Investasi, Investor Pemula, Pemula

7 Saran Warren Buffett Untuk Para Fresh Graduate

Vintage Value Investing

Ajaib.co.id – Sebagai orang yang sudah mengenal asam-garam, pahit-manisnya dunia bisnis dan investasi, duo Berkshire Hathaway yaitu Warren Buffet dan Charlie Munger punya saran bagi semua yang baru lulus kuliah. Ini adalah kompilasi wawancara dengan Buffet dan Munger yang dikutip dari berbagai sumber.

Saran-saran mereka mungkin akan sangat berguna untuk kamu!

Bekerjalah Untuk Orang Atau Perusahaan Yang Paling Kamu Kagumi

Warren Buffett mengatakan bahwa beliau sering mendapat pertanyaan : “Kepada siapa saya harus bekerja ketika saya lulus kuliah?”

“Saya punya jawaban yang sangat sederhana… hal sebenarnya yang harus dilakukan adalah melamar kerja ke beberapa perusahaan atau individu yang kau kagumi. “

Mengapa kamu harus berada di sekitar orang yang paling kamu kagumi? Inilah pelajaran yang dipelajari  Warren Buffett setelah menghabiskan musim panas pertamanya setelah lulus kuliah di National Guard:

“Saya belajar bahwa lebih baik bergaul dengan orang yang lebih baik dari padamu, karena kamu akan sedikit terbawa ke atas. Dan jika kamu bergaul dengan orang-orang yang berperilaku lebih buruk darimu maka kamu akan segera menyesuaikan diri dan mulai meluncur ke bawah. Begitulah cara kerjanya.”

Tirulah Kebiasaan Orang Paling Sukses yang Kamu Ketahui

Ini adalah pemikiran yang diberikan oleh Warren Buffett di kelas mahasiswa Master of Business Administration-nya.

 “Ben Graham melihat sekeliling dan dia berkata, ‘Siapa yang saya kagumi?’ Dan dia ingin dikagumi dirinya sendiri dan dia berkata, ‘Mengapa saya mengagumi orang lain ini?’ Dan dia berkata, ‘Jika saya mengagumi mereka karena beberapa alasan, mungkin orang lain akan mengagumi saya jika saya berperilaku serupa dengan mereka.’ Dan dia memutuskan menjadi orang seperti apa yang dia inginkan.

Itu adalah sesuatu yang dapat dicapai oleh semua orang.”

Berinvestasi Pada Diri Sendiri Terlebih Dahulu

 Charlie Munger sudah menjadi sukses jauh sebelum ia benar-benar sukses. Buffet bercerita tentangnya;

“Charlie, sebagai pengacara yang sangat muda, mungkin mendapat $20 per jam. Dia berpikir, ‘Siapa klien saya yang paling berharga?’ Dan dia memutuskan itu adalah dirinya sendiri. Jadi dia memutuskan untuk men-service dirinya sendiri satu jam setiap hari. Dia melakukannya di pagi hari, dia berlatih mengerjakan proyek konstruksi dan kesepakatan real estat ini. Semua orang harus melakukan ini”

Charlie kemudian menambahkan;

 “Saya selalu ingin meningkatkan apa yang saya lakukan, bahkan jika itu mengurangi pendapatan saya di tahun tertentu. Dan saya selalu menyisihkan waktu agar saya dapat memainkan permainan yang menghibur dan meningkatkan kualitas diri saya sendiri. “

Menjadi Pembelajar Seumur Hidup

Baik Warren Buffett dan Charlie Munger adalah spons pengetahuan yang menyerap sebanyak mungkin informasi dan wawasan. Warren Buffett membaca 500 halaman sehari dan, ketika dia pertama kali memulai karirnya, ia biasa membaca 1.000 halaman sehari.

Berikut adalah dua nasihat bagus tentang masalah ini dari Charlie Munger :

“Berkembanglah menjadi pembelajar mandiri seumur hidup melalui bacaan; tumbuhkan rasa ingin tahu dan berusahalah menjadi sedikit lebih bijak setiap harinya.”

Dan:

“Saya baru saja membaca, membaca, dan membaca… Saya selalu menikmati membaca.”

“Saya hanya duduk di kantor dan membaca sepanjang hari.”

Perlakukan Tubuhmu Seperti Mobil Satu-Satunya yang Kamu Miliki Seumur Hidup

Saat memberi nasihat kepada orang dewasa muda, Warren Buffett sering berbicara tentang  dongeng tentang jin:

“Saat saya berusia enam belas tahun, saya hanya memikirkan dua hal – perempuan dan mobil,” kata Buffett. “Saya tidak terlalu pandai bergaul dengan perempuan. Jadi saya berpikir tentang mobil. Saya lebih pandai bergaul dengan mobil.

Katakanlah ketika saya berusia enam belas tahun, seorang jin muncul di hadapan saya. Dan jin itu berkata, ‘Warren, aku akan memberimu mobil pilihanmu. Itu akan berada di sini besok pagi dengan pita besar terikat di atasnya. Barang baru. Dan itu semua milikmu. ‘

Jin akan menjelaskan, ‘Tapi satu hal. Ini akan menjadi mobil terakhir yang akan kamu dapatkan dalam hidupmu. Jadi mobilmu harus bertahan seumur hidup.’

Dapatkah kamu bayangkan bahwa itu harus bertahan seumur hidup, apa yang akan saya lakukan dengannya? Pertama, saya akan membaca manualnya sekitar lima kali.  Jika ada sedikit penyok atau goresan, saya akan memperbaikinya segera karena saya tidak ingin mobilnya rusak. Saya akan merawat mobil itu, karena itu harus bertahan seumur hidup.

Persis seperti itulah posisimu dalam hal pikiran dan tubuhmu. Kamu hanya mendapatkan satu pikiran dan satu tubuh. Dan itu harus bertahan seumur hidup. Sekarang, sangat mudah membiarkan mobil atau tubuhmu berkelana selama bertahun-tahun. Tetapi jika kamu tidak menjaga pikiran dan tubuhmu, mereka akan hancur empat puluh tahun kemudian, seperti halnya mobil itu.

Apa yang kamu lakukan sekarang, hari ini, menentukan bagaimana pikiran dan tubuhmu akan bekerja sepuluh, dua puluh, dan tiga puluh tahun dari sekarang.”

Peluang Dalam Hidup Jumlahnya Terbatas, Gunakanlah Untuk Membuat Keputusan Finansial yang Tepat

Berikut analogi lain dari Warren Buffett:

“Peluang besar dalam hidup harus dimanfaatkan. Kami tidak melakukan banyak hal, tetapi ketika kami mendapat kesempatan untuk melakukan sesuatu yang benar dan besar, kami harus melakukannya. Dan bahkan melakukannya dalam skala kecil adalah kesalahan yang sama besarnya dengan tidak melakukannya sama sekali. Maksud saya, kamu benar-benar harus menangkap peluang saat datang. Karena kamu tidak akan mendapatkan 500 peluang besar.

Anggaplah kamu hanya punya sedikit saja peluang, katakanlah 20 kali saja dalam hidup. Dan setiap keputusan finansial yang kamu buat akan membutuhkan banyak uang. Dengan menyadarinya kamu akan menjadi sangat kaya, karena kamu akan memikirkan setiap keputusan yang diambil dengan sangat keras. 

Maksud saya, jika kamu pergi ke pesta koktail dan seseorang berbicara tentang sebuah peluang, sebuah perusahaan yang mereka bahkan tidak mengerti apa yang mereka lakukan atau tidak bisa mengucapkan namanya dengan benar tetapi mereka menghasilkan uang banyak minggu lalu, kamu tidak akan tertarik dengan itu karena kamu memikirkan keputusanmu dengan sangat keras.

Akan ada godaan untuk mencoba-coba – terutama selama pasar saham bullish, godaan itu sangat kuat. Zaman sekarang lebih mudah berinvestasi dari sebelumnya karena kamu dapat melakukan investasi secara online. Pikirkanlah dengan keras dan berhati-hatilah.

Kembangkan “Kartu Skor Batin” Kamu Sendiri

Terakhir, Warren Buffett berkata bahwa kita seharusnya tidak peduli dengan apa yang dunia pikirkan. Kamu perlu mengembangkan motivasi internal sendiri dengan “Kartu Skor Batin”:

‘ Apakah kamu lebih suka menjadi kekasih terhebat di dunia, tetapi apakah semua orang mengira kamu adalah kekasih terburuk di dunia? Atau apakah kamu lebih suka menjadi kekasih terburuk di dunia tetapi apakah semua orang mengira kamu adalah kekasih terhebat di dunia? ‘ Nah, itu pertanyaan yang menarik.

Jika semua penekanannya adalah pada apa yang dunia akan pikirkan tentang kamu, dan melupakan tentang menjadi seseorang yang benar-benar tulus maka kamu akan mendapatkan sanjungan tapi bukan kepuasan diri sejati. Kamu akan mendapat Kartu Skor Luar yang tinggi tapi Kartu Skor Batinmu rendah.’

Artikel Terkait