Investor Pemula, Saham

Aplikasi Data Saham Indonesia untuk Pemula

Ajaib.co.id – Sebagai seorang pemula di dunia investasi saham, rasanya sulit untuk membaca data yang baru pertama kali dilihat, bukan? Karenanya, banyak sekali bertebaran aplikasi data saham yang bisa kamu nikmati hanya dengan mengunduhnya melalui Google Play dan Apple App Store. 

Nah, sebelum kamu benar-benar mengambil keputusan untuk berinvestasi saham, salah satu hal yang perlu kamu ketahui adalah instrumen ini memiliki risiko yang tinggi sejalan dengan keuntungan besar yang bisa didapatkan. 

Untuk itu, kamu juga harus memiliki pengetahuan yang matang mengenai investasi saham sehingga sangat disarankan untuk mempelajari pergerakan saham melalui aplikasi data saham yang memang umum digunakan oleh para pelaku pasar modal. Apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini.  

RTI Business

Aplikasi bernama RTI Business ini merupakan inovasi yang dibuat oleh PT RTI Infokom bekerjasama dengan harian surat kabar cetak dan daring khusus ekonomi, Kontan, yang juga anak usaha dari Kompas Gramedia Group. 

Aplikasi ini memang umum digunakan untuk para investor pemula karena tampilannya yang simpel dan cukup mudah dioperasikan. Di samping itu, RTI Business juga memuat pergerakan saham dari semua emiten yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) secara real-time

Selain memuat data pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara lebih mendalam, aplikasi RTI Business juga memuat data indeks kurs, komoditas, hingga data finansial emiten. 

Kamu bisa menganalisa pergerakan saham emiten-emiten pilihanmu dengan mengetikan nama emiten atau kode sahamnya. Seketika, kamu bisa mendapatkan informasi transaksi saham, kinerja fundamental, berita teranyar hingga aksi korporasinya selama lima tahun terakhir.

Aplikasi ini juga memiliki fitur kalender yang memuat event yang akan berlangsung dalam waktu dekat, mulai dari aksi korporasi, IPO (penawaran saham perdana), pembagian dividen hingga RUPS yang aplikasinya sebenarnya sudah bisa kamu unduh melalui Google Play untuk perangkat Android dan Apple App Store untuk perangkat Apple. 

Satu lagi, aplikasi data saham ini memiliki fitur IDX Virtual Online Trading yang memberikan stimulasi bagi kamu yang ingin memulai investasi saham. Transaksi yang dilakukan melalui fitur demo tersebut juga dibuat mirip dengan standar aplikasi yang diberikan sekuritas sehingga memudahkan kamu untuk melakukan pembelian dan penjualan saham yang bersifat demo. 

Stockbit

Aplikasi data saham ini diklaim multifungsi karena selain memberikan data analisis pergerakan saham emiten secara teknikal dan fundamental, sesama investor bisa saling bertukar pikiran melalui kolom komentar. 

Fitur diskusi ini menjadi menarik karena dibuat layaknya sebuah media sosial, di mana kamu bisa mengunggah informasi, foto, video, dokumen, fitur pilihan hingga prediksi mengenai pergerakan harga saham emiten tertentu. Asyik, kan, punya teman ngobrol yang sepemikiran meski hanya bertemu di dunia maya?

Tampilan Stockbit juga sangat menarik didominasi dengan warna hitam dan perpaduan warna hijau, merah dan ungu serta menyediakan data indeks saham sektoral dan indeks hasil kerjasama dengan lembaga lain.

Aplikasi data saham ini juga menyajikan data pergerakan saham secara real-time emiten yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sekaligus menawarkan fitur pemberitahuan mengenai target harga dan pemberitaan terkini mengenai emiten tertentu.  

Berbeda dengan RTI Business, Stockbit menawarkan layanan investasi dan atau trading saham secara virtual bekerjasama dengan salah satu sekuritas ternama di Indonesia. Namun, terlepas dari itu, aplikasi data saham ini juga menyediakan analisa fundamental dan teknikal yang hampir saham dengan aplikasi RTI Business. Dijamin informatif! 

Yang perlu kamu ketahui, Stockbit juga menyediakan data indeks global berikut dengan reksadana dan cryptocurrency yang mudah sekali untuk dibaca dan dianalisa. Tunggu apalagi, buruan unduh aplikasinya melalui Google Play dan Apple App Store. 

Investing

Investing merupakan aplikasi data saham yang digunakan secara global tidak seperti Stockbit dan RTI Business yang hanya menjangkau pergerakan pasar dan emiten dalam negeri saja. 

Karenanya, aplikasi Investing menjadi aplikasi data saham yang lebih lengkap karena memuat semua pergerakan indeks global mulai dari Dow Jones di Amerika Serikat hingga Kuala Lumpur Composite Index di Malaysia, hingga emiten-emiten di berbagai belahan dunia yang aplikasinya sudah bisa kamu dapatkan melalui Google Play atau Apple App Store. 

Kamu juga bisa mengakses indeks indices futures yang merupakan indeks saham-saham pilihan yang terdaftar dalam bursa suatu negara dan menjadi indikator pergerakan indeks dalam waktu dekat untuk melihat bagus tidaknya kesehatan ekonomi suatu negara. Secara umum, perhitungan indeks indices futures ini berdasarkan pada kapitalisasi pasar. 

Menariknya, kamu juga bisa memantau pergerakan saham emiten domestik dan global secara real-time dan berdiskusi dengan pelaku pasar melalui kolom komentar yang terdapat dalam fitur tab masing-masing emiten. 

Berita yang disajikan oleh Investing melalui kolom news juga cukup komprehensif karena menjangkau artikel pemberitaan yang diterbitkan oleh beberapa kantor berita internasional seperti The Wall Street Journal, CNBC International, Reuters, Fortune dan lain-lain. 

Selain data saham, Investing juga menyediakan data pergerakan komoditas seperti emas, minyak WTI, gas bumi, gandum, kapas, hingga seng dan nikel untuk membantumu menganalisa pergerakan saham-saham emiten komoditas. 

Di sisi lain, kamu juga bisa menikmati fitur-fitur data pergerakan instrumen investasi lain seperti forex melalui data kurs, cryptocurrency, bond atau surat utang pemerintah, ETF atau Exchange Traded Fund yang merupakan reksa dana kontrak investasi kolektif dan juga reksa dana konvensional yang diterbitkan oleh perusahaan aset manajemen terkemuka di dalam dan luar negeri. 

Nah, setelah kamu mengetahui dan mempelajari informasi yang tersedia dari tiga aplikasi data saham di Indonesia di atas, jangan lupa juga untuk memulai investasi saham melalui aplikasi investasi Ajaib yang bisa kamu unduh secara gratis melalui Google Play dan Apple App Store. Jangan ditunda-tunda untuk memulai investasi, mumpung harga saham mayoritas sedang diskon, lho!

Artikel Terkait