Apakah Saham Garuda Akan Mengudara di 2019 Ini?

Apakah Saham Garuda Akan Mengudara di 2019 Ini?
Apakah Saham Garuda Akan Mengudara di 2019 Ini?

Kegiatan traveling kamu pasti akan semakin menyenangkan dan nyaman? Jika kamu menggunakan jasa maskapai pesawat terbaik di Indonesia. Tentu saja, pilihan maskapai pesawat terbang setiap orang pasti berbeda-beda, mungkin saja pilihan pesawat terbang pilihan kamu tersebut jatuh kepada Garuda Indonesia.

Garuda Indonesia merupakan maskapai penerbangan terbesar di Indonesia, dimana Garuda Indonesia dimiliki oleh pemerintah Indonesia. Apakah kamu ada yang tertarik untuk memiliki saham di perusahaan penerbangan ini? Jika iya, kamu bisa simak informasi menarik berikut ini yang sudah Ajaib persiapkan hanya untuk kamu.

Apakah Saham Garuda masih Layak untuk Dibeli?

PT Garuda Indonesia Tbk, yang memiliki kode emiten saham GIAA sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak 11 Februari 2011.  Harga saham IPO Garuda kala itu sebesar Rp 750 per saham, saham yang dilepas ke publik sebesar 27,98% sebanyak 6.335.738.000 saham.  Ketika itu dana IPO yang terkumpul mencapai Rp4.751.803.500.000. 

Berdasarkan laporan keuangan yang dikeluarkan oleh Garuda Indonesia 2018, Garuda Indonesia mencatat kerugian besar senilai US$175,02 namun kerugian ini turun dari tahun sebelumnya yaitu US$216,58 juta dolar. Pendapatan usaha yang diperoleh pada 2018 sebesar US$4,37 miliar dolar sesuai dengan revisi laporan keuangan Garuda Indonesia 2018.

Kini pada kuartal I-2019, kinerja Garuda mencatatkan laba bersih sebesar US$ 19,73 dollar meningkatkan signifikan dibandingkan periode yang sama sebelumnya yakni rugi US$ 64,27 juta dollar.

Hal ini ditunjang dengan semakin baiknya kinerja brand pada kuartal I-2019 dan pendapatan layanan penerbangan berjadwal sebesar US$ 924,93 juta dollar, tumbuh sebesar 11,6% dibandingkan periode yang sama sebelumnya sebesar US$ 828,49 dollar.

Pendapatan Usaha Garuda Meningkat

Bukan hanya itu sentimen positif saham Garuda juga terlihat dari meningkatnya pendapatan usaha sebesar 27,5% dengan pendapatan mencapai US$171,8 juta dollar.

Dikutip dari Kontan, Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Lee Young Jun, merekomendasikan bagi kamu yang ingin membeli saham Garuda (GIAA) pada harga Rp690 per saham untuk target jangka panjang tentunya.

Hal sama pun juga direkomendasikan oleh Analis Cipta Dana Sekuritas, merekomendasikan membeli saham Garuda (GIAA) pada level Rp690 untuk target jangka panjang, ketika itu perdagangan pada hari Senin (15/7/2019), harga saham GIAA berada di level Rp420 per saham dengan price earning ratio (PER) 9,33 kali.

Selain itu, peningkatan kinerja Perseroan yang didukung oleh program efisiensi dan efektifitas yang terus berkelanjutan, serta optimalisasi aspek struktur biaya, kapasitas produksi yang disesuaikan dengan tingkat permintaan, yang mana membuat penggunaan konsumsi bahan bakar menjadi lebih terukur dan juga beban biaya pengeluaran bahan bakar dapat ditekan.

Hal yang juga menjadi catatan risiko adalah harga minyak mentah untuk bahan bakar pesawat yang memainkan peran penting untuk industri jasa penerbangan, yang dipengaruhi oleh kondisi di kilang minyak timur tengah yang belum lama ini diserang oleh Drone.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Tags: , ,
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait