka bisa mengunduhnya di App Store.

RTI Business menjadi salah satu aplikasi saham yang mudah digunakan. Hal itu dikarenakan kamu bisa menganalisa laporan keuangan dan ROI dari saham tertentu.

RTI Analytics

Bagi kamu yang sudah paham dengan RTI Business, maka juga harus menggunakan RTI Analytics.

Sebetulnya, kedua aplikasi tersebut hampir sama. Namun, pakar saham di YouTube menjelaskan bahwa aplikasi RTI Analytics merupakan versi terbaik dari RTI Business.

Berbagai fitur di RTI Analytics dianggap lebih lengkap. Salah satunya adalah fitur chart yang sering digunakan oleh para trader untuk memantau pergerakan grafik saham.

Jika menggunakan fitur tersebut, kamu bisa membuat garis untuk mengetahui support dan resistance dari sebuah saham.

Stockbit

Berbeda dengan aplikasi chart saham lainnya, Stockbit diklaim sebagai ladang investasi untuk para milenial.

Jika dilihat sekilas, aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana. Melalui aplikasi tersebut, kamu bisa berdiskusi mengenai saham yang dimiliki.

Artinya, Stockbit menjadi sebuah forum bagi para investor saham untuk berdiskusi. Jika kamu masih bingung, maka ada banyak pakar saham yang siap membantu.

Investing.com

Aplikasi ini juga direkomendasikan untuk para investor pemula. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mengetahui informasi tentang saham.

Selain itu, kamu bisa memantau berita saham terbaru di aplikasi Investing.com. Bahkan, aplikasi yang satu ini juga menyertakan opini dan analisis mengenai saham.

Bagi kamu yang ingin membeli saham dengan cara analisis teknikal, maka Investing.com menyediakan chart. 

Aplikasi Investing.com bisa kamu unduh melalui Google Play Store dan App Store.

Tidak hanya saham, Investing.com juga menampilkan pergerakan harga emas, nikel, batu bara, dan lainnya. Jadi, aplikasi ini cukup menguntungkan bagi para investor batu bara.

Most Mobile Mandiri Sekuritas

Buat kamu yang ingin berinvestasi di perusahaan sekuritas milik negara, maka bisa memilih Mandiri Sekuritas.

Sebab, Mandiri Sekuritas sudah memiliki aplikasi sendiri dengan nama Most. Aplikasi tersebut bisa digunakan jika kamu sudah terdaftar sebagai nasabah.

Jika namamu sudah terdaftar, hanya perlu membuka laman www.most.co.id, kemudian klik menu “Most Help” dan pilih “Most Download”.

Selain mudah digunakan, aplikasi Most terbukti sebagai salah satu aplikasi chart saham terbaik dan mendapatkan banyak penghargaan.

eSmart BNI Sekuritas

Perusahaan sekuritas milik negara ini hadir untuk memudahkan trading saham, yakni eSmart. Selain trading saham, aplikasi ini juga memiliki fitur berita mengenai saham.

Nantinya, kamu akan mengetahui indeks pasar saham dari berbagai negara dengan nilai besaran transaksinya.

Selain itu, aplikasi eSmart juga dilengkapi dengan grafik pergerakan harga saham.

Ipot Ultima IndoPremier

Aplikasi saham ini merupakan platformmilik salah satu perusahaan sekuritas ternama, yakni IndoPremier.

Kamu bisa menemukan rekomendasi mengenai IndoPremier di mana saja, seperti forum, grup, dan media online.

Hal itu dikarenakan IndoPremier memiliki kelebihan yang disukai oleh para trader saham. Salah satunya adalah minimum biaya deposit yang cukup terjangkau. Bahkan, tidak ada batasan angkanya.

Maka dari itu, kamu bisa membuka rekening saham selama jumlah modal yang dimiliki sama dengan investasi yang akan dibeli.

Aplikasi Ipot Ultima bisa diunduh melalui Google Play Store dan App Store.

Poems Id

Aplikasi chart saham ini juga bisa digunakan untuk memantau pergerakan harga saham, kemudian juga untuk trading.

Tidak hanya trading saham, kamu juga bisa menjual dan membeli reksa dana di Poems Id. Aplikasi ini terbilang cukup terkenal di kalangan investor, karena milik dari Phillip Sekuritas Indonesia.

Sebagai informasi, Phillip Sekuritas Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang termasuk ke dalam anggota bursa efek dan menjadi perantara untuk pembelian saham.

Sebelum menggunakan Poems Id, kamu harus melakukan login terlebih dahulu. Jadi, pastikan kamu telah mendaftarkan diri sebagai nasabah dari Phillip Sekuritas Indonesia.

Kamu bisa mengunduh aplikasi Poems Id di Google Play Store dan App Store.

Deretan aplikasi chart saham di atas bisa kamu gunakan untuk melakukan trading dan lainnya. Aplikasi tersebut berfungsi untuk memudahkan kamu dalam menganalisis saham.

Artikel Terkait