7 Cara Terbaik Menghemat Uang Muka Rumah Anda

Bahkan jika Anda belum berencana membeli rumah selama beberapa tahun ke depan, Anda mungkin Anda mulai berpikir bagaimana cara menabung untuk pembayaran uang muka calon rumah Anda. Tidak seperti menabung untuk masa pensiun, di mana dana yang Anda simpan kemungkinan besar tidak akan diakses selama bertahun-tahun lagi, uang muka adalah sejumlah besar uang yang harus segera Anda akses.
Ini berarti secara perlahan menyisihkan jumlah kecil dan menginvestasikannya di pasar saham tidak akan berhasil. Melalui tujuh langkah ini, kami akan membahas cara dari mulai menabung untuk melakukan pembelian terbesar yang kemungkinan Anda akan lakukan, dan bagaimana melakukannya dengan cara yang paling cerdas.
# Langkah 1: Cari tahu berapa banyak yang harus Anda simpan
Sebelum Anda mulai menabung uang muka untuk sebuah rumah, Anda harus terlebih dahulu tahu berapa banyak yang harus Anda tabung. Rencanakan untuk duduk bersama pemberi pinjaman hipotek yang akan memberi tahu Anda berapa banyak hipotek yang memenuhi syarat untuk Anda.
Langkah 2: Tentukan time frame Anda atau jangka waktu
Langkah selanjutnya adalah menentukan time frame atau jangka waktu Anda. Secara alami, semakin pendek jangka waktu Anda, semakin tinggi tujuan tabungan tahunan Anda.
Langkah 3: Temukan cara terbaik untuk menghemat uang muka Anda
Sebagai aturan, karena uang yang Anda tabung untuk pembayaran uang muka di rumah memiliki tujuan tertentu, dan perlu dicapai dalam jangka waktu tertentu, Anda tidak boleh menyimpan uang dalam kendaraan investasi tipe risiko (saham, investasi properti, reksa dana saham dan sebagainya. Sebaliknya, Anda harus menyimpan uang Anda di kendaraan sangat aman seperti rekening tabungan bank, deposito atau reksa dana pasar uang.
Tentu, Anda mungkin dapat memperoleh lebih banyak uang dengan menginvestasikan uang muka Anda di investasi berisiko tinggi, tetapi ada juga risiko nyata bahwa Anda akan kehilangan uang dalam proses tersebut.
Ingat, jika Anda menabung untuk rumah, skenario terburuk tidak akan kehilangan pengembalian, itu akan kehilangan sebagian uang yang Anda butuhkan untuk membeli rumah Anda.
Langkah 4: Buat ruang dalam anggaran Anda
Karena kita berbicara tentang menghemat puluhan juta rupiah per tahun, Anda harus membersihkan beberapa ruang dalam anggaran Anda untuk memastikan bahwa tujuan tabungan Anda dapat dilakukan. Itu berarti Anda mungkin harus mendapatkan penghasilan tambahan, mengurangi pengeluaran, atau keduanya.
Tetapi, membuat ruang dalam anggaran Anda dapat membantu Anda menghemat jenis uang yang Anda perlukan untuk uang muka Anda, dan itu juga akan mempersiapkan Anda untuk mengelola jenis anggaran yang lebih ketat yang dibutuhkan pemilik rumah.
Langkah 5: Siapkan rencana tabungan otomatis
Kecuali jika Anda adalah memang disiplin dalam menabung, Anda perlu mengotomatiskan proses menabung Anda. Itu berarti semacam rencana penghematan gaji. Anda harus mengalokasikan persentase tertentu dari pembayaran reguler Anda untuk langsung ke rekening tabungan atau rekening pasar uang yang didedikasikan untuk mengumpulkan dana untuk pembayaran uang muka Anda.
Ini tidak hanya membuat proses otomatis, tetapi juga membuatnya tidak terlihat. Uang berpindah dari gaji Anda ke rekening tabungan khusus tanpa Anda sadari terjadi. Itu akan menghilangkan godaan dan kemampuan untuk menghabiskan uang untuk tujuan lain.
Langkah 6: Simpan rezeki nomplok Anda
Anda dapat membuat proses menyimpan uang untuk pembayaran uang muka di rumah lebih mudah atau bahkan mempersingkat prosesnya dengan menabung bonus Anda. Ini dapat mencakup Tunjangan Hari Raya (THR), bonus tahunan atau komisi, atau bahkan penjualan aset pribadi.
Dengan mendepositokan dana ini ke rekening tabungan uang muka Anda, Anda mempercepat proses menabung uang untuk membeli rumah masa depan Anda. Secara teratur menyetor jutaan rupiah per tahun dalam rezeki nomplok dapat memotong beberapa tahun dari jangka waktu tabungan Anda.
Langkah 7: Bangun fleksibilitas ke dalam rencana tabungan Anda
Apa pun besarnya uang muka Anda, penting untuk membangun fleksibilitas ke dalam rencana tabungan Anda.
Meskipun Anda menabung, akan ada tuntutan lain pada keuangan Anda. Ini dapat mencakup perbaikan mobil, penggantian mobil, biaya pengobatan yang tidak ditemukan, atau bahkan kehilangan pekerjaan sementara. Tidak satu pun dari ini akan secara ajaib berhenti hanya karena Anda memiliki tujuan menghemat uang untuk pembayaran uang muka di rumah. Anda harus siap ketika itu terjadi.
Pastikan bahwa Anda memiliki dana darurat bahkan sebelum Anda mulai menabung untuk uang muka Anda dan simpan dengan baik. Selain itu, jika Anda memiliki biaya yang dapat diprediksi, seperti mengganti mobil Anda, Anda harus mempersiapkan biaya tersebut secara bersamaan.
Share to :
Artikel Terkait