6 Peluang Usaha yang Menjanjikan Sepanjang Tahun

6 Peluang Usaha yang Menjanjikan untuk Tahun 2020
6 Peluang Usaha yang Menjanjikan untuk Tahun 2020

Ajaib.co.id. Tahun 2020 baru berjalan beberapa bulan saja namun rasanya kondisi perekonomian menunjukkan gejala yang lesu. Sejumlah usaha diakui mengalami pelemahan karena memang kondisi keuangan secara global memang memburuk. Namun tidak berarti peluang usaha yang menjanjikan kemudian tertutup. Masih ada kok jenis bisnis yang bisa kamu jalani tahun 2020 ini atau tahun-tahun mendatang.

Membuka usaha selalu menjadi alternatif yang tak pernah usang asalkan kita pandai untuk mencari ide yang menarik. Untuk melihat peluang ini maka dibutuhkan kejelian termasuk memahami pasar dan tren yang sedang terjadi. Kualitas ini yang kemudian membedakan pengusaha handal dengan pebisnis musiman.

Memilih peluang usaha yang tepat juga butuh pertimbangan yang sangat matang. Misalnya jika kamu memutuskan untuk ikut tren usaha kuliner ayam geprek, kamu harus bisa memprediksi seberapa lama tren itu bisa bertahan. Jangan sampai kamu baru terjun dan menggelontorkan modal, tren kemudian beralih ke jenis yang lain dan kemu kehilangan pasar.

Kemampuan membaca usaha yang bisa bertaha bertahun-tahun ini yang kerap dimiliki oleh para pengusaha kelas kakap. Usaha yang dirintisnya kemudian bisa berkembang pesat hingga dikelola oleh anak-anaknya. Ada sejumlah ide bisnis yang jika ditekuni dengan baik menjadi peluang usaha yang berkelanjutan dan bertahan meski diterpa tren apapun.

Cara pikir bisnis kelas besar ini juga bisa diaplikasikan untuk bisnis rumahan. Jika kamu memiliki modal terbatas bukan berarti ide bisnismu juga terbatas. Hanya soal memilih peluang usaha yang menjanjikan sesuai dengan skala yang bisa kamu kelola saat ini. Jadi, jangan sampai kamu mengurungkan niat untuk menjadi wirausaha hanya karena merasa kondisi ekonomi saat ini sedang kurang baik ya.

Peluang Usaha yang Menjanjikan Tanpa Terikat Tren

Tren usaha memang sesuatu yang tidak bisa dibantah keberadaan dan dampaknya. Misalnya saja ketika beberapa tahun lalu tren usaha barbershop merebak, berbagai tempat cukur rambut pria ini bermunculan. Tren ini sedang digandrungi oleh anak muda karena menghadirkan alternatif tempat cukup pria yang sebelumnya itu-itu saja.

Kemudian tren beralih dengan usaha kuliner seperti ayam geprek dan kopi kekinian yang agaknya masih terus bertahan sampai awal 2020 ini. Mengikuti tren mungkin adalah salah satu cara mudah membaca peluang usaha yang menjanjikan. Cara ini sudah banyak dilakukan oleh pengusaha muda dan sukses.

Namun sebenarnya, ini bukan cara satu-satunya untuk menemukan peluang bisnis yang cocok kamu jalani. Apalagi jika kamu terbatas dengan jumlah modal yang bisa dimiliki. Ada beberapa peluang usaha dengan modal kecil yang membuat orang tertarik mencoba peruntungan. Usaha rumahan seperti usaha laundry atau katering misalnya adalah jenis bisnis modal terbatas namun tetap potensial.

Ada beberapa calon pengusaha memutuskan untuk mundur ketika menemukan kendala saat memulai sebuah bisnis, padahal peluang usaha yang menjanjikan itu sudah ada di depan mata. Masalah klasik yang sering menjadi alasan untuk tidak memulai usaha adalah kurangnya modal awal untuk memulai bisnis mereka.

Kalau kamu mau usaha dengan modal kecil, berarti kamu hanya punya dagangan yang terbatas, tergantung dengan uang yang dimiliki. Berikut ini adalah beberapa contoh peluang usaha yang menjanjikan dan sering dijalankan oleh para pengusaha kecil dan menengah:

1. Bisnis Kuliner

Hobi memasak dan makan? Nah, bagi kamu yang memiliki resep makanan yang unik atau bisa membuat snack yang digemari banyak orang, kamu bisa memanfaatkan peluang usaha di bidang kuliner.

Peluang usaha yang menjanjikan ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai dunia masak memasak. Tidak sedikit orang yang berhasil menjalankan bisnis ini, bahkan bisa semakin berkembang dan membuka cabang di tempat lain.

Perlu diketahui juga bahwa bisnis ini merupakan salah satu model bisnis yang tidak akan pernah mengalami kemunduran. Kenapa begitu? Karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Jadi, meski saat ini kita sering menemukan berbagai jenis usaha kuliner, tetap saja akan muncul jenis bisnis kuliner lain dengan tampilan dan kemasan yang berbeda.

Model bisnis ini juga bisa kamu jalankan dengan modal kecil, sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak memulainya ya. Dan bila kamu tidak punya keahlian dalam dunia kuliner namun sangat ingin memiliki sebuah bisnis makanan, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli bisnis waralaba makanan dengan modal yang kecil, misalnya waralaba makanan camilan.

Salah satu bisnis franchise makanan ringan yang bisa kamu pertimbangkan adalah bisnis gorengan, di mana bisnis ini tidak akan ada matinya karena memilik banyak peminat di Indonesia. Kamu akan merasakan renyahnya omzet bisnis ini jika mampu mengelolanya denga benar.

2. Les Private

Kamu punya keahlian khusus? Coba saja kamu mulai berusaha untuk memberikan les private. Tidak hanya terbatas pada pelajaran sekolah saja namun juga bisa keahlian lannya. Misalnya saja les private gitar, website, desain, bahasa Inggris, komputer atau yang lainnya.

Di zaman modern seperti ini, les private sudah bisa dilakukan melalui internet. Di Indonesia sendiri saat ini sudah banyak startup bisnis yang memberikan kemudahaan untuk les private/ kursus secara online. Salah satu dari sekian banyak startup tersebut adalah SekolahPintar.com atau Ruang Guru.

Nah, buat kamu yang memiliki ilmu atau keahlian khusus, ini bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan, bahkan bisa dijalankan dengan modal yang sangat minim. Kamu hanya perlu membuat materi pelajaran yang sesuai dengan bidang keahlian, kemudian mendaftar menjadi pemateri/ guru di Sekolahpintar.com, dan upload materi pelajaran.

3. Buka Warung

Memang peluang usaha membuka warung/ toko sembako (sembilan bahan pokok) memiliki potensi besar karena pasti akan selalu dicari masyarakat. Namun, bisnis ini sudah cukup banyak, karena itu kita sebaiknya melihat tingkat persaingan yang ada, lokasi, dan juga modal yang dimiliki.

Kamu juga perlu memerhatikan kelebihan dan kekurangan bisnis ini, karena tidak semua orang bisa dan cocok menjalankan usaha warung sembako. Peluang usaha ini membutuhkan perhatian serius, ketelitian, dan membutuhkan keberadaan kamu di dalam warung secara terus-menerus, sehingga mau tidak mau kamu harus turun tangan sendiri agar warung sembako bisa berjalan dengan baik.

Selain itu, tantangan dari usaha warung sembako saat ini adalah persaingan dengan supermarket ritel besar dan juga jaringan. Dengan permodalan yang lebih besar maka mereka bisa menawarkan harga yang lebih bersaing dan murah. Karena itu, pastikan kamu memiliki inovasi tersendiri apabila merasa sembako adalah peluang usaha yang menjanjikan.

4. Jasa Desain

Setiap tahun akan ada banyak pasangan yang menikah. Mereka pasti membutuhkan jasa desain, seperti editing foto hingga percetakan undangan pernikahan. Kebutuhan ini bisa kamu manfaatkan untuk menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Namun, tentunya kita harus memiliki kemampuan dalam menggunakan salah satu software editing foto, seperti: CorelDraw, Photoshop, dan software lainnya. Tawarkan desain yang unik dan menarik dengan pendekata berbeda sehingga jasamu banyak dilirik oleh pasangan muda.

Sementara untuk membuka sebuah usaha di bidang jasa design, percetakan digital atau digital printing, kamu tidak harus punya modal yang besar lho. Bahkan kamu bisa mulai bisnis ini tanpa modal materiil dengan cara menjual jasa tersebut memanfaatkan layanan dari beberapa situs seperti; Ciptaloka.com, Sribu.com, Sribulancer.com, blazbluz.com, Projects.co.id, dan lainnya.

5. Bisnis MLM Online

MLM online memiliki konsep yang berbeda. Tidak seperti bisnis MLM konvensional yang biasanya menyita waktu dan tenaga. Dengan bisnis MLM online, kamu tidak perlu melakukan pertemuan, meeting, follow up calon member, dan pembelian barang, semua proses itu bisa dilakukan secara online.

Hanya saja, mekanismenya masih menerapkan affiliate marketing yang menerapkan poin atau reward. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua bisnis MLM punya sistem baik, pastikan kamu memilih bisnis dengan produk dan sistem yang bagus dan menguntungkan. Pastikan pula jika MLM yang kamu jalani bukan modus penipuan orang belaka.

Peluang ini selalu bisa menciptakan jutawan dan miliarder baru, tentu saja mereka adalah orang-orang yang mau bekerja keras. Harap diingat pula bahwa MLM tidak akan menjadikanmu miliarder secara mendadak ya.

6. Penulis Lepas

Saat ini cukup banyak lho freelancer yang menjalani profesi sebagai penulis lepas, baik itu menulis artikel bahasa Inggris ataupun sebaliknya. Untuk artikel bahasa Inggris biasanya tarifnya lebih mahal dibanding bahasa Indonesia. Tulisan menjadi komoditas yang selalu laku dijual dan dibutuhkan oleh industri apapun.

Kalau kesulitan mendapatkan pekerjaan sebagai penulis kamu bisa mengawalinya lewat situs freelancing. Ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi untuk mendapatkan pekerjaan dari orang yang sedang mencari penulis artikel, misalnya: Fiverr.com, Ads.id, Projects.co.id, Sribulancer.com, dan masih banyak lagi.

Mengapa banyak orang berprofesi sebagai penulis lepas? Biasanya blog atau website yang sudah mulai banyak visitor akan membutuhkan tenaga penulis artikel untuk mengupdate konten. Semakin banyak konten yang dibangun, semakin besar juga peluang untuk mendapatkan traffic. Itulah sebabnya mengapa penulis lepas sering dicari oleh para pemilik blog atau website.

Namun, kamu harus selektif untuk mendaftar sebagai penulis lepas karena tidak jarang pemilik blog atau website yang hanya mau membayar penulisnya dengan rate yang sangat rendah. Karena, biasanya rate rendah bisa membuat penulis tidak bersemangat untuk menciptakan konten terbaiknya. Tentukanlah rate yang kamu inginkan sejak awal, sesuaikan dengan tingkat kesulitan topik konten dan kualitas tulisan kamu.

Enam pekerjaan di atas bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan untuk dilakukan selama tahun 2020 atau tahun-tahun mendatang. Asalkan jeli memilih pangsa pasar dan bekerja keras, semua peluang bisa kamu ubah menjadi penghasilan yang fantastis lho.

Bacaan menarik lainnya:

Soeharsono Sagir.(2009). Ekonomi Indonesia. Jakarta: Kancana
Kotler, Philip dan Kevin L. Keller (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 dan 2.Alih Bahasa: Bob Sabran, (2012).Erlangga.Jakarta


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait