Teknologi

7 Rekomendasi Aplikasi Kasir Pintar untuk Bisnis

Ajaib.co.id – Apa salah satu kesulitan bisnis dalam menjalankan operasinya? Mencatat transaksi keluar dan masuk. Berapa lama waktu yang dihabiskan untuk setiap transaksi? Misalnya, Indomaret, berapa menit waktu yang terpakai untuk melayani pelanggan?

Beruntunglah para pengusaha saat ini dimudahkan oleh berbisnis. Saat ini, kasir pintar atau dikenal dengan POS (Point of Sales) telah menjadi salah satu kebutuhan agar aktivitas bisnis menjadi efektif dan efisien.

POS membuat transaksi keuangan jadi lebih mudah, cepat, dan aman, pengecekan stok dan harga barang menjadi lebih efektif, hingga keuntungan lainnya yang tidak diperoleh menggunakan transaksi manual. Selain itu, POS juga inklusif, ini artinya tidak hanya digunakan oleh jenis usaha atau bisnis besar, tetapi juga bisnis kecil karena harganya murah bahkan gratis.

Namun, dengan banyaknya aplikasi kasir pintar yang tersedia saat ini, pengusaha harus jeli menentukan POS yang menawarkan fitur berdasarkan kebutuhan. Selain itu, harga juga bisa menjadi pertimbangan agar pengusaha tidak mengeluarkan dana yang lebih banyak untuk fitur yang belum tentu berguna.

Di bawah ini adalah 7 rekomendasi POS yang dapat kamu bandingkan berdasarkan fitur dan kebutuhan bisnismu.

POS Qasir

Aplikasi kasir yang pertama adalah Qasir. Bagi kamu pemilik bisnis UMKM yang membutuhkan POS sederhana tapi dengan banyak fitur. Qasir telah diunduh lebih dari 100 ribu pengguna untuk membantu operasi bisnis.

Beberapa fitur yang ditawarkan Qasir di antaranya, pencatatan seluruh transaksi (digital dan tunai), pengelolaan stok produk (tambah/hapus produk, keterangan produk, dan penyuntingan stok), pengelolaan cabang (tambah, edit, hapus, menambah data pegawai di setiap cabang), pengelolaan pegawai, laporan bisnis (pembelian terbanyak danproduk paling laku), printer & barcode scanner, dan pembayaran melalui QR Code.

Tidak hanya menawarkan berbagai fitur, Qasir hadir dengan tampilan yang sederhana, mudah digunakan, dan gratis. Namun, bagi kamu yang ingin mendapatkan fitur premium, kamu harus membayar biaya ekstra agar bisa menggunakannya.

Kasir Pintar

Sesuai namanya, aplikasi POS dengan tampilan sederhana ini menawarkan fitur pintar melalui teknologi cloud. Ini memungkinkan penggunanya yang kini sudah mencapai 500.000 bisa mengakses fiturnya baik online maupun offline.

Kasir Pintar terbagi menjadi dua, yaitu versi free dengan fitur yang terbatas dan versi pro dengan fitur yang lebih kompleks. Beberapa fitur dari Kasir Pintar meliputi pengaturan dan pengeditan data produk di mana pun dan kapan pun, penggunaan sistem barcode, dan laporan profit & loss yang lengkap.

MokaPOS

Kasir pintar selanjutnya adalah MokaPOS, aplikasi POS online berbasis Cloud yang sudah memiliki banyak pengguna dari berbagai industri bisnis. MokaPOS tidak hanya bisa diunduh di perangkat Android, tapi juga di perangkat berbasis iOS.

Fitur yang ditawarkan MokaPOS di antaranya menyusun daftar menu, stok barang, laporan transaksi, hingga menambahkan harga. Selain itu, kelebihan yang MokaPOS berikan untuk penggunanya adalah fitur Cloud yang memungkinkan kamu memantau bisnis di mana pun dan kapan pun. Tidak ketinggalan fitur laporan keuangan real-time yang bisa diakses online dan offline.

MokaPOS bisa dicoba gratis selama 14 hari, tetapi kamu akan dikenakan biaya langganan sebesar Rp. 299.000 per bulan jika ingin menikmati fitur-fiturnya.

Omega POS

Aplikasi milik PT. Omega Teknologi Indonesia ini memiliki fitur unik dan sangat berguna bagi bisnis yang memiliki banyak cabang, yaitu pengelolaan stok yang dapat digunakan langsung di beberapa store.

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 10 ribu pengguna ini juga fokus dalam meningkatkan penjualan, salah satunya kebutuhan pelanggan. Omega POS menawarkan fitur meningkatkan penjualan dengan memaksimalkan data yang ada, misalnya keinginan dari pelanggan. Omega POS juga memiliki fitur lain, di antaranya analisis data, inventory dan akuntansi.

Kamu bisa mencoba fitur-fitur kasir pintar Omega POS gratis selama 14 hari, yang kemudian akan dikenakan tarif sebesar Rp 165.000 per bulan untuk berlangganan.

Ameera Kasir Online

POS selanjutnya adalah, aplikasi kasir yang diciptakan oleh Duta Data Teknologi. Aplikasi ini memudahkan kamu sebagai pelaku bisnis, terutama dalam melakukan transaksi jual beli, pengelolaan inventory, sampai laporan hasil usaha.

Bagi kamu yang memiliki beberapa cabang bisnis, Ameera bisa kamu gunakan untuk melakukan pengelolaan secara bersamaan, sekaligus memberikan laporan keuangan yang dijalankan secara lengkap. Ameera memberikan masa percobaan gratis selama 14 hari, lalu kamu harus membayar biaya langganan sebesar Rp 150.000 per bulan.

POST

POST yang dikembangkan oleh PT. Payfazz Teknologi Nusantara ini telah digunakan oleh lebih dari lima puluh ribu orang dan bisa kamu coba gratis selama 30 hari, kemudian dikenakan biaya langganan.

POST menawarkan berbagi fitur pintar yang tidak ditawarkan POS lainnya untuk membantu aktivitas bisnis kamu jadi lebih mudah, di antaranya mencatat pesanan lebih cepat, menambahkan tarif pajak, menggunakan opsi layanan bisnis (take away, dine-in, atau delivery), data penjualan diakses secara real-time, mencatat transaksi tunai dan nontunai, hingga bisa disambungkan dengan beberapa perangkat pendukung seperti barcode dan printer.

Majoo

Mengusung nama yang unik, Majoo telah berhasil menggaet perhatian pelaku bisnis dan telah diunduh lebih dari 10.000 pengguna. Fiturnya terbilang lengkap dan bisa digunakan oleh bisnis dari berbagai sektor.

Beberapa fitur aplikasi POS ini di antaranya, pengelolaan stok, CRM, laporan lengkap, e-wallet, pengelolaan keuangan, dan pengelolaan pegawai.

Kamu juga bisa mengelola promosi, jenis pembayaran, voucher, hingga mengatur layout cabang sesuai preferensi. Majoo bisa kamu gunakan secara gratis hingga saat ini, tapi untuk fitur yang lebih lengkap kamu perlu membayar biaya ekstra untuk berlangganan.

Artikel Terkait