Cryptocurrency

6 Situs Cloud Mining Terpercaya yang Bisa Diandalkan

Situs Cloud Mining
Situs Cloud Mining

Ajaib.co.id – Harga Bitcoin terus melambung tinggi. Pada awal November 2020 lalu, harga satu Bitcoin mencapai Rp168,5 juta. Sedangkan pada 7 April 2021, harganya sudah menyentuh angka Rp 815,1 juta per Bitcoin.

Pantas saja banyak orang mulai melirik mata uang elektronik ini sebagai investasi. Namun, untuk bisa mendapatkannya salah satu caranya adalah dengan menambang. Kamu bisa menggunakan beberapa situs cloud mining untuk proses menambang Bitcoin jadi lebih mudah.

Ada banyak pilihan situs mining Bitcoin yang bisa kamu coba. Namun, sebelum mencari tahu lebih lanjut, ada baiknya kamu memahami lebih dulu pengertian dan juga cara kerjanya.

Apa Itu Cloud Mining

Cloud mining adalah suatu proses penambangan Bitcoin dengan menggunakan pusat data jarak jauh. Hal ini memungkinkan penggunanya untuk mining Bitcoin atau cryptocurrency tanpa harus membeli perangkat keras.

Secara sederhananya, kamu membeli CPU power dari data center yang punya perlengkapan lengkap untuk aktivitas mining atau menambang Bitcoin. Dengan kata lain, metode ini memungkinkan kamu untuk mengakses ruang penambangan tanpa perlu mengeluarkan biaya listrik yang besar.

Akan tetapi, timbal baliknya adalah kamu perlu menginvestasikan sejumlah uang ke dalam operasi mining komplit yang dibutuhkan agar proses penambangan bisa berhasil.

Keuntungan menggunakan cloud mining ini yaitu kamu tidak harus punya pengetahuan mendalam tentang hardware mining dan tidak perlu juga membeli peralatan komputer yang mahal. Cukup hanya menyewa hashpower kamu pun tidak perlu berhubungan langsung dengan panas dan suara bising dalam proses menambang.

Namun, meski terbilang hemat cara mining Bitcoin menggunakan metode ini punya risiko tinggi. Misalnya, untuk menambang Bitcoin di situs cloud mining, kamu harus membayar terlebih dahulu di depan atau istilah lainnya uang muka.

Apabila harga sedang turun, kemungkinan kamu bakal terjebak dalam proses penambangan yang merugi. Kamu akan mendapat untung jika harga Bitcoin kembali naik.

Pilihan Situs Cloud Mining Terbaik dan Terpercaya

Proses menambang Bitcoin menggunakan cloud mining bisa dilakukan di beberapa pilihan situs terbaik berikut ini.

1. Bitcoin Pool

Situs ini disediakan langsung Bitcoin.com yang bertujuan menyediakan layanan mining Bitcoin paling kompetitif. Dalam iklan nya mereka memberikan Pay Per Share (PPS) paling tinggi secara global dengan hadiah blok sebesar 98%.

Pemakaian cukup mudah dan tak butuh lama untuk bisa segera mulai melakukan aktivitas menambang. Ada dua pilihan alternatif untuk menambang, yaitu di Bitcoin Cash (BCH) atau Bitcoin Core (BTC). Kamu bisa pilih mana saja yang dianggap paling menguntungkan.

Kamu pun bisa memantau aktivitas mining melalui aplikasi seluler Android maupun iOS. Dengan begitu kamu bisa melacak pemakaian dan nilai akun milikmu kapanpun kamu mau.

2. HashFlare

HashFlare merupakan salah satu layanan cloud mining yang diciptakan oleh para spesialis dari HashCoins di tahun 2015 silam. Menariknya hanya dalam waktu singkat, HashFlare sudah mampu menjadi satu diantara banyaknya penyedia daya komputasi terbesar untuk penambangan cryptocurrency, seperti Bitcoin, Ethereum, Litecoin, dan mata uang kripto lainnya.

3. Hashnet

Didirikan oleh Bitmain pada tahun 2013, Hashnet jadi salah satu perusahaan pertama yang menyediakan layanan menambang Bitcoin menggunakan cloud mining. Sudah pasti situs ini terbaik di kelasnya dan terpercaya dengan penggunanya yang mencapai 400.000 lebih di seluruh dunia.

Keunggulan dari Hashnet yakni kemampuan menghosting sejumlah merek penambang, seperti Whatsminer M21S, M20S, Antiminer S17, S15, Z11, dan lain-lain. Di Hashnet kamu bisa menambang beberapa mata uang kripto, mulai dari Bitcoin, Litecoin, Dash, hingga Zcash.

Selain itu kontrak penambangan awan di Hashnet ini berlaku seumur hidup, selama pasarnya masih ada. Bagi pengguna yang ingin menambang untuk jangka panjang tentu ini sangat menguntungkan. Bisa kamu bayangkan berapa jumlah koin yang bisa dikumpulkan selama periode mining yang lama. Pasti tidak ada habisnya!

4. Hashing24

Situs Hashing24 ini dibuat oleh orang-orang profesional bagi individu yang ingin terlibat secara langsung dalam penambangan mata uang kripto. Mereka percaya bahwa setiap orang perlu memperoleh manfaat dari menambang dan bisa memiliki akses ke teknologi paling baru dan pusat data industri dengan skala besar dari smartphone dan laptop.

5. Bitcointrain

Situs ini menyediakan banyak layanan terkait dengan cryptocurrency. Durasi kontrak yang ditawarkan untuk menambang Bitcoin minimum 1 tahun. Tetapi kamu bisa memberikan dana awal dengan jumlah tidak terlalu besar.

Bitcoin Train menawarkan rata-rata profitabilitas yang dihasilkan sebesar 0,5%. Keuntungan lainnya yakni situs ini menjanjikan kamu memakai peralatan menambang selama yang diinginkan.

6. IQ Mining

IQ Mining merupakan salah satu situs penyedia mining dengan penambangan awan terpercaya yang dibuktikan dengan selalu mampu memberikan layanan terbaik bagi kliennya.

Kamu tidak perlu menjadi seorang yang ahli dalam menambang aset kripto di situs ini. Cukup dengan mengikuti beberapa prosedur verifikasi sederhana, kamu sudah bisa mulai mendapatkan koin kripto pertamamu.

Kelebihan lainnya adalah pendapatan penggunanya dilindungi oleh smart contract khusus yang memungkinkan untuk memprediksi harga. Tujuannya untuk mengkapasitasi biaya di masa depan.

Selain nama-nama di atas, masih ada lagi beberapa situs layanan cloud mining. Namun, mining Bitcoin bukan satu-satunya cara mendapatkan aset kripto. Kamu juga bisa menggunakan platform trading cryptocurrency untuk membeli beragam mata uang kripto. Alternatif ini bisa dibilang cara paling mudah bagi investor pemula dengan mengunduh aplikasinya di handphone.

Artikel Terkait