milenial

8 Kegiatan Sederhana yang Bisa Mengasah Otak

mengasah otak

Ingin memiliki tubuh ramping, olahraga. Ingin pintar, belajar. Tetapi bagaimana jika ingin bisa fokus pada semua itu? Kamu harus mengasah otak dengan kegiatan sederhana. Lakukan setiap hari dan rasakan hasilnya.

Otak merupakan pusat sistem saraf yang mengatur sebagian besar perilaku, gerakan, fungsi tubuh homeostasis, serta pemikiran si pemilik tubuh. Karena berkaitan erat dengan pemikiran, otak juga memengaruhi kognisi dan psikologi manusia. Sehingga otak mampu menyerap dan mengontrol semua hal. alhasil berpengaruh terhadap ingatan, proses belajar, begitu pula emosi.

Di sisi lain, ketika banyak hal yang harus dilakukan oleh otak, energi otak akan terbagi. Yang lebih parah adalah otak tidak berfungsi maksimal, memengaruhi kondisi mental pula. Ironisnya, terkadang seseorang tidak merasakan hal tersebut. Oleh karena itu sangat penting mengasah otak agar berfungsi baik dan dalam keadaan sehat.

Berikut ini kegiatan sederhana yang bisa mengasah otak:

Latihan buat otak. Ketika dewasa, otak kita telah mengembangkan jutaan jalur saraf. Sehingga kita dapat mengingat informasi lebih cepat, menyelesaikan waktu tepat waktu, dan menjalankan tugas lainnya. Namun hal itu kurang bisa mengasah otak.

Untuk mengasah otak dan terus tumbuh serta berkembang, kita perlu memberikan latihan. Latihan buat otak sama seperti senam otak. Misalnya, letakkan kedua tangan di atas paha. Telapak tangan kiri terbuka, sebelah kanan mengepal. Gerakkan bagian kiri maju mundur dan kanan memukul atas bawah dengan pelan. Gerakan tersebut bisa dimodifikasi. Lakukan setiap hari, 15-20 menit.

Malas melakukan hal tersebut? Tenang, ada cara lain. Di antaranya mengisi teka-teki silang (TTS), bermain scrabble, atau mulai memainkan catur bareng teman kantor.

Latihan fisik. Mengasah otak juga perlu latihan fisik. Pasalnya latihan fisik membantu otak tetap tajam, karena adanya penambahan oksigen, merangsang koneksi saraf baru, mengurangi stress, dan mengurangi risiko penyakit yang melumpuhkan fungsi memori. Seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, dementia, dan lainnya.

Lakukan latihan fisik minimal tiga kali dalam seminggu. Masing-masing latihan berdurasi sekitar 30 menit. Pilih latihan fisik yang sesuai dengan kondisi tubuh. Misalnya kamu suka olahraga lari, tetapi punya cedera lutut, pilih jalan santai sekitar rumah.

Jika meditasi membuat fisik maupun mental lebih baik, kenapa tak dilakukan? Sebuah studi mengatakan bahwa stress kronis dapat merusak otak. Sehingga seseorang harus melindungi dan mengasah otak dengan melakukan aktivitas atau kebiasaan yang mengurangi level stres.

Bersosialisasi. Jangan mengaku bersosialisasi, kalau hal itu dilakukan di dunia maya. Kita butuh bersosialisasi di dunia nyata. Bertemu sahabat, bertukar kabar, curhat, serta saling mendukung satu dan lainnya. Jadwalkan bertemu sahabat lama di kedai kopi favorit atau sempatkan berlibur bersama.

Selain itu, kita bisa mengikuti workshop yang berkaitan dengan pekerjaan. Di sini kita akan menjumpai berbagai tipe individu beserta dengan keahliannya. Berbicara dengan orang cerdas dapat mengasah otak serta ilmu.

Melakukan hal baru. Jika ada hal baru yang ingin dilakukan, segera realisasikan. Misalnya kamu sedang menerapkan gaya hidup zero waste, mulai dengan mengganti cairan pembersih rumah (sabun mandi, sampo, pasta gigi, sabun cuci piring) dengan yang natural. Ikuti workshop membuat sabun natural.

Di tempat workshop, kamu tak hanya mendapatkan ilmu saja. Namun juga menemui peserta lain, berbicara dengan mereka, berbagi pengalaman, dan mungkin saja ada kesempatan menjanjikan di sana.

Menekuni hobi. Saat sedang berkutat dengan pekerjaan, sering kali hobi dilupakan. Padahal melakukan hal yang disukai mampu mengasah otakmu. Jika memungkinkan, sempatkan menekuni hobi di setiap hari. Seperti bermain game, melainkan alat musik, atau membersihkan diecast yang lama tak tersentuh.

Melihat dan mendengar. Meski kita sibuk mengerjakan ini itu, tak ada salahnya untuk tetap melihat dan mendengar hal-hal di sekitar kita. Sebut saja membaca berita terkini atau novel, mendengarkan podcast, melihat film atau vlog. Bisa pula menjadi teman curhat teman. Dengan melihat dan mendengar hal-hal di sekitar akan melatih kepekaan indera, serta mengasah otak dalam menyerap semua informasi. Jika lelah, istirahatlah.

Istirahat. Kita bukan manusia super. Bukan juga artificial intelligence (AI), yang dapat menggunakan energi setiap hari dan melakukan pencarian informasi kapan saja. Kita adalah manusia. Adalah hal wajar jika kita merasa lelah dan jenuh. Kalau ingin menarik diri dari orang lain atau butuh waktu menenangkan diri, lakukan saja. Istirahatkan tubuh, otak, dan pikiran dari rutinitas sehari-hari.

Tetap belajar. Tak ada kata berhenti untuk belajar. Belajar tidak hanya untuk kepentingan akademis. Tetapi belajar di segala aspek, baik ketika di rumah, bertetangga, bersosialisasi, di kantor, atau di manapun kita berada. Karena belajar merupakan upaya dalam mengasah otak.

Tetap belajar poin di atas meski sudah dilakukan berulang-ulang. Jika sudah mumpuni, belajar hal baru. Sebut saja belajar investasi. Investasi merupakan kegiatan menanamkan modal yang bersifat sangat personal. Pasalnya kegiatan ini akan mempertimbangkan tujuan dan kemampuan si calon investor.

Oleh karena itu, tanyakan kepada diri sendiri, apakah kita ingin menggandakan kekayaan dengan cara benar? Apakah dalam waktu dekat kita ingin membeli rumah, menikah, atau ibadah? Apakah kita ingin menyiapkan dana pensiun? Jika ya, salah satu caranya adalah berinvestasi.

Tentukan tujuan hidupmu, lalu pelajari instrumen investasi. Manakah yang cocok denganmu? Pertimbangkan hal ini matang-matang. Namun untuk memantapkan niat berinvestasi, cari informasi terpercaya di Ajaib.

Delapan kegiatan di atas bisa mengasah otak. Tetapi harus kamu imbangi dengan asupan bernutrisi. Contohnya mengonsumsi makanan yang mengandung omega3 (ikan, biji-bijian, kacang-kacangan), aneka ragam buah dan sayur, mengonsumsi teh hijau, serta menghindari asupan tinggi gula dan garam. Lakukan setiap hari dan rasakan hasilnya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait