7 Peristiwa Tidak Terduga yang Membutuhkan Dana Darurat

Hidup memang penuh kejutan tak terduga. Perbaikan mobil, penyakit, dan mendadak pengangguran dapat membuat Anda lengah dan membuat Anda terdampar secara finansial. Ketika hal yang tidak terduga terjadi, penting untuk menyimpan uang tunai di dana darurat.
Minimal, dana darurat harus terdiri dari tiga bulan dari biaya hidup Anda. Jika Anda membayar 5 juta sebulan untuk menutupi dasar-dasar seperti perumahan, utilitas dan makanan, maka sisihkan 15 juta dalam dana darurat Anda. Jika Anda memiliki tanggungan, dana darurat Anda harus terdiri dari enam bulan dari biaya hidup Anda.
Berikut adalah tujuh kejutan yang seharusnya memotivasi Anda untuk memulai atau menambah dana darurat:
# Kehilangan pekerjaan
Apakah Anda di PHK atau memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan karena alasan pribadi, dana darurat menyediakan jaring pengaman pendapatan sementara untuk membantu membayar kebutuhan.
# Darurat medis
Bahkan jika Anda memiliki asuransi kesehatan, itu tidak selalu mencakup seluruh biaya perawatan, terutama jika Anda atau anggota keluarga membutuhkan operasi besar atau terapi fisik.
# Biaya hidup meningkat
Ekonomi yang berfluktuasi dapat berarti tagihan dan pembayaran perumahan yang berfluktuasi. Apakah harga sewa Anda meroket ketika Anda memperpanjang sewa atau tagihan pemanas Anda naik lebih tinggi dengan biaya energi, dana darurat akan memungkinkan Anda untuk menutupi biaya-biaya ini sampai Anda menemukan alternatif keuangan yang lebih baik.
# Anda mendadak dipindahkan ke kota lain
Jika perusahaan Anda memindahkan Anda ke kantor baru atau Anda baru saja menerima pekerjaan impian Anda di luar negeri, atasan Anda akan sering membantu membayar biaya pemindahan Anda tetapi tidak sepanjang waktu dan tidak selalu dengan jumlah penuh. Biaya sewa, pindahan dan perabotan tempat baru dapat bertambah dengan sangat cepat, jadi jika Anda berpikir perubahan lokasi terkait pekerjaan adalah suatu kemungkinan, pastikan Anda memiliki bantalan untuk membayarnya.
# Biaya mobil
Jika mengemudi adalah alat transportasi utama Anda, masalah dengan mobil Anda bukan hanya sakit kepala karena macet. Kerusakan mobil Anda dapat berdampak pada kemampuan Anda untuk pergi bekerja, berbelanja bahan makanan dan memenuhi kegiatan lain dalam rutinitas harian Anda. Kasus terbaik datang ketika masalah dengan mobil Anda memerlukan penggantian suku cadang kecil. Paling buruk, Anda harus mengganti suku cadang sepenuhnya. Dalam dua kasus tersebut, perawatan mobil mahal dan sering kali dibutuhkan tiba-tiba. Memiliki dana darurat dapat membantu mengurangi situasi yang selalu membuat stres ini.
# Perbaikan rumah tangga utama
Anda mungkin memiliki asuransi untuk menutupi beberapa masalah rumah tangga yang lebih umum, tetapi jika Anda memiliki deduksi tinggi, mungkin merupakan tantangan untuk menghasilkan uang tunai untuk menutupi perbaikan. Ketika Anda sedang meratapi banjir di lantai dasar rumah Anda ketika musim hujan tiba, yakinlah bahwa dana darurat Anda akan ada di sana untuk membantu Anda.
# Perjalanan tak terduga
Mungkin tampak tidak menyenangkan untuk merencanakan masa depan untuk berkabung, tetapi jika Anda kehilangan orang yang dicintai, hal terakhir yang ingin Anda khawatirkan adalah biaya perjalanan. Anda juga tidak ingin biaya tiket pesawat untuk mencegah Anda berada di sana untuk kelahiran keponakan Anda. Jika Anda harus melakukan perjalanan yang tidak terduga, dana darurat Anda dapat membantu menjaga tagihan kartu kredit Anda dan mengurangi stres.
Dana darurat memberikan ketenangan mengetahui Anda memiliki uang pada saat terjadi peristiwa yang tak terduga. Jika memulai dana darurat terasa berat, mulailah dari yang kecil. Menyisihkan bahkan beberapa puluh ribu seminggu akan membantu membangun cadangan seiring waktu.
Share to :
Artikel Terkait