Manfaat Menabung Yang Wajib Kamu Tahu!

Ajaib: Apa Pentingnya Menabung?
Manfaat Menabung Yang Wajib Kamu Tahu!

Jika Anda tidak berpenghasilan besar dan Anda hampir tidak dapat membayar tagihan Anda setiap bulan, gagasan untuk menghemat uang mungkin tampak konyol. Ketika Anda hanya memiliki 20 ribu yang tersisa di akhir bulan, Anda mungkin menjadi tidak semangat untuk menabung. Namun, setiap orang harus memulai dan jika Anda mengusahakannya, situasi keuangan Anda akan cenderung membaik seiring waktu. Menabung uang sepadan dengan usaha yang dilakukan. Menabung memberi Anda ketenangan pikiran, memberi Anda pilihan, dan semakin banyak Anda menabung semakin mudah untuk mengakumulasikan tabungan tambahan.

# Menabung Memberikan Anda Ketenangan Pikiran

Jika uang Anda benar-benar ketat, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana Anda akan membayar sewa tempat tinggal Anda bulan depan. Jika Anda berpikir lebih jauh, Anda mungkin khawatir berapa bulan Anda bisa membayar tagihan jika Anda kehilangan pekerjaan. Di kemudian hari, terus memikirkan masalah uang akan membuat Anda sulit tidur di malam hari. Pikiran Anda mungkin terpusat tentang bagaimana membayar biaya kuliah untuk anak-anak Anda atau apakah Anda memiliki cukup uang untuk pensiun.

Ketika Anda menumpuk tabungan, kekhawatiran keuangan Anda akan berkurang, selama Anda hidup. Anda akan lebih tenang jika Anda sudah memiliki uang sewa bulan depan pada minggu pertama bulan ini, jika Anda tahu bahwa Anda dapat bertahan tanpa bekerja selama tiga hingga enam bulan, atau jika Anda memiliki rekening tabungan untuk pendidikan anak-anak Anda dan pensiun Anda sendiri seperti yang Anda inginkan. Dengan tabungan, Anda akan tidur lebih nyenyak di malam hari. Berkurangnya stres karena memiliki uang di bank membebaskan energi Anda untuk pikiran dan aktivitas yang lebih menyenangkan.

# Menabung Memberikan Anda Pilihan yang Lebih Luas

Semakin banyak uang yang Anda tabung, semakin Anda bisa mengendalikan nasib Anda sendiri. Jika pekerjaan Anda membuat kesehatan Anda menurun, Anda dapat berhenti, bahkan jika Anda belum memiliki pekerjaan baru. Anda bisa meluangkan waktu untuk memulihkan kesehatan Anda sebelum mencari pekerjaan baru. Jika Anda bosan tinggal di lingkungan yang tidak aman, Anda dapat pindah ke area yang lebih aman karena Anda akan memiliki cukup uang untuk deposit di apartemen yang lebih baik atau uang muka di rumah yang lebih baik.

Jika Anda sakit dan membutuhkan perawatan kesehatan dengan biaya tinggi yang tidak ditanggung asuransi Anda, Anda akan memiliki cara untuk membayarnya meskipun Anda tidak dapat bekerja saat Anda mendapatkan perawatan. Dan mengetahui bahwa Anda memiliki opsi karena uang yang Anda tabung dapat membuat Anda lebih tenang.

Uang memang tidak menyelesaikan setiap masalah. Jika Anda diberhentikan dari pekerjaan Anda, mungkin perlu waktu untuk mencari pekerjaan baru. Beberapa penyakit tidak akan hilang tidak peduli berapa banyak prosedur yang Anda lakukan, dan bencana selalu dapat terjadi tidak peduli seberapa besar usaha Anda menghindarinya. Tetapi dengan lebih banyak uang di bank untuk menangani masalah-masalah seperti ini, Anda memberi diri Anda peluang lebih baik untuk hidup yang lebih nyaman.

# Menabung Menjadikan Uang Bekerja Untuk Anda

Sebagian besar dari Anda bekerja ratusan jam setiap tahun untuk mendapatkan sebagian besar uang Anda. Tetapi ketika Anda memiliki tabungan dan menyimpan uang Anda di tempat yang tepat, uang Anda mulai bekerja untuk Anda. Seiring waktu, Anda harus bekerja lebih sedikit dan lebih sedikit karena uang Anda bekerja semakin banyak, dan pada akhirnya, Anda mungkin dapat berhenti bekerja sama sekali.

Jika Anda memiliki pendapatan tinggi dan pengeluaran rendah, Anda akan memiliki banyak tabungan yang hanya tergeletak di rekening Anda tanpa digunakan. Anda bisa menggunakan uang yang tidak digunakan ini, setelah Anda sisihkan uang untuk dana darurat tentunya, untuk berinvestasi di saham, obligasi, real estat, atau emas. Jika Anda menabung dan berinvestasi secara teratur, Anda dapat menghidupi kehidupan Anda hanya dari pendapatan yang dihasilkan dari investasi Anda di mana uang yang disimpan yang bekerja untuk Anda. Semakin awal Anda memulai, semakin banyak waktu sejumlah kecil uang harus tumbuh besar melalui keajaiban compounding. Bunga majemuk atau compounding dapat membantu investasi awal Anda tumbuh secara eksponensial. Untuk investor muda, compounding adalah alat investasi terbesar yang mungkin Anda miliki.

Sebagai contoh, seseorang berusia 25 tahun yang ingin mengakumulasi 1 milyar pada usia 60 perlu menginvestasikan 880 ribu setiap bulan dengan asumsi pengembalian konstan sebesar 5%. Seorang anak berusia 35 tahun yang ingin mengakumulasi 1 milyar pada usia 60 akan perlu menginvestasikan 1 juta 679 ribu setiap bulan menggunakan asumsi yang sama.

Seorang anak berusia 45 tahun perlu menginvestasikan 3 juta 741 ribu setiap bulan untuk mengakumulasi 1 milyar yang sama pada usia 60. Itu hampir 4 kali lipat jumlah yang dibutuhkan oleh anak berusia 25 tahun. Memulai lebih awal sangat membantu saat menabung untuk pensiun, ketika menyisihkan sedikit lebih awal dalam karier Anda dapat menuai manfaat besar.

Menyimpan uang sangatlah penting. Menabung memberi Anda ketenangan pikiran, memperluas pilihan Anda untuk keputusan yang memiliki efek besar pada kualitas hidup Anda dan akhirnya memberi Anda pilihan untuk pensiun. Kebanyakan orang kaya berada di sana melalui kombinasi kerja keras mereka sendiri dan keputusan investasi dan tabungan yang cerdas. Anda bisa menjadi salah satu dari orang-orang itu juga.

Share to :
Tags: , , , , ,
Artikel Terkait