Cryptocurrency

Ajukan Pertanyaan Ini Sebelum Membeli Mata Uang Digital

Ajukan Pertanyaan Ini Sebelum Membeli Mata Uang Digital

Tingginya harga bitcoin telah membuat cryptocurrency secara umum menjadi komoditas yang sangat panas, dan mata uang digital yang terus menggoda investor. Cara untuk masuk di lantai dasar mata uang digital baru adalah melalui penawaran koin awal, atau Initial Coin Offering (ICO). Harga bisa mulai dari sepersekian sen, yang bisa menggiurkan. Lagi pula, bagaimana jika ini mungkin menjadi the next bitcoin? 

Namun sayangnya, banyak dari koin baru ini tidak lebih dari penipuan. Sebelum kamu memasukkan uang hasil jerih payah kamu ke ICO, tanyakan pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut.

Apakah perusahaan memiliki staf yang berkualitas?

Jika kamu melihat situs web untuk cryptocurrency baru dan tidak ada informasi apa pun tentang pendiri perusahaan, itu adalah bendera merah besar. Jika orang-orang di belakang ICO tidak mau mengungkapkan identitas mereka, kemungkinan tinggi mereka akan melarikan diri dengan uangmu. Bahkan jika mereka memiliki staf besar, kamu harus kritis terhadap kualifikasi mereka.

Kamu mungkin menemukan bahwa sebagian besar perusahaan-perusahaan ini diciptakan oleh orang-orang berusia 20-an yang baru saja lulus dengan gelar dalam bidang ilmu komputer. Kamu harus khawatir jika mereka tidak memiliki latar belakang keuangan dan belum menyewa seorang ahli di bidang itu untuk membantu membimbing mereka.

Di mana ‘buku putih’?

“Buku putih” adalah dokumen yang menjelaskan dengan tepat apa misi perusahaan itu, dan bagaimana produk atau layanannya akan menyelesaikan masalah. Ini harus memberikan panduan langkah demi langkah tentang apa yang perusahaan rencanakan untuk lakukan agar berhasil.

Sebagai seorang investor, kamu harus meluangkan waktu untuk membaca buku putih ICO apa pun sebelum mempertimbangkan untuk memasukkan uang kamu.

Banyak ICO tidak memiliki buku putih sama sekali, dan mereka percaya bahwa animasi video yang lucu atau blog perusahaan sudah cukup. Tanpa buku putih, itu berarti para pemimpin tidak menganggap serius perusahaan mereka, atau bahwa mereka mungkin memiliki sedikit pengalaman dalam menjalankan bisnis.

Apa gunanya koin ini?

Beberapa cryptocurrency secara harfiah tidak berharga. Sebagai contoh, jika kamu membaca cetakan halus situs web untuk koin EOS, ada yang mengatakan tentang utilitas mata uang.

“Token EOS tidak memiliki hak, penggunaan, tujuan, atribut, fungsi atau fitur, tersurat maupun tersirat, termasuk, tanpa batasan, segala penggunaan, tujuan, atribut, fungsi atau fitur pada Platform EOS. “

Tetapi pada saat artikel ini ditulis, EOS dihargai sekitar $ 10 per koin, dan ada lebih dari $ 5 miliar yang beredar di pasarnya. Dengan kata lain, orang telah memasukkan uang mereka ke dalam mata uang yang, menurut pengakuan perusahaan sendiri, tidak berharga.

Bisakah kamu kehilangan?

Jika kamu bersiap-siap untuk berinvestasi di perusahaan koin digital baru, tanyakan pada diri sendiri apakah kamu mampu kehilangan uang kamu jika keadaan menjadi suram. Boleh saja berinvestasi jika kamu memiliki uang tunai tambahan, tetapi jangan pernah memasukkan uang yang seharusnya digunakan untuk membayar sewa atau tagihan lainnya. Berinvestasi dalam cryptocurrency atau bahkan pasar saham bisa sangat mirip perjudian, dan bisa membuat ketagihan. Ingatlah untuk berinvestasi dengan bijak, dan jangan pernah masuk terlalu dalam sehingga kamu tidak bisa keluar.

Itulah beberapa pertanyaan yang bisa kamu ajukan ketika ingin membeli mata uang digital untuk berinvestasi. Dengan memahami jawabannya dengan benar-benar, kamu bisa lebih mudah untuk pengambilan keputusan.

Bacaan menarik lainnya:

Darmaji, Tjiptono dan Hendy M. Fakhruddin. (2011). Pasar Modal Di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait