Burukkah Kebanyakan Pilihan Investasi Bagi Kesehatan Finansial?

Behavioral economics adalah studi tentang bagaimana faktor-faktor emosional dan sosial manusia mempengaruhi keputusan finansial dan investasi. Anehnya dalam subjek yang didorong oleh angka dan data, orang tidak selalu membuat keputusan rasional berdasarkan angka dan data.

Dalam buku The Art of Choosing (Seni Memilih), Profesor Sheena Iyengar dari Universitas Columbia berbicara tentang psikologi manusia dalam pengambilan keputusan. Dia mengutip sebuah percobaan yang dilakukan oleh perusahaan manajemen investasi Vanguard di AS dengan produk tabungan pensiun 401K mereka. Dengan meningkatkan jumlah pilihan tabungan pensiun dari 5 pilihan ke 50 pilihan, jumlah nasabah mereka berkurang 10 persen.

Profesor Iyengar menyimpulkan bahwa lebih banyak pilihan malah mengakibatkan pengambilan keputusan yang lebih sedikit. Orang-orang begitu kewalahan sehingga mereka menunda keputusan – terkadang sampai selamanya. Temuan ini memiliki implikasi besar bagi perusahaan manajemen investasi tetapi memiliki implikasi yang lebih besar bagi investor seperti kita. Orang-orang yang menunda keputusan investasi merugikan diri mereka sendiri secara finansial – dan semua ini hanya karena mereka dihadapkan dengan terlalu banyak pilihan.

Wawasan ini menjadi seruan kami di Ajaib untuk bertindak. Kami membuat investasi sederhana dengan mengurangi pilihan, sehingga lebih banyak orang dapat mengamankan masa depan mereka.

Kami sangat senang mendengar dari Anda jika ini merupakan langkah ke arah yang benar. Apakah Anda merasa kewalahan dengan jumlah dan kompleksitas pilihan yang tersedia bagi Anda?

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait