Apa Itu Tabungan Jenius? Yuk Pelajari di Sini

tabungan jenius
tabungan jenius

Transaksi digital semakin populer di era globalisasi seperti ini. Banyak perusahaan perbankan yang membuat berbagai macam inovasi dalam pembayaran digital, seperti Tabungan Jenius.

Namun, sudah tahukah kamu apa itu Tabungan Jenius? Sekilas Tabungan Jenius ini mirip dengan e-money, namun kelebihannya juga memiliki kartu fisik sehingga bisa digunakan untuk menarik uang secara tunai di mesin-mesin ATM. Tak hanya satu kartu fisik, anda bahkan bisa memiliki hingga 5 kartu sekaligus dengan nama yang berbeda di setiap kartunya.

Tiga Pos Tabungan

Dalam tabungan Jenius, selain memudahkan bertransaksi secara online anda pun bisa merencanakan keuangan dengan lebih mudah. Caranya? Di dalam Tabungan Jenius terdapat 3 pos berbeda yang bisa dipergunakan untuk mengatur uang anda. Berikut diantaranya.

  • Utama, tempat dana utama yang bisa dipergunakan untuk bertransaksi misalnya untuk beli pulsa, bayar tagihan maupun transaksi online lainnya.
  • Pos Flexi Saver, disini anda akan mendapatkan bunga kompetitif untun setiap dana yang disimpan didalamnya sebesar 5 persen per tahun.
  • Pos Dream Saver yang berfungsi layaknya tabungan darurat yang bisa diisi secara otomatis atau auto debet dengan mengambil dana di pos utama sesuai keinginan kamu.

Meningkatnya transaksi jual beli secara online mengharuskan anda untuk memiliki kartu dengan logo Visa agar bisa lebih mempermudah transaksinya. Dan ini juga yang menjadi keunggulan Tabungan Jenius, karena kartu yang kamu dapatkan sudah berlogo Visa.

Dengannya anda tak peru lagi pusing harus menggunakan kartu kredit yang banyak jebakan biaya tidak terduga hanya untuk bertransaksi di marketplace internasional seperti Amazon maupun e-bay yang mengharuskan penggunaan kartu berlogo Via saja.

Jenis Kartu Debit Tabungan Jenius

Mungkin banyak orang akan bertanya, apa saja yang ditawarkan dari Tabungan Jenius ini? Salah satu yang ditawarkan adalah kamu bisa memiliki tiga jenis kartu debit sebagai cara pembagian pengeluaran keuangan. Untuk mengetahuinya, berikut uraian mengenai jenis kartu debit Tabungan Jenius yang dirangkum duitologi.com.

Kartu Debit Utama (m-Card)

Kartu pertama ini disebut sebagai kartu debit utama. Dengan kartu berlogo VISA ini, kamu bisa melakukan tarik tunai di ATM Bersama atau Prima, bertransaksi online atau offline di seluruh merchant VISA. Selain rupiah, kamu bisa tarik tunai dengan pilihan mata uang asing seperti USD, SGD, dan JPY.

Kartu Debit Virtual (e-Card)

Dengan e-Card. Dengan kartu ini, kamu bisa bertransaksi online tanpa kartu kredit di seluruh merchant VISA, seperti belanja online atau bayar tagihan musik streaming. e-Card adalah kartu debit non-fisik yang otomatis tersedia di Jenius app setelah akun Jenius kamu aktif.

Kartu Kredit Tambahan (x-Card)

Dengan x-Card, kamu bisa lebih mudah mengatur pengeluaran kebutuhan spesifik seperti belanja atau transportasi. Kartu debit fisik ini juga dapat digunakan untuk tarik tunai dan transaksi online atau offline.

Baik m-Card, e-Card, maupun x-Card merupakan Kartu Debit Jenius VISA yang memiliki bunga 1 persen per tahun.

Dengan memiliki ketiga jenis kartu debit Jenius ini, kamu bisa mengendalikan seluruh aktivitas keuangan kamu dari menu Card Center. Fasilitas yang ditawarkan dalam menu ini antara lain mengubah limit penarikan, mengubah PIN melalui fitur Ubah PIN di Jenius app, dan memblokir atau membuka blokir kartu.

Fasilitas blokir dan membuka blokir ini berguna saat kartu debit Jenius kamu hilang. kamu juga bisa memilih blokir sementara, buka blokir atau blokir permanen.

Kelemahan Tabungan Jenius

Belum maksimal menjangkau seluruh wilayah. Karena masih termasuk baru, jadi penggunaan aplikasi Tabungan Jenius masih belum merata ke peluruh pelosok wilayah Indonesia. Terutama soal pembukaan rekening baru, pelayanannya baru mampu menjangkau calon nasabah yang berada wilayah Jabodetabek saja secara maksimal.

Kamu yang berada di luar wilayah Jabodetabek tetap bisa melakukan registrasi secara online, namun anda harus melakukan aktivasi di kantor cabang BTPN terdekat secara langsung. Selain itu pengiriman kartu fisik juga cukup memakan waktu.

Kartu Virtal yang kurang fleksibel. Selain sedikit rumit dan butuh waktu yang cukup lama untuk calon nasabah baru di luar wilayah Jabodetabek untuk membuka rekening Tabungan Jenius secara online. Terdapat satu lagi kelemahan pada Tabungan Jenius ini yakni anda tidak dapat mengubah nomor yang ada pada Kartu virtual yang anda miliki.

Seperti penggantian kartu fisik yang cukup rumit dan memakan waktu, begitu pun dengan kartu pada Tabungan Jenius ini juga sedikit rumit.

Sedikit mengecewakan memang, karena transaksi online yang memang rawan terjadi penyalahgunaan. Tentu memiliki kartu virual yang disposable akan bisa membantu mengurangi kecurangan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Cara Daftar Tabungan Jenius BTPN

Cara buka rekening Jenius sangat mudah dan tidak repot karena aktivasi bisa dilakukan di lokasi kamu. Tetapi cara buka tabungan Jenius tersebut tidak bisa dilakukan di semua daerah.

Jika di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya, kamu bisa meminta crew Jenius datang ke lokasi kamu, namun jika kamu di luar Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya, kamu bisa aktivasi di kantor cabang BTPN terdekat. Berikut cara daftar Jenius online:

  • Buka aplikasi Jenius
  • Klik Jenius Register > Isi data diri
  • Upload KTP > Upload tanda tangan
  • Setelah selesai, kamu harus melakukan aktivasi dan mengambil kartu debit Jenius. Ada 2 cara aktivasi : Crew Jenius datang ke lokasi kamu. Atau kamu datang ke booth bank BTPN Jenius di mall atau ke kantor cabang bank BTPN. Jenius location bisa dilihat di : https://www.jenius.com/locations/
  • Atur password aplikasi Jenius dan password transaksi > Tabungan Jenius siap digunakan.

Bacaan menarik lainnya:

Ismail. (2011). Manajemen Perbankan: Dari Teori Menuju Praktik. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait