Investor Pemula

7 Aplikasi Simulasi Trading Saham Android Terbaik

Simulasi Trading Saham

Ajaib.co.id – Sebagai investor pemula, ada saatnya kamu ingin melakukan trading saham sendiri, terlepas dari manajer investasi. Namun saat kamu ingin melakukannya, tentu terlebih dahulu kamu harus mempelajarinya.

Jangan sampai ketika terjun dalam dunia trading saham, bukan keuntungan yang kamu peroleh, namun kerugian. Prinsip dasar memeroleh keuntungan dalam trading saham tidak sekadar memilih saham ketika harga saham sedang rendah dan menjual saham ketika harganya tinggi.

Namun juga bagaimana kamu menganalisis harga saham ketika turun dan naik. Kemudian memeroleh keuntungan dari kondisi saham sedang turun atau naik.

Maka dari itu, sebelum memulai melakukan trading saham secara real time dan nyata, disarankan untuk memulainya dengan simulasi trading saham.

Cara latihan melakukan trading saham juga berbeda-beda, mulai dari melakukan latihan dari aplikasi pada android sampai dengan menggunakan laptop.

Saat ini ada beberapa aplikasi simulasi trading saham yang sering digunakan bagi para pemula sebelum menjadi trader saham sesungguhnya.

Dengan melakukan latihan melalui simulasi trading saham, maka kamu bisa lebih mudah untuk terjun ke aplikasi trading secara real.

Dalam melakukan latihan simulasi trading saham, tentunya kamu bisa menggunakan uang virtual yang disediakan dan mulai bermain dengan pergerakan-pergerakan harganya.

Dalam latihan simulasi trading saham, kamu tentunya juga harus bersiap dengan keruntungan tinggi dan kerugian yang mungkin akan kamu alami. Ini karena, secara realita memang bermain saham tidak jauh dari perubahan-perubahan harga yang sangat volatile.

Nah, tidak perlu berpanjang kata, berikut 8 aplikasi simulasi trading saham online gratis terbaik yang bisa kamu jadikan bahan latihan, antara lain :

1.   Stockbit

Simulasi trading saham pertama yang bisa kamu install ke android kamu adalah Stockbit. Di kalangan trader, Stockbit merupakan salah satu aplikasi yang cukup membantu untuk melakukan trading saham.

Dengan aplikasi trading saham Stockbit, maka kamu bisa mulai melakukan latihan jual beli saham secara real time.

Aplikasi Stockbit memberikan dana untuk bermain saham sampai dengan Rp100 juta. Dengan begitu, kamu bisa membeli saham perusahaan dan emiten unggulan ataupun blue chip.

Menggunakan Stockbit sangat memudahkan kamu, hampir semua perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia ada di dalam aplikasi ini. Termasuk juga pergerakan data saham yang sesungguhnya.

Beberapa saham unggulan yang ada di Stockbit, antara lain PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT BNI Tbk (BBNI), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT Adaro Energi Tbk (ADRO), dan lain-lain.

Walaupun hanya secara virtual, dengan aplikasi Stockbit kamu akan serasa menjalani trading secara nyata. Sehingga ketika kamu masuk ke sistem trading yang sesungguhnya kamu tidak akan kebingungan.

Deretan fitur yang melengkapinya antara lain adalah: order book, buy, sell, order list, trade list, holdings (portfolio), account, dan notifikasi.

2.   Stock Trainer: Virtual Trading (Stock Markets) dan Stock Screener: Find Stocks

Selanjutnya, ada juga aplikasi simulasi trading saham dengan nama Stock Trainer: Virtual Trading (Stock Markets) dan Stock Screener: Find Stocks. Dua aplikasi ini tentunya akan memudahkan kamu uuntuk belajar investasi saham secara real time.

Dengan dua aplikasi ini, tentunya belajar simulasi trading saham akan lebih mudah. Misalkan saja, dengan aplikasi Stock Trainer kamu bisa melakukan transaksi jual-beli saham, sedangkan pada aplikasi Stock Screener kamu bisa memantau bentuk pergerakan saham perusahaan secara real time.

3.   StockMarketSim

StockMarketSim adalah alternatif aplikasi yang tidak kalah bagus. Simulasi trading saham yang dikeluarkan oleh LineCentury Inc ini bisa kamu install melalui android kamu.

Di aplikasi StockMarketSim ini setiap pengguna dapat melakukan simulasi trading dengan dana virtual mulai dari USD10.000 yang setara dengan Rp150.000.000 jika dipehitungkan dengan kurs Rupiah per 1 USD = Rp15.000.

Aplikasi ini tidak memberikan batasan, kapan saja kamu bisa melakukan trading saham.

Dalam StockMarketSim kamu tidak hanya disuguhkan saham virtual dalam negeri saja, namun juga banyak saham-saham luar negeri yang bisa kamu beli dengan cara virtual dan real time. Namun sayangnya aplikasi ini mungkin akan banyak menampilkan popup iklan.

4.   Trading Simulator

Ada juga aplikasi Trading Simulator yang bisa kamu manfaatkan sebagai simulasi trading saham melalui android. Dalam aplikasi ini, kamu dapat bertransaksi secara real time. Aplikasi ini juga menampilkan perusahaan dan emiten secara virtual.

5.   Trading Game

Kemudian ada juga aplikasi Trading Game yang bisa kamu gunakan untuk simulasi trading saham. Dalam aplikasi ini, kamu akan belajar mengenai trading forex atau valuta asing (Valas).

Sebagai informasi, trading valas yang dimaksud adalah mengelola modal milik kamu dengan melakukan transaksi jual beli mata uang secara virtual di pasar valas.

Aplikasi ini nantinya akan memberikan kamu modal awal sebesar 500 dollar AS.

Namun, untuk mulai bertransaksi virtual kamu harus memiliki sedikitnya 1.000 dollar AS. Sehingga nanti kamu akan diminta untuk bermain game dan menjawab kuis-kuis yang disediakan untuk mencukupi modal trading kamu.

6.   Trader Trainer

Kemudian, simulasi trading saham Trader Trainer yang merupakan aplikasi yang mirip dengan Stock Market Simulator. Yang membedakan hanyalah pada aplikasi Trader Trainer tidak ada yang namanya tutorial trading.

Dalam aplikasi Trader Trainer kamu nantinya akan diberikan dana awal trading sebesar 25.000 dollar AS. Kemudian kamu bisa menggunakan dana ini untuk melakukan jual beli di pasar saham dengan mudah secara virtual.

7.   Invstr

Aplikasi simulasi trading saham selanjutnya adalah aplikasi Invstr yang merupakan aplikasi yang berasal dari luar negeri. Aplikasi ini juga menghadirkan beragam saham terkenal dunia seperi saham-saham di bursa AS Wall Street dan saham di pasar Asia.

Aplikasi ini akan memberikan kamu dana awal sebesar 1 juta dollar AS, di mana kamu bisa memilih 1.000 macam saham yang disediakan secara real time.

Artikel Terkait