Perencanaan Keuangan

7 Cara Mengatur Uang Gaji Bulanan Kamu dengan Lebih Baik

cara mengatur uang gaji

Ajaib.co.id – Butuh cara mengatur uang gaji bulanan agar tidak kepepet terus di tanggal tua? Jangan khawatir, redaksi Ajaib memiliki kiat cara mengatur uang gaji yang ampuh. Untuk itu, yuk simak ulasan berikut ini.

Dalam dunia konsumerisme, kita semua berjuang keras untuk menjalani kehidupan yang menyenangkan dengan anggaran yang terbatas. Pada masa resesi dan inflasi, menjalani kehidupan yang ekonomis namun terjangkau dapat menjadi tugas yang mengerikan. 

Karena itu, seseorang ingin menjadi stabil secara finansial dan menghasilkan lebih banyak uang. Meskipun penghasilan itu penting, tetapi sama pentingnya untuk belajar bagaimana cara menabung atau membelanjakan gaji bulanan kamu. 

Jadi, meluangkan waktu untuk mengelola gaji kamu akan dapat benar-benar bermanfaat untuk ke depannya. Ini dapat membantu kamu untuk tidak hanya membayar tagihan tepat waktu, tetapi juga menghemat sejumlah uang yang layak hingga akhir tahun.

Ini pasti akan membantu kamu menjadi bebas beban. Kamu sekarang dapat dengan mudah melakukan perjalanan ke destinasi impian kamu atau melunasi hutang atau membeli mobil baru atau gadget mahal lainnya. Yang perlu kamu lakukan adalah membuat daftar pengeluaran kamu dan memprioritaskannya. 

Kamu harus merencanakan semuanya dan mengendalikan pengeluaran sebisa mungkin. Kamu harus selalu memutuskan jumlah tetap yang dapat kamu sisihkan setiap bulan sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang biaya tambahan untuk acara-acara khusus seperti pesta ulang tahun yang mewah atau makan malam ulang tahun teman.

Berikut adalah beberapa cara mengatur uang gaji kamu dengan lebih baik lagi:

1. Katakan Tidak ke Kartu Kredit

Jangan menggunakan kartu kredit, karena dengan menggunakan kartu kredit, kamu akan lebih mudah untuk melupakan batasan pengeluaran bulanan kamu. Cobalah untuk membeli barang melalui uang tunai atau menggunakan kartu debit.

Karena dengan cara ini, kamu tidak akan menghabiskan uang di luar batas kamu. Ketika kamu tidak menggunakan kartu kredit untuk membeli barang, kamu memiliki kesempatan untuk menghapus semua hutang yang kamu miliki.

2. Berpikir Sebelum Berbelanja

Sebelum kamu pergi berbelanja, buatlah sebauh daftar dengan urutan barang-barang penting atau vital yang perlu kamu beli. Jika kamu tetap membeli pada daftar dan tidak melampaui daftar yang kamu buat, tidak ada keraguan tentang fakta bahwa kamu membelanjakan uang kamu dengan bijak dan juga mengendalikannya dengan baik. 

Selain itu, cobalah untuk mengontrol belanjaan online kamu karena banyak iklan-iklan belanja online yang menggiurkan. Karena itu, yang terbaik adalah menjauhi “transaksi” dalam belanja online sebanyak mungkin, yang akhirnya menjauhkanmu dari membeli apa yang tidak kamu butuhkan.

Kurangi pengeluaran kamu untuk barang-barang yang tidak diinginkan atau tidak penting. Ketika anggaran kamu terbatas dan kamu mencoba untuk menghemat uang, kamu harus sangat ketat saat menghabiskan uang untuk barang-barang mahal.

3. Gunakan Langganan yang Terjangkau

Berlanggananlah langganan musik, film, dan paket seluler yang murah dan terjangkau. Yang terbaik adalah tetap terhubung dengan teman dan keluarga kamu melalui internet daripada meningkatkan tagihan seluler kamu.

4. Carilah Diskon

Rencanakan tagihan makanan mingguan kamu dan beli hanya makanan yang benar-benar kamu butuhkan. Jika kamu benar-benar ingin makan di luar dan sudah bosan dengan makanan yang kamu buat sendiri, carilah diskon dan periksa penawaran khusus. Ini dapat menghemat uang kamu.

5. Hindari Jajan di Luar

Kamu dapat jajan dengan teman-teman sesekali dan menghabiskan ratusan ribu rupiah dalam satu malam. Itu hal yang wajar untuk dilakukan dalam sebulan sekali, tetapi jika kamu melakukannya setiap minggu, itu sama saja dengan buang-buang uang. 

Alih-alih makan di luar atau memesan makanan dari berbagai aplikasi setiap hari, kamu dapat memasak makanan di rumah atau mungkin membawa kotak makan siang ke kantor.

6. Liburan yang Terjangkau

Jika kamu terbiasa berlibur setiap tahun ke lokasi yang eksotis dan menghabiskan banyak biaya, kamu harus mempertimbangkannya lagi dan menjadikannya sebagai titik bahwa liburan kamu dapat berjalan di suatu tempat yang lebih terjangkau dan murah.

7. Aturan Sederhana untuk Mengelola Gaji Kamu

Ada aturan sederhana untuk menabung 20:30:50 yang berarti 20 persen gaji adalah untuk tabungan dengan tujuan yang jelas, seperti membeli mobil atau sepeda motor impian, mungkin perjalanan yang kamu rencanakan.

Setelahnya, 30 persen untuk biaya “boros”, seperti makan di restoran, hingga jajan di luar. Lalu, 50 persen dari gaji adalah untuk tagihan yang perlu kamu bayarkan.

Ada beberapa aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengatur uang juga. Ada beberapa hal berguna yang dapat kamu peroleh saat menggunakan aplikasi. Dengan menggunakan aplikasi kamu tidak hanya dapat memeriksa pengeluaran kamu, tetapi kamu juga memiliki pengingat visual yang mencegah kamu melebihi batas kamu. 

Investasi adalah cara lain kamu dapat menghasilkan uang. Jika kamu memiliki tujuan keuangan lain yang perlu kamu penuhi, investasi adalah cara yang cerdas dan cepat untuk mendekati tujuan tersebut. Belum lagi, kamu juga bisa menghemat pajak juga. 

Jika kamu seseorang berusia 20-an yang ingin melakukan investasi untuk pertama kalinya, pertimbangkan beberapa opsi untuk membuat keputusan yang tepat. Salah satu investasi yang paling banyak disarankan adalah investasi jenis reksadana.

Jika kamu berencana berinvestasi di usia 20-an, kamu memiliki keuntungan di usia muda, dan melihat kekayaan kamu meningkat dari waktu ke waktu. Salah satu aplikasi reksadana terbaik saat ini adalah aplikasi investasi Ajaib. Ajaib telah disertifikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi investasimu tetap aman dan terkendali.

Itu dia adalah 7 cara mengatur uang gaji yang bisa membuat keuanganmu lebih baik. Jika kamu membuat langkah untuk mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas, itu pasti akan membantu kamu mengatur gaji kamu dengan lebih baik. 

Dan itu akan bisa membawa perbedaan besar dalam hidup kamu dan kamu akan menjadi lebih mudah untuk menghemat uang. Kamu tidak perlu khawatir juga selama krisis atau situasi darurat apa pun. Sekarang, kamu dapat menjalani kehidupan yang bebas dari ketegangan dan menikmati setiap bagiannya.

Artikel Terkait